Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Pomodoro: Pengertian, Cara Menerapkan, Manfaat, dan Rekomendasi Aplikasinya

Pengertian Teknik Pomodoro
Teknik Pomodoro
Pengertian Teknik Pomodoro
Teknik Pomodoro adalah filosofi manajemen waktu yang menuntut untuk tetap fokus secara maksimal dalam jangka waktu yang disediakan. Kata Pomodoro ini berasal dari bahasa Italia, dalam bahasa Indonesia artinya buah tomat. Teknik ini dikembangkan oleh Francesco Cirillo pada tahun 1992.

Manfaat yang ditawarkan berupa kreativitas yang segar dan Anda mampu menyelesaikan tugas lebih cepat, selain itu rasa lelah pada mental pun tidak terlalu parah. Pada teknik ini, kita mengerjakan sebuah tugas dengan membaginya dalam blok-blok waktu per 25 menit. Di antara setiap blok waktu ada jeda istirahat selama 5 menit.

Dan setiap kali telah melewati 4 blok waktu, maka kita bisa beristirahat lebih lama. Sebagai teknik yang dirancang agar mudah diimplementasikan namun memberi hasil yang maksimal dari segi produktivitas, teknik ini memiliki struktur dasar di antaranya,
1. Menetapkan tujuan/tugas untuk diselesaikan dalam daftar tugas-tugas yang harus dilakukan
2. Menetapkan waktu pada timer Pomodoro
3. Bekerja selama periode waktu yang ditetapkan
4. Saat timer berdering, tandai interval kerja Anda dengan tanda centang
5. Setelah bekerja di setiap sesi, istirahatlah selama 5 menit
6. Setelah sesi keempat, lakukan istirahat yang lebih panjang selama 15-30 menit
7. Atur timer kembali ke nol dan ulangi prosesnya

Cara Menerapkan Teknik Pomodoro
1. Jauhi distraksi dan siapkan materi yang harus dipelajari
Matikan notifikasi di ponsel, Anda bisa menggunakan fitur airplane mode bila perlu atau senyapkan ponsel. Tutup browser di laptop yang tidak diperlukan, cukup siapkan materi yang perlu Anda pelajari. Misalnya soal latihan, power point, atau modul.

2. Tentukan waktu dan mulai fokus untuk beraktivitas
Anda bisa gunakan jam alarm, alarm ponsel, atau bahkan jam pasir. Tentukan berapa lama waktu untuk fokus pada materi pelajaran. Sesuaikan waktu fokus berdasarkan ritme Anda sendiri. Cirillo biasa menggunakan waktu 25 menit, Anda bisa meniru Cirillo sebagai awalan.

Selanjutnya terapkan trial and error untuk menemukan waktu fokus yang sesuai. Setelahnya Anda akan menemukan cara paling cocok dalam pengaturan waktu.

3. Lakukan kegiatan yang menyenangkan saat istirahat
Setelah menyelesaikan waktu fokus untuk belajar, Anda bisa beristirahat dengan melakukan peregangan ringan atau mengambil air minum. Berjalan-jalan sebentar dan melemaskan otot selama dua sampai lima menit juga bisa menjadi cara untuk istirahat. Supaya saat kembali belajar lebih rileks dan fokus.

4. Ulangi teknik di atas hingga empat kali
Gunakan siklus belajar-istirahat selama empat kali, kemudian ambil waktu istirahat selama 15-30 menit, asalkan tidak lebih dari waktu fokus.

Anda bisa melakukan teknik Pomodoro untuk menantang diri menyelesaikan materi pelajaran dengan target waktu tertentu. Bila berhasil mencapai target tersebut, Anda bisa memberi rewards pada diri sendiri dengan melakukan kegiatan yang disenangi.

Manfaat Teknik Pomodoro
Terdapat banyak manfaat dari teknik Pomodoro ini di antaranya,
1. More focus. Dengan timer Pomodoro Anda bisa lebih fokus dalam bekerja dan belajar dalam rentang waktu yang ditentukan.  
2. Productivity boost. Dengan adanya rentang waktu yang telah ditentukan, Anda tanpa sadar akan bekerja secara lebih efektif dan cepat. Tentunya hal ini akan meningkatkan produktivitas Anda.
3. Limited distraction. Teknik Pomodoro mengharuskan Anda untuk menyisihkan segala distraksi yang ada dalam rentang waktu tersebut.
4. Faster work. Umumnya pekerjaan yang dilakukan melalui teknik Pomodoro akan terselesaikan dengan lebih cepat dan efektif.

Rekomendasi Aplikasi Pomodoro
Berikut beberapa aplikasi yang bisa dicoba kalau Anda ingin mencoba teknik ini di antaranya,
Forest: Stay Focused
Forest adalah aplikasi manajemen waktu yang mempunyai tema forest dan hutan. Saat menggunakan aplikasi ini, Anda akan menanam sebuah pohon yang akan terus tumbuh seiring dengan waktu fokus yang ditentukan.

Aplikasi ini memaksa Anda untuk tetap fokus pada pekerjaan yang dilakukan dengan cara menghilangkan banyak distraksi dari aplikasi lain yang ada pada ponsel. Jika Anda terpaksa membuka aplikasi lain saat sedang bekerja, pohon yang tumbuh tadi akan mati secara perlahan dan sesi Anda dinyatakan gagal.

Semakin banyak sesi fokus yang berhasil, semakin banyak lebat dan rindang hutan yang Anda kelola di aplikasi itu.

Focus To-Do: Pomodoro Timer & To Do List
Dengan aplikasi ini, Anda tidak hanya akan mendapatkan timer Pomodoro tapi juga akan diberikan to-do list untuk mengatur waktu sehari-hari. Tidak hanya itu, nantinya Anda juga akan diberikan laporan detail tentang segala aktivitas yang sudah Anda selesaikan beserta waktu yang dibutuhkan.

Karena menggunakan data cloud backup, Anda juga bisa melakukan sinkronisasi aplikasi ini ke beberapa device seperti desktop, smartwatch, maupun tablet.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Teknik Pomodoro: Pengertian, Cara Menerapkan, Manfaat, dan Rekomendasi Aplikasinya"