Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metafisika: Pengertian dan Ruang Lingkupnya

Pengertian Metafisika
Metafisika
Pengertian Metafisika
Metafisika dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan hal-hal yang nonfisik atau tidak kelihatan. Metafisika merupakan salah satu cabang filsafat yang berkaitan dengan proses analitis atas hakikat fundamental mengenai keberadaan dan realitas yang menyertainya.

Kajian mengenai metafisika pada umumnya berada pada lingkup pertanyaan mendasar mengenai keberadaan dan sifat-sifat yang meliputi realitas yang dikaji. Topik analisis metafisika meliputi pembahasan mengenai eksistensi, keberadaan aktual, karakteristik yang menyertai, ruang dan waktu, relasi antarkeberadaan.
 
Mengingat jangkauan kajian yang dipusatkannya, metafisika menjadi sebuah disiplin yang fundamental dalam kajian filsafat. Sepanjang sejarah kefilsafatan, metafisika menjangkau problem-problem klasik dalam filsafat teoretis. Umumnya kajian metafisika menjadi "batu pijakan" atas struktur gagasan kefilsafatan dan prinsip-prinsip yang lebih kompleks untuk menjelaskan problem lainnya.

Metafisika Menurut Para Ahli
1. Aristoteles. Metafisika adalah cabang filsafat yang mengkaji yang-ada sebagai yang-ada
2. Anton Bakker. Metafisika adalah cabang filsafat yang menyelidiki dan menggelar gambaran umum tentang struktur realitas yang berlaku mutlak dan umum
3. Frederick Sontag. Metafisika adalah filsafat pokok yang menelaah ‘prinsip pertama’ (the first principle)
4. Van Peursen. Metafisika adalah bagian filsafat yang memusatkan perhatiannya kepada pertanyaan mengenai akar terdalam yang mendasari segala yang-ada
5. Michael J. Loux. Metafisika adalah ilmu tentang kategori (Siswanto, 2004:7).

Ruang Lingkup Metafisika
Aristoteles membagi metafisika menjadi tiga cabang utama di antaranya,
1. Ontologi (studi tentang keberadaan dan keberadaan , termasuk definisi dan klasifikasi entitas , fisik atau mental, sifat sifat-sifatnya, dan sifat perubahan).
2. Teologi Alam (studi tentang Tuhan , termasuk sifat agama dan dunia , keberadaan ketuhanan , pertanyaan tentang penciptaan , dan berbagai masalah agama atau spiritual lainnya).
3. Universal Sains (studi prinsip-prinsip pertama daripada logika dan penalaran , seperti hukum kontradiksi).

Dari berbagai sumber

Download 

Lihat Juga

1. Aristoteles. Riwayat Hidup

2. Aristoteles. Metafisika
3. Aristoteles. Logika
4. Aristoteles. Politik
5. Aristoteles. Psikologi
6. Aristoteles. Etika
7. Aristoteles. Fisika
8. Aristoteles. Karya-Karya
9. Ilmu Penyelidikan Jiwa Aristoteles
10. Aristoteles tentang Fakultas Jiwa

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Metafisika: Pengertian dan Ruang Lingkupnya"