Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kabel HDMI: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Tipe, Jenis, Kelebihan, dan Perbedaannya dengan VGA

Pengertian Kabel HDMI atau High-Definition Multimedia Interface
HDMI (High-Definition Multimedia Interface)
Pengertian Kabel HDMI
HDMI (High-Definition Multimedia Interface) adalah teknologi multimedia yang digunakan sebagai konektor untuk mentransfer audio dan video berdefinisi tinggi (high definition) dari satu perangkat ke perangkat lain melalui kabel tunggal. Pendiri HDMI adalah pembuat elektronika konsumen yaitu Hitachi, Matsushita Electric Industrial (Panasonic/National/Quasar), Philips, Sony, Thomson (RCA), Toshiba, dan Silicon Image.

HDMI merupakan teknologi yang mampu meningkatkan kemampuan multimedia menjadi lebih canggih dan memiliki fungsional tinggi dibandingkan dengan sistem analog. HDMI dapat mengompress sinyal untuk meminimalkan cahaya. HDMI pertama kali dirancang pada tahun 2002, namun produk HDMI pada tahun 2003 sudah mulai diproduksi dan dipasarkan. Hingga tahun 2015, perangkat HDMI sudah terjual mencapai angka di atas 4 miliar per unit.

Terdapat beberapa jenis sinyal audio digital yang dihasilkan oleh perangkat multimedia satu ini. Beberapa sinyal audio tersebut antara lain DTS-HD Master Audio, Dolby TrueHD, PCM, DVD Audio, dan Super Audio CD. Sistem kerjanya akan diproses dari satu perangkat ke perangkat lainnya dengan perantara kabel tunggal HDMI.

Sejarah HDMI
HDMI sebenarnya sudah ada sejak tahun 2002, ketika para pendiri teknologi pertama kali mulai mengerjakan iterasi pertama – HDMI 1.0. Pada saat itu, idenya adalah untuk membuat standar baru yang kompatibel dengan DVI, merupakan standar video yang dapat ditemukan di banyak monitor.

Para pendiri HDMI merupakan sekelompok perusahaan internasional yang ingin mengembangkan standar baru untuk transfer video dan audio untuk beberapa dekade mendatang. Termasuk dalam pendiri asli yaitu seperti Sony, Toshiba, Panasonic, Philips, RCA, dan banyak lagi, tetapi teknologi ini juga mendapat dukungan dari penyedia konten seperti Disney, Warner Bros. Universal, dan banyak lagi.

Ada tujuan lain untuk HDMI. Misalnya, para pendiri menginginkan teknologi yang relatif kecil dan menambahkan kompatibilitas audio – membuatnya lebih mudah digunakan oleh konsumen. Segera setelah mengembangkan standar, Pusat Pengujian Resmi HDMI pertama dibuka pada tahun 2003, segera diikuti oleh pusat lainnya di Jepang pada tahun 2004.

Berbicara tentang tahun 2004, pada tahun itu, hanya beberapa tahun setelah standar pertama kali dikembangkan, 5 juta Perangkat HDMI berhasil dijual.

Fungsi Kabel HDMI
Kabel HDMI pada umumnya berfungsi sebagai penghubung atau konektor perangkat yang didukung sinyal High Definition. Namun, selain fungsi umum tersebut, masih ada beberapa fungsi lain yang bisa diperoleh dari penggunaan kabel HDMI di antaranya,
1. Mengkompress Sinyal
Kabel HDMI mampu mengompress sinyal secara digital dan menjadikannya lebih berkualitas tinggi. Hal ini karena sinyal yang dihasilkan sudah level tinggi dan berbeda dengan jenis kabel analog. Kabel analog masih menghasilkan sinyal audio atau video yang berkualitas rendah.

2. Mempercepat Transfer
Jika perangkat konektor lainnya membutuhkan waktu cukup lama untuk mentransfer sinyalnya, maka kabel HDMI sudah dibekali dengan kecepatan tinggi. Setiap detiknya, kecepatan HDMI yang ditawarkan adalah sebesar 5GB sehingga tidak dapat dipungkiri apabila kualitas yang dihasilkan juga sangat tinggi.

3. Mendukung Komunikasi Dua Arah
Pada dasarnya, teknologi kabel HDMI sudah mendukung adanya sumber komunikasi dua arah seperti pada output video dan DTV. Tampilan antarmukanya juga akan disesuaikan dengan perangkat yang tersambung sehingga akan tetap mumpuni saat digunakan berkomunikasi dua arah.

4. Menyediakan Fungsi Berbeda Pada Setiap Perangkat
Hal yang menarik dari kabel HDMI adalah bisa digunakan pada semua perangkat yang memang support dengan jenis portnya. Masing-masing perangkat juga mengambil fungsi berbeda dari penggunaan HDMI. Seperti misalnya pada perangkat DVD Player yang akan disambungkan ke TV LED, keberadaan kabel HDMI akan membuat film berkualitas tinggi.

5. Memudahkan Penggunanya
Lewat berbagai kelebihan yang dimiliki oleh HDMI, pengguna bisa menikmati kecanggihan teknologi dengan lebih leluasa. Tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh perseorangan saja, kabel HDMI juga termasuk perangkat pendukung yang bisa digunakan dalam dunia pendidikan, pemerintahan, dan yang lainnya.

Tipe konektor kabel HDMI
Terdapat beberapa tipe konektor dari kabel HDMI yang berbeda di antaranya,
1. Tipe A (Standar)
Tipe A merupakan format yang paling umum konektor HDMI yang dapat kamu temukan di berbagai perlengkapan audiovisual, laptop, TV, maupun konsol permainan.

