Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kepribadian ISFJ: Pengertian, Karakteristik, Tipe, Profesi yang Cocok, Tokoh, Kelebihan, Kekurangan, dan Faktanya

Pengertian Kepribadian ISFJ
Kepribadian ISFJ
Pengertian Kepribadian ISFJ
Kepribadian ISFJ adalah akronim dari kepribadian Introverted, Sensing, Feeling, and Judging (ISFJ). Tipe kepribadian ISFJ merupakan salah satu dari 16 jenis kepribadian yang diidentifikasi oleh indikator tipe Myers-Briggs (MBTI).

Secara umum, tes yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katharine Briggs ini mengacu pada pada empat skala, yaitu Extraversion (E) – Introversion (I), Sensation (S) – Intuition (N), Thinking (T) – Feeling (F), dan Judging (J) – Perceiving (P).

Kepribadian ISFJ adalah tipe kepribadian yang paling umum. Diperkirakan sekitar 9–14% populasi dunia memiliki kepribadian ini. Individu dengan kepribadian ISFJ umumnya adalah pribadi yang cenderung pendiam, tetapi sebenarnya baik hati, ramah, dan dapat dipercaya.

Individu ISFJ biasanya dikenal karena perhatian dan aura positifnya yang membawa kehangatan dan ketenangan pada lingkungan sekitarnya. Ini sebabnya mereka dijuluki sebagai ‘sang pelindung’. Apabila dijabarkan satu-persatu, kepribadian ISFJ dapat dijelaskan sebagai berikut di antaranya,
1. Introversion, yakni menunjukkan individu yang berkarakter pendiam, tertutup, serta suka menyendiri untuk mengisi energinya. Namun, ISFJ tetap suka bersama dengan orang lain terutama yang menurut mereka sudah dekat.
2. Sensing, dimensi ini menunjukkan individu yang cenderung memilih informasi konkret dan detail dibanding suatu ide, gagasan, atau konsep yang masih abstrak dengan gambaran secara umum saja.
3. Feeling, individu yang cenderung pada dimensi feeling akan lebih menggunakan kata hati atau perasaannya secara subjektif dalam memutuskan suatu hal daripada fakta-fakta yang bersifat objektif.
4. Judging, menunjukkan individu yang lebih menyukai segala hal dengan struktur, aturan, ketentuan, atau jadwal yang pasti dan cenderung menghindari hal yang spontan, fleksibel, dan kurang memiliki perencanaan.

Kepribadian ISFJ Menurut Para Ahli
1. Utami dan Bahtiar (2020), kepribadian ISFJ yang terdiri atas introversion, sensing, feeling, dan juga judging adalah kepribadian pada seseorang yang lebih introvert dengan kemampuan penginderaan serta perasa yang baik.
2. Situs Very Well Mind, seseorang yang berkepribadian ISFJ memiliki beberapa sebutan, yakni “the protector” dan “the defender” dalam artian yang positif. Hal tersebut membuat mereka menjadi individu yang sangat peduli dan suka memberi perlindungan serta bantuan dari bahaya kehidupan.

Karakteristik Kepribadian ISFJ
Seperti dijelaskan tadi, ISFJ adalah singkatan dari introvert, sensing, feeling, dan judging. Kumpulan sifat ini membuat kombinasi yang menarik. Orang dengan tipe kepribadian ini adalah introvert yang pendiam.

Namun, juga sangat terampil secara sosial, hangat, memahami orang lain, serta mampu analitis, detail, dan efisien. Menurut data dari Centers for Application of Physchologial Types, hanya 9-14% saja dari populasi di Amerika Serikat yang memiliki tipe kepribadian ISFJ.

Kebanyakan dari pemilik tipe kepribadian ini adalah wanita. Berikut karakteristik tipe kepribadian ISFJ di antaranya,
1. Dapat Diandalkan
ISFJ adalah orang yang sangat bisa diandalkan. Mereka memiliki perhatian khusus terhadap detail, dan pandai memerhatikan apa yang berharga dan mereka butuhkan. Mereka memiliki bakat untuk mengatur dukungan dengan hati-hati, dengan rasa kesesuaian yang kuat berdasarkan peran dan konteks.

Artinya, mereka bisa sangat mendukung, atau tidak membantu, karena itu bukan tempat mereka.

2. Pekerja Keras
Selain dapat diandalkan, ISFJ juga merupakan seorang pekerja keras. Mereka adalah orang dengan kepribadian yang praktis. Seorang ISFJ juga suka menjadi sukarelawan, bila diperlukan.

