Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kepribadian Machiavellianism: Pengertian, Sejarah, dan Cirinya

Pengertian Kepribadian Machiavellianism atau Mach
Kepribadian Machiavellianism (Mach)
Pengertian Kepribadian Machiavellianism
Kepribadian machiavellian (Mach) adalah istilah untuk mereka yang punya kecenderungan berpikir strategis, menipu, bahkan manipulatif dan menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan mereka (Psychology Today). Machiavellianism mengacu pada gaya interpersonal duplikat yang ditandai oleh pengabaian sinis pada moralitas dan berfokus pada kepentingan dan keuntungan pribadi.

Machiavellianism merupakan salah satu trait dalam tipe kepribadian Dark Triad. Dinamakan kepribadian Dark Triad karena dalam tipe kepribadian ini terdapat tiga trait yaitu Narcissism, Psychopathy, dan Machiavellianism.

Memiliki trait Mach menurunkan kebutuhan untuk merasa dekat secara emosional terhadap orang lain. Orang-orang dengan kepribadian ini sangat mungkin untuk tampil sebagai orang yang hangat dan dapat menjalin pertemanan yang dekat. Namun, hal ini dilakukan untuk mempertahankan pertemanan dan memastikan peluang manipulasi secara kontinu.

Sejarah Kepribadian Machiavellianism
Mach pertama kali muncul dari seorang diplomat dan ahli teori yang berasal dari Italia pada zaman Renaissance, Niccolo Machiavelli, yang menulis sebuah buku berjudul Il Principe (The Prince) pada tahun 1532. Dalam buku ini, Ia menuliskan saran untuk raja dan penguasa agar mengamankan kekuasaan mereka melalui perencanaan yang hati-hati. Jika diperlukan maka dapat dilakukan dengan tindakan kejam dan tidak bermoral, seperti eksekusi lawan politik.

Berdasarkan sejarah tersebut, Mach sering dikaitkan dengan kepribadian manipulatif dan eksploitatif yang sering ditunjukkan oleh orang-orang yang berkuasa, dengan bersikap manipulatif dan eksploitatif diharapkan dapat mewujudkan tujuan dan mempertahankan kekuasaannya. Namun, tidak selamanya sikap tersebut hanya ada pada orang yang berkuasa.

Gaya manipulatif dan eksploitatif ini juga bisa kita temui pada orang-orang terdekat di dalam kehidupan kita sehari-hari. Misalnya, seseorang yang dengan berbagai cara membuat orang lain mengerjakan pekerjaannya tetapi mengakui hasil pekerjaan tersebut sebagai pekerjaannya sendiri.

Ciri Kepribadian Machiavellianism
Berikut beberapa ciri orang yang cenderung memiliki kepribadian Machievellian dilansir dari NEWSmedia dari laman Yourtango di antaranya,
1. Kepribadian Manipulatif. Dalam psikologi, Machiavellian mengacu pada tipe kepribadian yang manipulatif, dingin, egois. Mereka selalu mencari alasan dan berusaha mencari pembenaran untuk dirinya.
2. Tidak Jujur. Kepribadian ini adalah seseorang yang tidak memiliki masalah jika ia bersikap tidak jujur pada orang lain. Ia merasa bahwa hal itu bukanlah sesuatu yang buruk.
3. Licik atau Berkhianat. Seseorang dengan kepribadian Machiavellian bertingkah dan mencerminkan seorang pengkhianat. Ia sering kali bersikap licik untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.
4. Keras dan Tak berperasaan. Disebutkan di awal bahwa kepribadian ini memang dapat disebut dengan kepribadian yang tak peduli meskipun melihat orang lain kesakitan karena ulahnya. Ia juga sangat keras dan tak mau mengalah kepada hal-hal yang dibenarkan orang lain. Kepribadian ini juga cenderung tak bermoral.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Kepribadian Machiavellianism: Pengertian, Sejarah, dan Cirinya"