Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Format Video MP4: Pengertian, Keuntungan, dan Perbedaannya dengan MKV

Pengertian Format Video MP4
Format Video MP4

Pengertian Format Video MP4
Format video MP4 (MPEG-4 sub-bagian 14) adalah salah satu format berkas pengkodean suara dan gambar/video digital yang dikeluarkan oleh sebuah organisasi MPEG. Ekstensi nama berkas jenis MPEG-4 ini banyak menggunakan .mp4, dan merupakan pengembangan dari format QuickTime dari komputer Apple.

MP4 dianggap sebagai format wadah multimedia digital—pada dasarnya sebuah file yang berisi sekumpulan data yang telah dikompresi. Standar ini menentukan bagaimana data disimpan di dalam wadah itu sendiri, tetapi bukan bagaimana data itu dikodekan.

File MP4 dibuat berdasarkan standar ISO/IEC 14496-12:2001 oleh ISO/IEC dan Motion Picture Experts Group (MPEG). Karena itu, MP4 adalah standar internasional untuk pengkodean audio-visual.Awalnya dibuat pada tahun 2001, MPEG-4 Bagian 12 didasarkan pada QuickTime File Format (.MOV). Versi saat ini—MPEG-4 Bagian 14—dirilis pada tahun 2003.

Keuntungan Format Video MP4
Terdapat beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan format MP4 di antaranya,
1. Mempunyai dukungan perangkat yang sangat luas
2. Mendukung hampir semua Codec
3. Kualitas tinggi dengan ukuran relatif kecil dibandingkan MKV
4. Mempunyai dukungan situs streaming dan browser
5. Mudah ditemukan dan dikirim dari satu perangkat ke perangkat lain
6. Format didukung oleh asosiasi industri resmi
7. Terdapat banyak aplikasi pemutar video yang mendukung format MP4

Perbedaan Utama Antara Format MKV dan MP4
Terdapat beberapa perbedaan utama MKV dan MP4 di antaranya,
1. Kualitas
Kebanyakan file video dengan format MKV memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan MP4. Namun, tidak berarti ukuran yang besar menandakan kualitasnya juga lebih baik. Misalnya, ketika Anda mempunyai file video dengan kualitas gambar dan audionya sama dan menggunakan encode yang sama, serta pengaturannya sama, maka hasil kualitas video dan audionya pun bisa dikatakan sama persis.

2. Ukuran
Mengenai ukuran MP4 masih menjadi juaranya. Jika dibandingkan dengan format MKV, MP4 memiliki ukuran file yang lebih kecil. Bahkan, bisa dikatakan MP4 memiliki ukuran file yang paling kecil dari format file video lainnya yang berkualitas. Anda bisa melakukan kompres file MKV untuk mendapatkan ukuran yang lebih kecil. Namun cara itu mengakibatkan penurunan kualitas video.

3. Kompatibilitas
Dari segi kompabilitas, MP4 lebih unggul dibanding MKV. File video MP4 bisa digunakan pada semua jenis komputer, DVD player, HP hingga situs streaming. Adapun untuk format MKV, Anda masih bisa memutarnya di perangkat HP atau laptop dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang mendukung format tersebut. 

Lihat Juga: 

1. Format Video MKV: Pengertian, Fitur, Kelebihan, Kekurangan, dan Perbedaannya dengan MP4

2. Format Video: Pengertian, Istilah, Kegunaan, dan Jenisnya 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Format Video MP4: Pengertian, Keuntungan, dan Perbedaannya dengan MKV"