3. Suka Belajar dengan Melakukan
Orang dengan tipe kepribadian ISFJ sangat menyukai konsep learning by doing, atau belajar dengan melakukan. Ini juga berarti bahwa mereka biasanya menghargai pembelajaran untuk aplikasi praktisnya. ISFJ juga cenderung menjadi lebih tertarik pada hal-hal baru.

Terutama ketika mereka dapat melihat dan menghargai hal itu dapat memecahkan masalah di kehidupan nyata.

4. Penyayang
Sifat pekerja keras dan dapat diandalkan dari tipe kepribadian ISFJ ini juga diimbangi dengan sifat penyayang yang secara alami ada di diri mereka. Pada dasarnya, ISFJ adalah pribadi yang cenderung menyenangkan dan menjadi pendengar yang baik, bahkan mengingat detail terkecil sekali pun.

Mereka selalu bersedia membantu dan mendukung orang lain, penyayang, dan pandai berempati.

5. Sensitif
Karena sifat penyayangnya, ISFJ sensitif terhadap hal-hal kecil, dengan preferensi yang kuat. Meskipun dari luar terlihat pendiam dan gigih, mereka sensitif terhadap banyak hal. ISFJ bisa sensitif terhadap konflik dan dapat berjuang dengan perubahan.

Meski ISFJ pandai memahami emosi mereka sendiri, mereka sering kesulitan untuk mengekspresikannya. Alih-alih membagikan perasaan, mereka mungkin memendamnya. Terkadang sampai pada titik di mana perasaan negatif terhadap orang lain dapat terjadi.

6. Menyukai Tradisi dan Nyaman dengan Kebiasaan
ISFJ menikmati struktur dan berusaha untuk mempertahankan tatanan di semua bidang kehidupan mereka. Mereka suka berkembang dalam lingkungan yang terstruktur dan konsisten. Di mana mereka diberi petunjuk langkah demi langkah dan harapan yang jelas.

Orang dengan kepribadian ISFJ lebih menyukai untuk menjaga hal-hal sebagaimana adanya daripada berubah. Namun, ini bukan berarti ISFJ tidak bisa beradaptasi. Mereka lebih suka memiliki waktu untuk memikirkan dan mempersiapkan perubahan besar. Ketimbang mengubah suatu tradisi secara drastis.

ISFJ dalam Hubungan
ISFJ adalah seseorang yang pendiam, sehingga terkadang orang salah mengartikan ini sebagai perilaku angkuh. Padahal, ISFJ adalah orang yang penyayang dan peduli terhadap orang lain. Mereka sering kali bekerja untuk mengamankan keselamatan dan kesejahteraan orang lain tanpa meminta terima kasih atau imbalan apa pun.

Karena mereka pekerja keras, dapat diandalkan, dan jarang mencari penghargaan untuk pencapaian mereka sendiri, ISFJ terkadang dianggap remeh oleh orang-orang di sekitar mereka. Pada beberapa kasus, orang bahkan mungkin mencoba memanfaatkan keandalan ini.

ISFJ cenderung memiliki sekelompok kecil teman yang sangat dekat. Meskipun mereka mungkin pendiam di sekitar orang yang tidak mereka kenal dengan baik, mereka akan lebih terbuka pada orang terdekat.

Mereka menempatkan nilai tinggi pada persahabatan dekat ini. Mereka juga selalu bersedia untuk mendukung dan merawat orang-orang yang dekat dengan mereka. Untuk hubungan percintaan, mungkin perlu waktu bagi ISFJ untuk benar-benar terbuka.

Namun, begitu hubungan terjalin, mereka sangat setia. Komitmen adalah kunci bagi mereka. Begitu pula pasangan mereka yang menyadari seberapa banyak yang ISFJ lakukan untuk mereka dan hubungan. Secara keseluruhan, ISFJ menginginkan pasangan yang stabil dan dapat diandalkan. Terutama yang peka terhadap preferensi dan kebutuhan mereka.

