Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kepribadian ISFP: Pengertian, Karakteristik, Profesi yang Cocok, Tokoh, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Kepribadian ISFP
Kepribadian ISFP
Pengertian Kepribadian ISFP
Kepribadian ISFP adalah akronim dari kepribadian Introverted, Sensing, Feeling, and Perceiving (ISFP). Tipe kepribadian ISFP merupakan salah satu dari 16 jenis kepribadian yang diidentifikasi oleh indikator tipe Myers-Briggs (MBTI).

Secara umum, tes yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katharine Briggs ini mengacu pada pada empat skala, yaitu Extraversion (E) – Introversion (I), Sensation (S) – Intuition (N), Thinking (T) – Feeling (F), dan Judging (J) – Perceiving (P).

Orang dengan kepribadian ISFP (The Artist) punya karakter yang kuat. Mereka berhati-hati dalam mengambil keputusan, suka fokus pada detail, dengan pembawaan yang tenang. Namun, mereka juga ramah, perhatian, dan suka berbaur dengan kelompok kecil terdekatnya.

Untuk urusan pekerjaan, ISFP memiliki ruang dan jam terbang sendiri. Terkenal sebagai pribadi dengan komitmen tinggi dan loyal. Selain itu, sangat menghindari terjadinya konflik. Jadi, jangan heran jika melihat orang ISFP tidak begitu memaksakan prinsipnya kepada orang lain.

Faktanya populasi manusia dengan kepribadian ini sangat minim, bayangkan hanya ada 5-9% orang ISFP dari total populasi manusia di dunia. Tipe kepribadian ISFP dapat dijelaskan lebih lengkap melalui dimensi berikut di antaranya,
1. I – Introversion
Kepribadian yang cenderung diam dan tenang. Umumnya lebih suka melakukan interaksi intensif hanya kepada orang terdekat dibandingkan berinteraksi dengan banyak orang. Merasa mengeluarkan energi lebih banyak ketika berada dalam situasi sosial. Mengisi energi dengan cara menyendiri.

2. S – Sensing
Kepribadian yang hal nyata daripada abstrak. Pusat perhatian mereka mengarah pada hal detail dibandingkan gambaran besar. Memilih melakukan realitas langsung dan menghindari menerka-nerka kemungkinan di masa depan.

3. F – Feeling
Kepribadian yang menghargai pertimbangan pribadi ketika mengambil keputusan. Mereka akan meninjau implikasi sosial di atas logikanya.

4. P – Perception
Kepribadian yang menahan pendapat dan menunda-nunda dalam mengambil keputusan. Akan menjaga pilihan miliknya tetap terbuka. Sehingga, ketika berubah karena kondisi dapat beralih ke pilihan lainnya.

Karakteristik Utama Kepribadian ISFP
Orang dengan kepribadian ISFP memiliki beberapa karakteristik utama yang sangat menonjol di antaranya,
1. Suka menyendiri
Pribadi ISFP merupakan seorang introvert. Ini artinya, ia akan mendapatkan energi saat ia seorang diri. Tak heran, umumnya ia akan menyediakan waktunya untuk menyendiri, terlebih jika sebelumnya sudah menghabiskan waktu di tengah kelompok besar.

Seseorang dengan tipe kepribadian ini juga lebih nyaman berinteraksi di kelompok kecil, keluarga, atau orang-orang terdekat. Jika berada di suatu lingkungan yang belum mereka kenal, tipe kepribadian ISFP umumnya memilih untuk diam, sehingga terkesan “pendiam”.

2. Cinta damai
Kendati cenderung pendiam dan suka menyendiri, pribadi ISFP merupakan sosok yang perhatian, memiliki kepedulian tinggi, peka terhadap kebutuhan orang lain, dan tidak suka mencari masalah dengan orang lain. Oleh sebab itu, individu ISFP kerap dikenal sebagai pribadi yang cinta damai.

3. Menyukai fakta
Orang dengan tipe kepribadian ISFP cenderung lebih suka memfokuskan perhatiannya pada fakta konkret atau kenyataan yang ada, daripada memikirkan hal-hal yang teoritis dan abstrak. Maka dari itu, pribadi ISFP biasanya lebih senang mempelajari sesuatu dengan cara terlibat langsung ke dalam permasalahan yang ada.

