Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Repeat Order: Pengertian, Manfaat, dan Cara Meningkatkannya

Pengertian Repeat Order
Repeat Order
Pengertian Repeat Order
Repeat order adalah perilaku konsumen yang melakukan pembelian ulang atau melakukan transaksi pada produk yang sama atau pada toko yang sama. Hal ini terjadi karena konsumen tersebut mulai menyukai produk atau layanan yang ditawarkan oleh suatu bisnis.

Hal ini tentunya sangat disukai oleh setiap pebisnis, karena akan mampu menghemat lebih banyak biaya promosi karena produk yang dijual sudah terkenal. Namun, mendapatkan pelanggan loyal yang sering melakukan repeat order bukan hal yang mudah. Terdapat banyak faktor yang turut berpengaruh.

Manfaat Repeat Order
Tidak hanya memberikan keuntungan berupa penjualan, repeat order juga memberikan manfaat lain di antaranya,
1. Mempertahankan Pelanggan
Dengan banyaknya pelanggan yang melakukan repeat order, secara tidak langsung menunjukkan bahwa pelanggan tersebut merasa puas dengan produk dan pelayanan yang diberikan.

Kepuasan pelanggan ini merupakan sebuah strategi jangka panjang bagi perusahaan. Semakin baik pengalaman yang dirasakan oleh pelanggan terhadap produk yang dibeli, maka akan semakin kecil pula persentase pelanggan meninggalkan bisnis tersebut.

2. Memperluas Pangsa Pasar
Ketika pelanggan sudah merasakan pengalaman yang baik, dia akan kembali membeli produk dari perusahaan Anda. Biasanya secara sukarela pelanggan tersebut akan mempromosikan bisnis Anda kepada rekan, kerabat, atau yang lainnya.

Ketika pelanggan loyal tersebut berhasil membawa orang lain untuk membeli produk di perusahaan Anda, membuktikan bahwa dengan adanya pelanggan yang loyal maka akan memperluas pangsa pasar yang bahkan sebelumnya tidak bisa dicapai oleh perusahaan itu.

3. Memangkas Biaya Pemasaran
Dengan adanya pelanggan loyal yang selalu melakukan repeat order, secara tidak langsung transaksi yang dilakukan tersebut tidak membutuhkan biaya promosi.

4. Menghemat Biaya Operasional
Biaya operasional yang seharusnya dikeluarkan pada setiap transaksi bisa jadi berkurang karena repeat order yang dilakukan oleh pelanggan. Untuk mendapatkan pelanggan yang loyal, perusahaan perlu memikirkan bagaimana pelanggan tersebut merasa nyaman sejak pertama kali membeli produk tersebut.

Hal ini dikarenakan bahwa pengalaman dan kesan pertama pelanggan akan menentukan apakah pelanggan tersebut mau kembali lagi bahkan membeli lagi produk yang ada di tempat tersebut. Jika pelanggan sudah merasa nyaman dan cocok sejak pertama kali datang, bisa dibilang pelanggan tersebut akan kembali bertransaksi ke tempat tersebut.

5. Menciptakan Pelanggan Loyal
Loyalitas pelanggan merupakan salah satu jalan yang digunakan pelaku usaha untuk bisa meningkatkan target penjualan. Hubungan yang akan terbentuk dari pelanggan yang loyal dengan perusahaan bisa berlangsung lama.

Pelanggan yang melakukan repeat order menjadi salah satu tolak ukur penerapan customer experience, di mana pelanggan merasakan pengalaman yang baik dari produk maupun layanan yang diberikan. Pengalaman pelanggan tersebut yang akan mempengaruhi keputusan pelanggan untuk melakukan transaksi berulang dari waktu ke waktu.

Cara Meningkatkan Repeat Order
Berikut beberapa cara efektif untuk meningkatkan repeat order di antaranya,
1. Berikan Diskon untuk Pembelian Selanjutnya
Saat seorang pelanggan membeli produk Anda, sertakan kode voucher berisi dengan diskon yang bisa digunakan untuk pembelian selanjutnya. Dengan strategi yang tepat, diskon tentunya bisa menarik lebih banyak penjualan.