Sementara dari situs Very Well Mind dan Truity menyebutkan beberapa kunci karakteristik atau ciri khas pada orang yang memiliki kepribadian ISFJ di antaranya,
1. Harus bekerja secara praktis sehingga lebih memilih fakta yang konkret dan dapat diamati dibanding konsep yang masih abstrak.
2. Pandai dalam melakukan learning by doing dan cenderung tertarik untuk mempelajari hal baru terutama yang mungkin dapat menjadi cara nyata untuk menyelesaikan masalah.
3. Orang dengan kepribadian ISFJ menikmati hidup yang memiliki struktur jelas dan menjaga keteraturannya. Di sisi lain, mereka dapat berkembang dalam lingkungan yang konsisten dengan petunjuk tahap demi tahap dan tujuan yang jelas.
4. Cenderung mempertahankan hal yang sudah ada dibanding harus melakukan perubahan. Ketika ada suatu perubahan pun bukan berarti mereka tidak dapat beradaptasi, tetapi mereka perlu waktu untuk berpikir serta mempersiapkan diri.
5. Sangat menghargai hubungan yang sedang dijalani sehingga berusaha untuk selalu menjaga keharmonisan hubungan tersebut.
6. Individu yang berkepribadian ISFJ juga memiliki etos kerja yang sangat baik sehingga mampu bekerja keras untuk memastikan apa yang dilakukan sudah sesuai dengan ekspektasi orang lain dan mereka tidak akan berhenti hingga tugasnya benar-benar selesai.
7. Bagi orang lain, pribadi ISFJ merupakan orang yang sangat ramah, perhatian dan ringan tangan, sampai kurang memperhatikan dirinya sendiri.

Tipe Kepribadian ISFJ
Kepribadian ISFJ memang memiliki sifat sensitif. Mereka yang memiliki kepribadian ini cenderung mampu melihat ketika terjadi sesuatu yang salah pada seseorang, dan inilah asal mula sifat peduli mereka muncul.

Namun, ternyata ada perbedaan yang bisa dikatakan samar antara dua kepribadian ini di antaranya,
1. Kepribadian ISFJ Turbulen
Meski kedua tipe kepribadian ISFJ memiliki ketelitian yang tinggi, nyatanya tipe turbulen lebih berorientasi pada detail dibandingkan dengan asertif. Tipe ini bisa menemukan masalah jauh lebih cepat. Sayangnya, tentu ada sisi berkebalikan dengan apa yang menjadi keunggulannya.

Kemampuan ini membuat tipe ISFJ turbulen lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengkhawatirkan berbagai hal yang tidak bisa mereka kendalikan. Hal ini, tentu saja, bisa memicu munculnya rasa sedih, frustrasi, dan kecewa.

Secara sederhananya, tipe turbulen sering merasa apa yang mereka lakukan masih belum cukup. Mereka sangat mudah menemukan kesalahan pada diri sendiri, dan sering kali berujung pada menyalahkan diri sendiri.

2. Kepribadian ISFJ Asertif
Tidak jauh berbeda dengan tipe turbulen, mereka yang masuk dalam kategori ISFJ asertif pun cenderung sensitif. Namun, perbedaannya, tipe asertif bisa lebih cepat merelakan sesuatu hal yang menurut mereka tidak mampu dikendalikan atau berada di luar kuasa diri mereka sendiri.

Tidak hanya itu, asertif juga lebih mampu menyeimbangkan sudut pandang mereka tentang berbagai hal negatif dengan pemikiran lainnya yang lebih positif tentang keadaan. Ini membuat mereka lebih berfokus pada sisi baiknya.

Jika disimpulkan, tipe asertif cenderung lebih bahagia, daripada turbulen karena mampu melepaskan semua hal yang tidak bisa mereka kendalikan. Ini akan membuat asertif tidak sering mengalami stres, frustrasi, dan cemas, tidak seperti turbulen.

Meski begitu, bukan berarti tipe turbulen menjadi bagian yang tidak baik. Kewaspadaan mereka yang begitu tinggi membuat para turbulen bisa menemukan solusi atas suatu masalah yang lebih baik lagi, dan biasanya cenderung berhasil.

Profesi yang Cocok untuk Kepribadian ISFJ
Individu yang berkepribadian ISFJ memiliki banyak pekerjaan yang cocok untuk mereka di antaranya Guru, Dosen, Tenaga pengajar lainnya, desainer interior, arsitek, desainer fesyen, banker, akuntan, administrator, perawat, dokter keluarga, pekerja sosial.

Tokoh yang Memiliki Kepribadian ISFJ
Berdasarkan 16personalities, berikut beberapa tokoh besar yang tentunya sudah terkenal di seluruh dunia dengan kepribadian ISFJ di antaranya Mother Teresa, King George VI, Princess Mary of Denmark, Ratu Elizabeth II, Arethena Franklin, Kate Middleton, Beyonce, Michael Caine, Laura Bush, Clara Barton, Lance Reggick, Rosa Parks, Louisa May Alcott, Kristi Yamaguchi, Vin Diesel, Halle Berry, Anne Hathaway, Selena Gomez.

Kelebihan Kepribadian ISFJ
Berikut kelebihan dari kepribadian ISFJ di antaranya,
1. Terstruktur
Orang dengan kepribadian ISFJ adalah pribadi yang terstruktur, teratur, dan tertib dalam segala hal. Karakter inilah yang membuat dirinya senang melakukan rutinitas yang berulang dan berurutan. Ia menjadi antusias dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang menuntut rutinitas tersebut.

