Panteisme: Pengertian, Sejarah, dan Alirannya

Pengertian Panteisme
Panteisme
Pengertian Panteisme
Panteisme dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah ajaran yang menyamakan Tuhan dengan kekuatan-kekuatan dan hukum-hukum alam semesta; penyembahan (pemujaan) kepada semua dewa dari berbagai kepercayaan. Panteisme berasal dari bahasa Yunani pan (semua, segala sesuatu) dan theos (dewa, ilahi).

Panteisme berkeyakinan bahwa alam semesta merupakan manifestasi dari tuhan, atau bahwa segala sesuatu merupakan tuhan, dewa atau dewi imanen yang mencakup segalanya. Keyakinan panteisme tidak mengakui adanya tuhan pribadi secara spesifik, baik antropomorfik atau tidak.

Akan tetapi, panteisme bercirikan berbagai doktrin dalam bentuk hubungan antara realitas dengan keilahian. Konsep panteistik telah ada sejak ribuan tahun yang lalu, dan elemen panteistik telah dikenali dalam berbagai tradisi keagamaan.

Panteisme dipopulerkan dalam budaya Barat sebagai pandangan teologi dan filsafat berdasarkan buku karya filsuf abad ke-17 Baruch Spinoza, "Etika". Sikap panteistik juga dimiliki oleh filsuf dan kosmolog Giordano Bruno pada abad ke-16.

Ide-ide panteisme terdapat dalam agama-agama Asia Selatan dan Asia Timur (terutama Sikhisme, Hinduisme, Sanamahisme, Konfusianisme, dan Taoisme dan dalam Tasawuf (Sufisme) dalam Islam.

Sejarah Panteisme
Istilah Panteis pertama kali digunakan secara langsung oleh penulis Irlandia John Toland dalam karyanya yang berasal dari tahun 1705, Socinianism Truly Stated. Dalam karyanya itu juga, Toland menyatakan dirinya sebagai seorang Panteis.

Walaupun begitu, konsep ini telah dibicarakan jauh sebelumnya pada jaman Hindu kuno pada kitab Upanishad, juga zaman filsuf Yunani Kuno, oleh Thales, Parmenides dan Heraklitus.

Istilah panteisme pertama kali digunakan dalam bahasa Latin (“pantheismus”) pada 1697 oleh matematikawan Inggris Joseph Raphson dalam karyanya De Spatio Reali seu Ente Infinito.

Di dunia Barat, Panteisme menjadi cabang teologi dan filsafat tersendiri pada abad ke-17, yang berlandaskan pada karya-karya filsuf Baruch Spinoza.

Pada tahun 1785, ada sebuah pertentangan besar yang muncul antara Friedrich Jacobi dan Moses Mendelssohn mengenai panteisme.

Jacobi mengklaim bahwa pantheisme Lessing bersifat materialistik. Maksudnya ialah bahwa seluruh Alam dan Tuhan sebagai sebuah substansi yang luas.

Jacobi berpendapat bahwa panteisme ini adalah dampak dari Zaman Pencerahan (Renaisans) untuk mencari logika, yang pada akhirnya dapat berakhir pada ateisme.

Mendelssohn tidak setuju dengan menyatakan bahwa panteisme adalah sama dengan teisme. Panteisme mengakui keberadaan Tuhan, hanya saja dalam wujud Semesta Raya dan segala hal.

Di awal abad ke-19, Panteisme mempengaruhi beberapa penulis dan filsafat terkemuka, seperti William Wordsworth, Samuel Coleridge, Johann Gottlieb Fichte, Georg Hegel, dan lain-lain.

Karena dianggap sebagai ancaman, pada 1864 Paus Pius IX secara resmi mengutuk kepercayaan ini dalam dokumen gereja Syllabus Errorum.

Aliran Panteisme
1. Panteisme Klasik
Panteisme klasik adalah bentuk panteisme yang menyamakan keberadaan dengan Tuhan tanpa mencoba untuk mendefinisikan ulang atau meminimalkan salah satu istilah.

Ia percaya pada Tuhan yang pribadi, sadar dan maha tahu, dan melihat Tuhan ini sebagai pemersatu semua agama yang benar.

Dalam banyak hal, panteisme klasik mirip dengan Monisme, dalam hal ini ia memandang semua hal, dari energi ke materi hingga pikiran ke waktu, sebagai aspek dari dewa pribadi yang merangkul semua.

Itu dibedakan terutama karena kesederhanaannya dan kompatibilitasnya serta inklusif sikap terhadap agama dunia lain.

Pantheisme Klasik diwakili oleh banyak tradisi agama termasuk Hinduisme dan Yudaisme Kabbalistik.

2. Panteisme Biblika
Bentuk panteisme ini (dikutuk dengan keras oleh banyak orang Kristen tradisional) menyatakan bahwa beberapa aspek panteistik diungkapkan dalam tulisan-tulisan Alkitab.

Persamaan alkitabiah tentang Tuhan dengan tindakan alam, dan definisi tentang Tuhan dalam Perjanjian Baru itu sendiri, semuanya memberikan dasar untuk menarik sistem kepercayaan ini.

3. Panteisme Naturalistik
Panteisme Naturalistik adalah bentuk panteisme yang menyatakan bahwa alam semesta, meskipun tidak sadar dan tidak hidup secara keseluruhan, namun tetap menjadi fokus yang bermakna untuk pemenuhan mistik.

Jadi Alam dilihat sebagai Tuhan hanya dalam pengertian non-tradisional, impersonal.

Para kritikus menuduh bahwa ini merupakan penyalahgunaan terminologi yang disengaja, dan upaya untuk membenarkan Ateisme (atau semacam naturalisme spiritual) dengan salah menamakannya sebagai panteisme.

Panteisme naturalistik didasarkan pada pandangan yang relatif baru dari Baruch Spinoza (yang mungkin telah dipengaruhi oleh Pantheisme Biblika) dan John Toland, serta pengaruh kontemporer.

4. Kosmoteisme
Kosmoteisme adalah gerakan kecil dan kontroversial yang dimulai pada akhir abad ke-18 untuk mengungkapkan perasaan bahwa Tuhan adalah sesuatu yang diciptakan oleh manusia dan tidak ada sebelum manusia, dan bahkan mungkin merupakan keadaan akhir dari evolusi manusia, melalui perencanaan sosial, egenetika dan bentuk lain dari rekayasa genetika.

Antara lain, HG Wells berlangganan suatu bentuk Kosmotheisme.

5. Pandeisme
Pandeisme adalah semacam panteisme naturalistik , memegang bahwa alam semesta adalah Allah sadar dan non-hidup, tetapi juga bahwa Allah sebelumnya kekuatan sadar dan hidup atau entitas yang dirancang dan dibuat dengan alam semesta.

Jadi, menurut pandeisme, Tuhan hanya menjadi Tuhan yang tidak sadar dan tidak berakal dengan menjadi alam semesta. Ini adalah semacam sintesis panteisme dan Deisme.

6. Panenteisme
Panenteisme memiliki ciri-ciri yang sama dengan panteisme, seperti gagasan bahwa alam semesta adalah bagian dari Tuhan, meskipun Panentheisme berpendapat bahwa Tuhan lebih besar dari pada alam itu sendiri dan dengan demikian alam semesta fisik hanyalah bagian dari sifat-Nya.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Panteisme: Pengertian, Sejarah, dan Alirannya"