Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kepribadian INTJ: Pengertian, Karakteristik, Profesi yang Cocok, Tokoh, Kelebihan, Kekurangan, dan Faktanya

Pengertian Kepribadian INTJ
Kepribadian INTJ
Pengertian Kepribadian INTJ
Kepribadian INTJ adalah akronim dari kepribadian Introvert, Intuitive, Thinking, and Judging (INTJ). Tipe kepribadian INTJ merupakan salah satu dari 16 jenis kepribadian yang diidentifikasi oleh indikator tipe Myers-Briggs (MBTI).

Secara umum, tes yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katharine Briggs ini mengacu pada pada empat skala, yaitu Extraversion (E) – Introversion (I), Sensation (S) – Intuition (N), Thinking (T) – Feeling (F), dan Judging (J) – Perceiving (P).

Kepribadian INTJ sering disebut sebagai arsitek atau ahli strategi, di mana individu dengan kepribadian seperti ini sangat analitis, kreatif, dan logis. Menurut psikolog David Keirsey, sekitar 1 hingga 4 persen populasi di Amerika Serikat memiliki tipe kepribadian INTJ.

Apabila dijabarkan satu-persatu, kepribadian INTJ dapat dijelaskan sebagai berikut di antaranya,
1. Introversion, yakni dimensi yang menunjukkan preferensi individu untuk bekerja secara mandiri dan lebih banyak mengisi waktu sendirian. Hal ini juga dilakukan sebagai bentuk pengisian energi setelah bertemu dengan orang lain.
2. Intuition, dimensi ini menggambarkan individu yang memiliki kecenderungan melihat segala hal dari sudut pandang yang luas atau umum dibanding secara detail pada hal-hal yang kecil.
3. Thinking, individu yang cenderung pada dimensi thinking tidak terlalu memperhatikan sisi emosional yang sifatnya subjektif sehingga lebih menekankan pada kemampuan logika berdasarkan informasi objektif.
4. Judging, dengan dimensi ini, individu lebih suka dengan segala sesuatu yang teratur dan terencana dan menghindari hal-hal yang mendadak atau kurang pasti.

Kepribadian INTJ Menurut Para Ahli
1. Utami & Bahtiar (2020), kepribadian INTJ yang terdiri atas introversion, intuition, thinking, serta judging adalah kepribadian pada seseorang yang lebih introvert dengan kemampuan berpikir intuitif dan cenderung patuh pada aturan.
2. Situs Very Well Mind, seseorang yang berkepribadian INTJ biasa disebut dengan arsitek atau orang yang penuh strategi. Psikolog bernama David Keirsey menunjukkan bahwa hanya ada sekitar 1-4 persen orang di dunia yang memiliki tipe kepribadian INTJ.

Karakteristik Kepribadian INTJ
Terdapat beberapa karakteristik kepribadian INTJ yang sangat menonjol di antaranya,
1. Penyendiri
Pribadi INTJ adalah seorang introvert. Ia lebih senang menghabiskan waktu seorang diri daripada bersama orang lain. Kendati demikian, bukan berarti pribadi INTJ tidak suka bersosialisasi sama sekali. Hanya saja, ia lebih suka berinteraksi dengan keluarga atau teman-teman terdekatnya.

2. Ahli dalam perencanaan
Orang dengan kepribadian INTJ biasanya sangat senang memikirkan masa depan dan mengeksplorasi berbagai kemungkinan yang ada. Oleh karena itu, biasanya, pribadi INTJ sangat ahli dalam perencanaan jangka panjang dan pembangunan sebuah sistem.

3. Logis
Pribadi INTJ biasanya memiliki pola pikir sebab-akibat. Ketika dihadapkan pada situasi yang mengharuskannya mengambil keputusan, ia akan berpikir logis dan objektif.

