Kota Tyranopolis: Pengertian dan Contohnya

Pengertian Kota Tyranopolis
Kota Tyranopolis

Pengertian Kota Tyranopolis
Kota Tyranopolis adalah salah satu tahap perkembangan kota yang dikemukakan oleh Lewis Mumford. Tahap-tahap tersebut di antaranya tahap Eopolis, Polis, Metropolis, Megapolis, Tryanopolis, dan Nekropolis.

Tahapan tryanopolis bisa dikatakan sebagai permulaan kehancuran sebuah kota, di mana pada tahap ini ditandai dengan situasi perdagangan dan pasar yang mulai anjlok. Sehingga kehidupan manusia hampir terancam keberadaannya.

Pemerintahan memiliki kekuasaan yang sangat kuat atau otoriter sehingga rakyat miskin akan cenderung berbuat maksiat (demoralisasi) karena tidak sanggup melawan kekuasaan penguasa.

Kota dikelilingi oleh banyak masalah, sehingga kota mengalami penurunan secara drastis, karena permasalahan internal ataupun eksternal.

Kehidupan kota sudah dipenuhi dengan kerawanan sosial. Tingginya angka kriminalitas, buruknya pelayanan publik, tingginya kemacetan lalu lintas, serta situasi yang memburuk secara drastis dalam bidang perdagangan dan ketahanan militer.

Contoh Kota Tyranopolis
Contoh tyranopolis di antaranya Los Cabos (Meksiko), Caracas (Venezuela), Acapulco (Meksiko), Natal (Brazil), dan lainnya.

Negara yang pernah mengalami krisis ekonomi selama bertahun-tahun misalnya Zimbabwe di mana berbagai jenis kota di negara ini terkena dampak karena terjadinya peperangan dan krisis ekonomi. 

Lihat Juga

1. Kota Metropolis: Pengertian dan Contohnya

2. Kota Nekropolis: Pengertian, Faktor Penyebab, dan Contohnya

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Kota Tyranopolis: Pengertian dan Contohnya"