Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek Pigou: Pengertian dan Sejarahnya

Pengertian Efek Pigou
Arthur Cecil Pigou (1877-1959)
Pengertian Efek Pigou
Efek Pigou adalah efek berupa dorongan output dan kesempatan kerja yang disebabkan oleh peningkatan konsumsi akibat meningkatnya kesejahteraan berupa kekayaan, khususnya terjadi selama periode deflasi. Istilah efek pigou ini oleh Don Patinkin pada tahun 1948 diambil dari nama belakang Arthur Cecil Pigou.

Kekayaan riil didefinisikan oleh Pigou sebagai jumlah uang beredar dibagi dengan tingkat harga saat ini, efek Pigou menyatakan bahwa ketika terjadi deflasi harga, lapangan kerja (dan dengan demikian output) akan meningkat karena peningkatan kekayaan (dan dengan demikian konsumsi).

Pigou berpendapat bahwa teori umum Keynes sangat lemah dalam menentukan hubungan keseimbangan riil dengan konsumsi saat ini dan penyertaan efek kesejahteraan seperti efek Pigou akan membuat keseimbangan ekonomi menjadi sesuai dengan mekanisme pasar sehingga menurunkan permintaan agregat dari perkiraan Keynes.

Karena efeknya berasal dari perubahan keseimbangan riil, kritik terhadap Keynesianisme ini juga disebut sebagai Efek Keseimbangan Riil.

Sejarah
Efek Pigou pertama kali dipopulerkan oleh Arthur Cecil Pigou pada tahun 1943, dalam artikel berjudul The Classic Stationary State di Jurnal Ekonomi Universitas Oxford. Dalam artikelnya, dia mengusulkan hubungan dari saldo ke konsumsi sebelumnya, dan Gottfried Haberler telah membuat keberatan serupa setahun setelah  publikasi Teori Umum.

Mengikuti mazhab ekonomi klasik, Pigou menyukai gagasan peningkatan ekonomi sesuai mekanisme pasar yang akan memulihkan ekonomi dalam banyak kasus, meskipun Pigou tetap mengakui bahwa pembentukan harga yang kaku mungkin masih mencegah pengembalian ke tingkat output alami setelah goncangan permintaan terhadap barang dan jasa. Pigou melihat efek keseimbangan riil sebagai mekanisme untuk menggabungkan model Keynesian dan klasik.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Efek Pigou: Pengertian dan Sejarahnya"