Batu Sekis: Pengertian dan Manfaatnya

Pengertian Batu Sekis
Batu Sekis
Pengertian Batu Sekis
Batu sekis adalah salah satu dari jenis batuan metamorf tingkat menengah yang biasanya terbentuk dari batu lumpur atau serpih. Batuan sekis terbentuk pada saat batuan sedimen atau batuan beku yang terpendam pada tempat yang dalam mengalami tekanan dan temperatur yang tinggi.

Hampir dari semua jejak-jejak asli batuan (termasuk kandungan fosil) dan bentuk struktur lapisan (seperti layering dan ripple marks) menjadi hilang karena mineral-mineral mengalami proses migrasi dan kristalisasi ulang.

Pada batuan ini terbentuk goresan-goresan yang tersusun dari mineral-mineral seperti hornblende yang tidak terdapat pada batuan-batuan sedimen. Sehingga dalam jenis bantuan ini memiliki kristalisasi mineral mika yang lebih baik, antara lain biotit, klorit dan muskovit sehingga disebut tekstur schistosity.

Batu Sekis merupakan contoh batuan metamorf dengan perkembangan foliasi sangat baik (sempurna). Sekis sering mengandung sejumlah besar mika. Sekis memiliki tingkat metamorfisme antara filit dan gneiss.

Disisi lainnya, sekis sebagian besar adalah batuan berusia prakambrium yang biasanya terjadi karena metamorfisme regional batuan yang ada. Sehingga dalam penjelasan ini biasanya merupakan batuan sedimentasi atau batuan beku.

Oleh sebab itu dapat ditemukan di mana gunung-gunung yang terkikis mengungkapkan batuan tersebut, atau di daerah-daerah pengendapan glasial dari sekis yang terkikis.

Manfaat Batu Sekis
Manfaat batu sekis yang bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari di antaranya,
1. Bahan bangunan
Batu sekis dapat digunakan dalam membangun rumah atau dinding. Hal itu disebabkan karena batu sekis memiliki sifat yang kuat dan tahan lama. Di Australia, rumah yang dibangun menggunakan sekis pada tahun 1800-an masih berdiri sampai sekarang.

2. Bahan dekorasi taman
Selain digunakan sebagai bahan bangunan, batu sekis digunakan pula untuk keperluan dekorasi taman, untuk perhiasan, paving dan terkadang patung. Sekis juga bisa dimanfaatkan untuk membuat batu dimensi yang indah, batu lanskap, atau lempengan meja.

3. Bahan pembuatan kondensator
Sekis merupakan sumber utama mika, yang memiliki beragam manfaat. Salah satunya yaitu sifat mika yang mempunyai kekuatan dielektrik yang tinggi dan stabilitas kimiawi yang sempurna, membuat mika bermanfaat untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan kondensator untuk penerapan frekuensi radio.

4. Memisahkan konduktor listrik
Mika dapat digunakan untuk memisahkan konduktor listrik dalam kabel yang dirancang untuk  mempunyai sifat tahan api agar menyediakan integritas sirkuit.

Idenya yaitu untuk mencegah bersatunya konduktor yang terbuat dari logam agar kemudian tidak terjadi korsleting sehingga kabel tetap operasional ketika kebakaran terjadi, ini penting untuk berbagai aplikasi seperti penerangan darurat.

5. Menyediakan struktur bagi kawat pemanas
Pelat mika dalam bantun batuan ini sejatinya dapat dipergunakan untuk menyediakan struktur bagi kawat pemanas. Seperti halnya dengan Kanthal, Nikrom, dan lain-lain. Sehingga dalam unsur pemanasan dan bertahan sampai 900 °C (1,650 °F).

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Batu Sekis: Pengertian dan Manfaatnya"