4. Rasional
Orang dengan kepribadian INTJ juga sangat rasional dan mampu mengesampingkan emosi. Bagi pribadi INTJ, hampir semua situasi dalam hidupnya bisa dijadikan peluang untuk memperluas pengetahuan dan mengasah kemampuan berpikirnya.

Berkat pola pikirnya yang rasional, pribadi INTJ mampu menciptakan berbagai solusi inovatif untuk setiap masalah yang dihadapinya.

5. Ambisius
Pribadi INTJ umumnya juga merupakan orang yang ambisius dan sangat berorientasi pada tujuan. Orang dengan kepribadian INTJ biasanya memiliki tujuan dan visi yang jelas akan masa depannya. Tidak hanya itu, ia juga memiliki rencana yang jelas untuk mencapai tujuannya tersebut.

Very Well Mind juga mengungkapkan bahwa terdapat beberapa kunci karakteristik orang yang memiliki kepribadian INTJ di antaranya,
1. Karena memiliki kecenderungan introvert, orang dengan kepribadian ini lebih memilih untuk melakukan pekerjaan sendiri dibanding bersama banyak orang sebab kerja tim terasa melelahkan dan menguras banyak energi
2. Melihat segala sesuatu secara menyeluruh atau berdasarkan gambaran besarnya saja. Selain itu, dapat lebih fokus pada informasi yang abstrak daripada informasi yang memiliki detail konkret.
3. Mempunyai penekanan yang lebih besar pada informasi yang logis dan objektif dibanding emosi yang sifatnya subjektif.
4. Dimensi judging membuat seorang INTJ lebih suka jika segala hal mengenai dirinya terkontrol dan teratur sehingga mereka lebih menekankan pada pembuatan perencanaan dan mereka pun ahli dalam hal ini.
5. Individu yang berkepribadian INTJ sangat unggul dalam penyusunan strategi berdasarkan analisis untuk mencapai tujuan yang diinginkan dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Profesi yang Cocok untuk Orang dengan Kepribadian INTJ
Individu yang memiliki kepribadian INTJ memiliki kekuatan pada berpikir secara logis dengan analisis serta menerapkannya dalam membuat strategi atau perencanaan.

Berikut beberapa pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian INTJ di antaranya ilmuwan, peneliti, profesor, insinyur, arsitek, dokter, ahli matematika, psikolog, pengajar, pengacara, hakim, analis bisnis, auditor keuangan, akuntan, penulis freelance, progamer, desain grafis.

Tokoh yang Memiliki Kepribadian INTJ
Berikut nama-nama tokoh yang sudah sangat terkenal di dunia selama bertahun-tahun dengan kepribadian INTJ di antaranya Sir Isaac Newton, Friedrich Nietzsche, Jane Austen, Ludwig van Beethoven, Stephen Hawking, Michelle Obama, Hilary Clinton, Ellon Musk, Christoper Nola, Vladimir Putin, John Maynard Keynes, Jay Z, Arnold Schwarzenegger.

Kelebihan Kepribadian INTJ
Seorang INTJ punya beberapa kelebihan yang sekaligus menjadi ciri khas kepribadian ini di antaranya,
1. Gemar Menemukan Solusi
Selain tertarik untuk memecahkan masalah, karakter INTJ senang mencari solusi agar suatu hal bisa dicari jalan keluar terbaiknya. Sosoknya yang idealis dan banyak akal membuat kepribadian ini mampu mengamati situasi dan kondisi, kemudian mencari solusi yang tepat.

2. Sosok yang Mandiri
Sesuai dengan kepribadian introvert yang melekat pada seorang INTJ, mereka lebih suka bertindak sendiri atau secara independen ketimbang dengan orang lain. Sebelum melakukan sesuatu, mereka biasanya tidak butuh banyak masukan atau saran dari orang lain.

Mereka percaya pada kemampuan dirinya, ingin melakukan yang terbaik, serta memberikan hasil yang optimal. Dengan mengandalkan dirinya sendiri, kepribadian ini bisa semangat bertindak, mencari solusi, tapi tak lupa membantu orang-orang yang berarti di kehidupan mereka.

