Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Web 2.0: Pengertian, Ciri, Contoh, dan Perbedaannya dengan Web 1.0

Pengertian Web 2.0 atau web-two-point-o
Web 2.0 (web-two-point-o)
Pengertian Web 2.0
Web 2.0 (web-two-point-o) adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan generasi kedua dari World Wide Web (WWW) yang menekankan pada kolaborasi daring dan berbagi antar pengguna. Istilah ini dicetuskan pertama kali oleh O'Reilly Media pada tahun 2003, dan dipopulerkan pada konferensi web 2.0 pertama pada tahun 2004.

Web 2.0 sudah menggunakan fitur yang lebih interaktif dan dinamis yang berbeda dengan versi sebelumnya yang masih statis. Kemampuannya untuk mengajak orang berkolaborasi satu dengan yang lain merupakan salah satu keunggulan Web 2.0 ini. Misalnya, dengan menggunakan platform blogging, website komunitas, media sosial dan platform sejenisnya.

Dengan menggunakan Web 2.0 ini, percakapan bisa dilakukan dua arah antara pemilik website dan pengunjung website. Kelebihan lain dari adanya Web 2.0 adalah pengguna tidak perlu memiliki keahlian khusus dalam bidang pemrograman website. Semua hal teknis sudah dibuat dengan user interface yang menarik dan memudahkan bagi para pengguna.

Ciri Web 2.0
Berikut beberapa ciri dari Web 2.0 di antaranya,
1. Web sebagai platform
Aplikasi Web 2.0 menggunakan web atau internet sebagai dari platformnya. Yang dimaksud dari platform yaitu suatu aplikasi yang dijalankan.  Contoh dari platform yang selalu digunakan adalah Windows dan di dalamnya ada Microsoft Office serta Adobe Photoshop.

2. Memanfaatkan kecerdasan kolektif
Aplikasi Web 2.0 memiliki sifat yang unik, yaitu memanfaatkan kepandaian dari banyak orang secara kolektif. Hasilnya seperti muncullah basis pengetahuan yang sangat besar hasil dari gabungan pengetahuan banyak orang.

Contoh yang jelas ialah Wikipedia. Wikipedia sendiri merupakan ensiklopedia online yang membolehkan semua orang dapat membuat serta mengedit artikel.

3. Data sebagai pengendali utama
Kekuatan dari aplikasi Web 2.0 terletak di bagian data. Aplikasi internet yang berhasil selalu didukung oleh basis data yang kuat serta unik. Salah satu contohnya yaitu Google, di mana kekuatannya terletak di pengumpulan serta manajemen halaman web yang ada di internet.

4. Berakhirnya kitaran keluaran perisian
Pada aplikasi Web 2.0 ini memiliki sifat yang berbeda dari aplikasi platform lama seperti Windows. Aplikasi dari Windows biasanya akan dirilis setiap dua atau tiga tahun satu kali. Contohnya seperti Microsoft Office yang telah memiliki beberapa versi dari 97, 2000, XP dan juga 2003.

5. Model pengaturcaraan yang ringan
Pada aplikasi Web 2.0 ini menggunakan teknik pemrograman yang ringan, contohnya seperti RSS dan AJAX. Sehingga memudahkan orang lain untuk dapat menggunakan layanan aplikasi Web 2.0. Contohnya seperti Google Maps yang dapat dengan mudah digunakan.

6. Perisian tingkat atas sebagai peranti tunggal
Aplikasi Web 2.0 dapat berjalan secara terintegrasi dengan menggunakan berbagai device. Contohnya seperti iTunes yang berasal dari Apple.

7. Pengguna kaya pengalaman
Aplikasi Web 2.0 memiliki user interface yang kaya walaupun berjalan dalam browser. Teknologi AJAX memungkinkan aplikasi internet memiliki tingkat waktu respons yang cepat serta user interface mirip pada aplikasi Windows yang ada di dalam komputer.

Contoh Web 2.0
Berikut beberapa contoh web 2.0 di antaranya,
1. WordPress.com
2. Tumblr.com
3. Blogger.com
4. Jimdo.com
5. Livejournal.com
6. Wix.com
7. Weebly.com
8. Blogspot.com
9. Devianart.com
10. Goodreads.com
11. Wikispaces
12. Zoho

Perbedaan Web 1.0 dan 2.0
Web 1.0 pertama kali digunakan pada aplikasi WWW (World Wide Web), web generasi ini banyak dipakai untuk keperluan website yang sifatnya personal. Adapun ciri dari web 1.0 di antaranya,
1. Website biasanya bersifat statis saja
2. Desain halaman masih jadul menggunakan HTML dan CSS saja, sehingga pengunjung hanya bisa melihat saja tanpa bisa melakukan action.
3. Komunikasi hanya bisa satu arah

Web 2.0 adalah teknologi lanjutan yang lebih lengkap dari versi sebelumnya. Pada versi ini website bisa lebih menarik bersifat dua arah antara pemilik website dengan pengunjung website. Perbedaan  mendasarnya, web 1.0 lebih bersifat read-only sedangkan web 2.0 bersifat read and write.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Web 2.0: Pengertian, Ciri, Contoh, dan Perbedaannya dengan Web 1.0"