4. Artistik
Pribadi ISFP biasanya merupakan seseorang yang imajinatif dan kreatif. Namun, tidak hanya itu, ia juga memiliki kemampuan untuk mewujudkan kreativitas dan bakat seninya ke dalam bentuk yang nyata, misalnya dengan menulis lagu, menulis puisi, melukis, bahkan sekadar membuat bahan presentasi yang menarik.

5. Tidak menyukai rencana
Umumnya, individu ISFP merupakan sosok yang tidak menyukai komitmen dan rencana jangka panjang, karena ia menganggap kedua hal tersebut hanya akan mempersempit pilihannya. Sebaliknya, pribadi ISFP lebih suka jika ia memiliki banyak pilihan akan suatu hal. Namun, hal ini kerap membuat pribadi ISFP menunda-nunda ketika harus mengambil sebuah keputusan.

Profesi yang Cocok dengan Kepribadian ISFP
Umumnya, orang dengan kepribadian ISFP adalah pecinta binatang. Mereka juga sangat mengagumi keindahan alam. Itulah mengapa, tak heran jika hobi mereka berkaitan dengan aktivitas di luar ruangan atau interaksi dengan binatang.

Kelebihan dari ISFP adalah bisa fokus dan detail pada apa yang tengah dijalaninya saat ini. Dari situ, dapat ditarik kesimpulan bahwa mereka akan sukses pada karier yang bersifat praktik. Apalagi jika pekerjaan itu memberikan ruang untuk bekerja seorang diri, akan semakin membuat ISFP tertarik.

Beberapa karier ISFP di antaranya Seniman, Musisi, Koki, Dokter anak, Dokter hewan, Perawat, Psikolog, Pekerja sosial, Guru, Penjaga hutan.

Tokoh dengan Kepribadian ISFP
Terdapat banyak sekali tokoh ternama yang diketahui memiliki tipe kepribadian ISFP. Di bidang musik, terdapat nama Britney Spears, Rihanna, Michael Jackson, dan Frank Ocean. Beberapa politisi asing juga diketahui memiliki kepribadian ini, yaitu Pangeran Harry, Warren Harding, Dan Quayle, hingga Marie Antoinette.

Di bidang olahraga, nama-nama seperti David Beckham, Kobe Bryant, dan Greg Louganis juga masuk dalam daftar ini. Seniman ternama Pablo Picasso ternyata juga merupakan seorang ISFP.

Kelebihan Karakter Kepribadian ISFP
Karakter kepribadian ISFP ini juga memiliki kelebihan seperti kepribadian lainnya. Misalnya bagaimana ISFP sangat membumi dan tenggelam dalam momen saat ini, merupakan suatu perhatian bentuk keakraban yang mungkin tidak dimiliki oleh kepribadian lain.

Berikut beberapa kelebihan kepribadian ISFP di antaranya,
1. Teliti
ISFP sangat jeli dan jarang mengabaikan detail apa pun. Namun, apa yang membuat mereka begitu berbakat sebagai pemecah masalah adalah bahwa mereka tahu bagaimana menyatukan apa yang mereka rasakan dan alami menjadi satu kesatuan yang koheren.

ISFP ahli dalam menemukan pola dan koneksi, dan kemampuan ini memungkinkan mereka untuk melihat kemungkinan perubahan dan peningkatan yang terlewatkan oleh orang lain. Yang terbaik dari semuanya, saran yang mereka berikan dan solusi yang mereka rekomendasikan selalu praktis, masuk akal, dan mampu membuat situasi apa pun menjadi lebih baik saat ini.

2. Berani dan Spontan
Menikmati kesenangan dan kegembiraan seperti yang mereka lakukan adalah kunci kehidupan dari seseorang dengan ISFP. Kepribadian ISFP jelas tahu bahwa hidup ini singkat dan kita harus memanfaatkan momen sebelum berlalu begitu saja.

ISFP menjalani kehidupan yang sangat aktif, dengan berani mengejar banyak hobi dan melakukan banyak proyek menarik. Mereka juga cukup spontan untuk melompat pada peluang untuk pengalaman baru kapan pun mereka muncul.