2. Hangat dan perhatian pada orang lain
Seseorang dengan kepribadian ini adalah individu yang hangat, baik hati, penyayang, dan perhatian pada orang lain. Ia dikenal karena kepeduliannya membantu orang lain serta memastikan bahwa orang lain aman dan sejahtera, bahkan tanpa berharap balasan atau imbalan apapun.
 
3. Antusias
Meski tampak pendiam, ia merupakan seorang pekerja keras yang serius dan dapat diandalkan. Ia memberikan perhatian seluruhnya untuk menyelesaikan tugas yang perlu ia lakukan.

4. Teliti
Individu dengan kepribadian ISFJ fokus pada detail yang kecil daripada konsep dan gambaran besar. Oleh karena itu, ia cenderung teliti dan tajam dalam mengerjakan sesuatu, memikirkan akurasi, serta memiliki ingatan yang bagus pada detail-detail yang kecil.

5. Loyal
Sifatnya yang pekerja keras dan peka pada perasaan orang lain membuat ia tumbuh menjadi pribadi yang loyal dan setia. Ia seringkali membentuk ikatan emosional dengan tempat kerja yang ia rasa telah mendedikasikan dirinya.

Kekurangan Kepribadian ISFJ
1. Pendiam atau pemalu
Tak seperti karakter ekstrovert, sifatnya yang introvert membuat ia cenderung menjadi pendiam dan pemalu. Bahkan, terkadang orang salah menafsirkannya sebagai perilaku yang angkuh, meski ini bukanlah kenyataannya.

2. Tertutup dan sulit mengekspresikan perasaan
Kepekaan dan kepeduliannya pada orang lain justru membuat ia sulit untuk mengungkapkan pikiran dan perasaannya. Alih-alih untuk berbagi perasaannya, ia justru sering memendamnya. Bahkan terkadang, sampai menimbulkan perasaan negatif terhadap orang lain.

3. Tidak suka perubahan
Individu dengan karakter ISFJ suka segala sesuatu hal yang teratur dan tertib. Oleh karena itu, ia kerap tidak suka bekerja dalam situasi di mana peraturan terus menerus berubah. Ia pun bisa merasa kesal dan jengkel jika ada orang lain yang melanggar atau mengabaikan peraturan, meski ekspresinya tersebut tidak selalu diperlihatkan.

4. Kerap diremehkan
Sifatnya yang pekerja keras, dapat diandalkan, dan jarang mengharapkan imbalan atas usahanya membuat ia terkadang dianggap remeh dan dimanfaatkan orang lain. Hal inilah yang juga terkadang membuat ia memendam emosi hingga merasa menderita.

5. Sering mengabaikan kepentingannya sendiri
Ia terlalu mementingkan perasaan dan kebutuhan orang lain, sehingga terkadang ia mengabaikan kepentingannya sendiri. Ia pun cenderung mencoba untuk melakukan semua pekerjaannya daripada memaksa orang lain membantunya.

Hal ini yang membuat ia sering bekerja berlebihan, hingga merasa kelelahan atau menimbulkan kejang otot.

Fakta Kepribadian ISFJ
Situs Truity menyebutkan bahwa terdapat beberapa fakta mengenai orang-orang dengan kelompok kepribadian ISFJ di antaranya,
1. Tipe kepribadian ISFJ merupakan kelompok kepribadian dengan populasi terbanyak di dunia jika dibandingkan dengan kelima belas tipe kepribadian lainnya, yakni dengan persentase 13,8 persen.
2. Di antara kelompok kepribadian lainnya, ISFJ adalah individu yang paling tinggi tingkat kepercayaannya pada kekuatan spiritual.
3. Sangat menekankan pentingnya kebahagiaan keluarga, kesehatan, serta spiritualitas.
4. ISFJ merupakan kelompok kepribadian terbanyak kedua dalam jurusan pendidikan di perguruan tinggi.
5. Termasuk ke dalam tiga kelompok kepribadian yang pendapatannya paling rendah karena memang sangat mengutamakan kebaikan pada orang lain hingga kurang memperhatikan diri sendiri dan bersedia mengorbankan banyak hal.
6. Banyak ditemukan pada pekerjaan yang berkaitan dengan edukasi, pelayanan kesehatan, serta acara-acara keagamaan.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Kepribadian ISFJ: Pengertian, Karakteristik, Tipe, Profesi yang Cocok, Tokoh, Kelebihan, Kekurangan, dan Faktanya"