3. Suka Tantangan
Berbekal kebiasaannya yang senang mencari tahu solusi dan penasaran, INTJ menikmati pengalaman dan tantangan baru. Ketimbang berdiam diri dan menghadapi hal yang itu-itu saja, kepribadian ini lebih memilih mampu melakukan banyak hal, atau setidaknya mencoba berbagai pengalaman.

Kebanyakan kepribadian INTJ suka melakukan hal-hal yang berbeda dan tidak biasa untuk menghabiskan waktu mereka.

4. Beriorientasi pada Tujuan
INTJ dikenal sebagai kepribadian yang fokus dan ambisius. Mereka berorientasi pada tujuan dengan banyak ide atau solusi yang didapatkan selama berusaha menggapai tujuannya.

Kekurangan Kepribadian INTJ
Selain punya kelebihan, INTJ juga punya beberapa kekurangan di antaranya,
1. Tidak Suka Tanpa Tujuan
Pemikirannya yang logis dan punya keinginan untuk menyelesaikan masalah, membuat kepribadian ini stres bila ada yang tidak berjalan sesuai rencana, bahkan tanpa tujuan. Alih-alih mampu berkreasi mengikuti situasi yang ada, INTJ kerap stres karena tidak punya perencanaan sebelumnya.

Selain merasa tidak nyaman bila tanpa tujuan, kepribadian ini juga tidak menyukai orang-orang yang kurang inisiatif dan suka menunda pekerjaan.

2. Mengabaikan Perasaan Orang Lain
Punya keinginan kuat untuk mencapai tujuannya, kepribadian ini bisa mengabaikan emosi dan perasaan lain bila dirasa dapat memperlambat upaya mereka. Bahkan, mereka bisa meremehkan dan mengabaikan pendapat orang lain.

Ketidakmauan untuk melihat perspektif dari berbagai hal yang mungkin tidak sesuai dengan pandangan INTJ menjadi salah satu kekurangan mereka.

3. Tidak Suka Diatur
Tipe kepribadian ini tidak suka menyesuaikan diri dengan aturan maupun diatur tanpa alasan yang jelas. Hal tersebut bisa membuat mereka stres karena merasa menghalangi mereka untuk berusaha dan mencari solusi.

4. Terlalu Kritis
Karena sifat intuitifnya, kepribadian ini terlalu kritis mengenai banyak hal. Ada sisi perfeksionis di diri mereka yang membuatnya menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mencari tahu apakah sesuatu berjalan persis sesuai yang mereka harapkan.

Selain membuang-buang waktu, hal tersebut bisa membuang-buang tenaga.

Fakta Kepribadian INTJ
Kepribadian INTJ adalah kepribadian yang unik dengan beberapa fakta yang umumnya terdapat pada individu dengan kepribadian ini di antaranya,
1. INTJ adalah kepribadian dengan jumlah persentase dalam populasi manusia di seluruh dunia secara umum sekitar 1-4 persen saja.
2. Orang dengan kepribadian ini cocok melakukan pekerjaan yang membutuhkan kemampuan pemahaman informasi kompleks, biasanya ada pada bidang-bidang ilmiah atau teknis.
3. Berdedikasi tinggi dalam setiap kegiatan yang dijalani sehingga selalu menjalani dengan sepenuh hati menyelesaikan apa pun yang sudah dimulai.
4. Sering dianggap orang yang sifatnya cuek, dingin, dan tidak suka bergaul, tetapi sebenarnya sangat suka menolong dan sebenarnya peduli juga dengan perasaan orang-orang yang menurutnya dekat.
5. Memiliki pola pikir yang lebih berorientasi pada masa yang akan datang daripada masa lampau.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Kepribadian INTJ: Pengertian, Karakteristik, Profesi yang Cocok, Tokoh, Kelebihan, Kekurangan, dan Faktanya"