3. Berprinsip
ISFP tidak akan mengorbankan prinsip mereka untuk apa pun, dan mereka memiliki sedikit toleransi terhadap penipu, pembohong, atau orang munafik.

Karena mereka sangat menghormati dan menganggap konflik tidak menyenangkan, ISFP tidak akan menghadapi orang yang mengecewakan mereka, tetapi mereka akan memisahkan diri dari orang-orang itu sesegera mungkin.

4. Individual
Beberapa orang menghabiskan seluruh hidup mereka sesuai dengan standar dan tradisi yang ditetapkan. Akan tetapo ISFP lebih suka menari mengikuti irama drumer mereka sendiri, mengandalkan insting mereka sendiri untuk mengungkapkan apa yang benar, baik dan benar.

ISFP tidak melakukan ini sebagai cara untuk mendapatkan perhatian, atau menonjol dari keramaian. Mereka hanya percaya bahwa sifat manusia itu kompleks, beragam dan bahwa jalan setiap orang harus unik.

Kekurangan Karakter Kepribadian ISFP
Ada sebuah mitos tentang kepribadian ISFP, seperti mudah stres dan tidak mau terikat pada suatu prosedur jangka panjang yang membosankan. Ini menjadi salah satu alasan kenapa orang dengan kepribadian ISFP adalah salah satu tipe yang paling kecil kemungkinannya untuk lulus dari perguruan tinggi.

Entah benar atau tidak, berikut beberapa kekurangan kepribadian ISFP di antaranya,
1. Terlalu Sensitif
ISFP yang baik dan perhatian sangat bertekad untuk menjaga kedamaian sehingga mereka sering menekan emosi yang tidak menyenangkan atau mengabaikan kebutuhan mereka sendiri. Mendahulukan orang itu bagus, tetapi ISFP terlalu sering lupa untuk memasukkan diri mereka ke dalam kelompok yang memiliki hak istimewa itu.

Sayangnya, ISFP sangat sensitif dan perasaan mereka dapat dilukai begitu saja, sehingga kebiasaan mereka untuk tunduk pada kepentingan orang lain untuk menghindari konflik cenderung menempatkan mereka pada posisi yang tidak nyaman dari waktu ke waktu.

2. Tidak Terduga
ISFP inovatif, fleksibel, dan mudah beradaptasi. Tetapi ada garis tipis antara fleksibilitas dan keragu-raguan, dan terkadang ISFP sangat berpikiran terbuka sehingga mereka tidak dapat membuat keputusan yang tegas dan final.

Terlalu sering, ISFP bergoyang-goyang seperti pohon yang tertiup angin, karena berubah pikiran berulang kali dalam menanggapi setiap argumen persuasif yang mereka dengar.

3. Mudah Bosan
ISFP adalah pelaku yang belajar melalui pengalaman langsung dan imitasi. Jika instruksi yang mereka terima tampak terlalu abstrak atau teoretis, ISFP melihatnya dengan curiga, percaya bahwa gaya mengajar ini membosankan atau tidak relevan.

Akan tetapi, preferensi ini dapat mempengaruhi kinerja mereka sebagai siswa. Pembelajaran yang efektif membutuhkan fokus dan komitmen, tetapi orang dengan kepribadian ISFP terkadang tidak berdedikasi seperti yang seharusnya. Hal ini dapat membatasi kemampuan mereka untuk menyerap pengetahuan baru dan berguna.

4. Kurangnya perencanaan masa depan
ISFP tidak selalu merasakan konsekuensi penuh dari tindakan mereka atau memahami bagaimana masa kini secara tak terelakkan membentuk masa depan. Orang dengan kepribadian ISFP yang menolak untuk melihat jauh ke luar cakrawala mungkin tidak siap untuk kejadian yang tidak menyenangkan atau kewalahan oleh tugas dan tanggung jawab baru.

Akibatnya, orang dengan kepribadian ISFP mungkin bergumul dengan urusan keuangan. Terkadang mereka juga kerap disergap oleh keadaan darurat atau gagal memperhatikan bagaimana konflik yang belum terselesaikan dapat meracuni hubungan dalam jangka panjang.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Kepribadian ISFP: Pengertian, Karakteristik, Profesi yang Cocok, Tokoh, Kelebihan, dan Kekurangannya"