Konektor plug atau male HDMI tipe A di bagian luar berdimensi 13,9 mm x 4,45 mm, sedangkan konektor receptable (stopkontak) atau female di bagian dalam berdimensi 14 mm x 4,55 mm. Terdapat 19 pin, dengan bandwith untuk membawa semua mode SDTV, EDTV, HDTV, UHD, dan 4K.

2. Tipe B
Konektor HDMI tipe B memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dibanding tipe A. Konektor tipe B memiliki 29 pin di dalamnya. Banyaknya pin tersebut dimaksudkan untuk teknologi yang memiliki resolusi ultra tinggi (UHDTV atau ultra high definition television).

3. Tipe C (Mini HDMI)
Tipe C merupakan versi yang lebih kecil dari konektor HDMI tipe A. Tipe ini diperuntukkan untuk perangkat portabel seperti kamera DSLR, camcorder, dan tablet. Ukuran dari tipe C yaitu 10,42 mm x 2,42 mm dengan konfigurasi 19-pin yang sama. Konektor mini tipe C dapat dihubungkan ke konektor tipe A menggunakan kabel tipe A untuk tipe C.

4. Tipe D (Micro HDMI)
Tipe D merupakan versi HDMI yang lebih kecil dari konektor sebelumnya. HDMI tipe ini biasanya ditemukan di perangkat yang ringkas dan portabel seperti smartphone. Ukuran konektor micro HDMI yaitu 5,83 mm x 2,20 mm. Meskipun tetap mengandalkan 19 pin standar tipe sebelumnya, namun penugasan pin di dalamnya berbeda.

Jenis Kabel HDMI
Kabel HDMI tersedia dalam beberapa jenis di antaranya,
Kategori HDMI 1
1. Standar (Kategori 1): Ini adalah kabel HDMI standar, disertifikasi untuk membawa resolusi hingga 720p atau 1080i, bersama dengan suara surround definisi tinggi dan bersertifikat yang mampu mencapai 742,5 Mbps / saluran.
2. Standar dengan Ethernet (Kategori 1): Sama dengan kabel standar, kabel ini menambahkan saluran Ethernet untuk memungkinkan jaringan perangkat dan koneksi internet bersama.
3. Otomotif Standar (Kategori 1): Ini memenuhi persyaratan sinyal yang sama seperti kabel dasar, dan dirancang untuk aplikasi otomotif.

Kategori HDMI 2
1. Kecepatan Tinggi (Kategori 2): Kabel kecepatan tinggi ideal untuk digunakan pada resolusi lebih tinggi (1080p +) serta teknologi baru (seperti video 4k dan 3D). Kabel berkecepatan tinggi disertifikasi mampu 1,65 Gbps / saluran (tanpa pemerataan) dan 3,4 Gbps / saluran (dengan pemerataan).
2. Kecepatan Tinggi dengan Ethernet (Kategori 2): Ini berfungsi seperti kabel kecepatan tinggi biasa, tetapi juga memungkinkan jaringan perangkat dan berbagi sambungan internet.

Kelebihan kabel HDMI
Kabel HDMI memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki kabel jenis lain seperti coaxial, VGA, component video dan lain-lain. Beberapa kelebihan yang dimiliki kabel HDMI di antaranya,
1. Kabel HDMI tidak melakukan kompresi sinyal karena bekerja secara digital. Berbeda dengan jenis kabel sebelumnya yang menggunakan sistem analog. Oleh karena itu, kualitas video atau audio yang dihasilkan akan lebih baik.

Dengan antarmuka analog pada teknologi sebelumnya, membuat sumber harus menerjemahkan dahulu ke dalam analog, sehingga file tersebut akan kehilangan kualitas dan membuat kualitas hasil keluarannya menjadi kurang.

2. Kabel HDMI memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat dari jenis kabel lainnya, bahkan hingga mencapai 5 GB/detik. Oleh karena itu, kualitas file yang dihasilkan akan lebih baik.
3. Kabel HDMI merupakan kabel tunggal. Meskipun terdapat 19 kabel di dalamnya, namun terbungkus menjadi satu kabel tunggal, sehingga penggunaan HDMI akan lebih praktis.

Perbedaan HDMI dengan VGA
Hingga saat ini, ada banyak sekali jenis kabel konektor yang bisa dipilih untuk meningkatkan penggunaan teknologi. Di antara beberapa jenis tersebut, kabel HDMI dan VGA adalah yang paling banyak dianggap mirip. Hal ini karena tampilan bentuknya memang sekilas terlihat cukup mirip, tetapi jika dilihat secara mendetail pasti terlihat sangat berbeda.

Sama seperti kabel HDMI, kabel VGA juga mampu berperan sebagai perangkat penghubung CPU ke Komputer, Laptop ke LCD, dan masih banyak yang lainnya. Namun, kualitas dan kecepatan transfer yang ditawarkan dari kedua perangkat penghubung tersebut benar-benar sangat berbeda.

Selain itu, kabel konektor HDMI merupakan jenis kabel tunggal dan berbeda dengan VGA yang merupakan kabel ganda. Dari jenisnya, kabel VGA juga hanya memiliki beberapa seri yang tidak sebanyak HDMI. Hal itulah yang menjadi alasan kabel HDMI lebih banyak dipilih dibandingkan dengan kabel VGA.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Kabel HDMI: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Tipe, Jenis, Kelebihan, dan Perbedaannya dengan VGA"