Untuk memastikan bahwa repeat order akan terjadi, Anda juga memberikan expiry date atau batas waktu pemakaian voucher diskon. Dengan begitu, pelanggan akan merasa lebih terdorong untuk menggunakan voucher tersebut sesegera mungkin dan melakukan pembelian lagi.

2. Buatlah Pelanggan Merasa Spesial
Jika pelanggan merasa spesial, repeat order bisnis Anda tentu akan meningkat. Anda bisa melakukan ini dengan berbagai cara: memberi pesan personal pada pesanan,  memberikan packaging yang baik, dan lain-lain.

Anda juga bisa memberikan perhatian khusus ke pelanggan melalui pesan follow-up setelah pembelian. Tanyakan kepada pelanggan apakah mereka puas dengan produk yang mereka terima.

3. Berikan Layanan Customer Service Terbaik
Salah satu cara agar pelanggan merasa betah saat menggunakan bisnis Anda dan melakukan repeat order adalah melalui customer service. Customer service adalah jembatan penghubung pemilik bisnis dan konsumen.

Saat konsumen memiliki pertanyaan apapun yang berkaitan dengan produk, customer service lah bertugas untuk memberikan segala informasi yang diminta. Untuk itu, mempunyai customer service yang handal adalah hal yang wajib dipunya oleh semua brand.

Namun tidak hanya itu, Anda juga harus memastikan bahwa pelayanan yang diberikan sesuai dengan ekspektasi konsumen.

4. Kirim Barang Tepat Waktu
Salah satu cara efektif meningkatkan repeat order lainnya adalah on-time delivery. Jika Anda menjual produk Anda melalui eCommerce marketplace, setiap pesanan memiliki estimasi lama pengiriman. Untuk menjaga kepuasan pelanggan, pastikan bahwa produk Anda dikirim dan diterima sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Untuk memudahkan pelacakan waktu pengiriman, buatlah timesheet dan laporan pemesanan yang bisa di akses oleh semua orang yang terlibat dalam proses pengiriman. Anda juga bisa berlangganan kurir delivery yang akan mengambil paket Anda setiap hari dan mengirimkan paket tersebut ke pelanggan.

5. Berikan Harga yang Kompetitif
Saat membeli suatu barang, tentunya Anda akan lebih memilih toko yang menjual produk yang sama dengan harga yang murah. Begitu pula dengan pelanggan bisnis Anda nantinya. Jika pelanggan menemukan barang yang Anda jual ada harga yang lebih murah di pasaran, pastinya mereka tidak akan membeli produk Anda lagi.

Untuk itu, selalu pastikan bahwa Anda telah memasang harga yang kompetitif di pasaran. Cari tahu harga yang ditetapkan oleh kompetitor dan cobalah untuk tetap berada dalam range harga tersebut. Tapi jika Anda tetap ingin memasang harga yang lebih mahal, Anda harus bisa menonjolkan unique selling point dari produk Anda.

Tentukan poin unik dan beda dari produk tersebut dan komunikasikan kepada pelanggan agar mereka tetap mau melakukan repeat order.

6. Gunakan Retargeting
Salah satu cara paling efektif untuk mendorong pelanggan melakukan repeat order adalah dengan re-targeting. Retargeting adalah strategi pemasaran yang menargetkan pelanggan sesuai dengan pembelian mereka sebelumnya.

Ingatkan pelanggan Anda untuk membeli produk Anda lagi melalui email, iklan sosial media, dan iklan pencarian. Anda bisa melakukan retargeting secara manual atau melalui tool retargeting seperti Google Ads.

7. Berikan Freebies untuk Pelanggan
Memberikan freebies atau bonus produk juga sangat bisa meningkatkan repeat order. Produk gratis bisa membuat konsumen ingin melakukan repeat order untuk mendapatkan freebies lain kali.

Freebies yang Anda berikan juga bisa berupa sampel produk Anda yang lainnya. Dengan begini, pelanggan bisa mencoba produk Anda yang lainnya dan melakukan repeat order jika mereka suka dan tertarik.

8. Jaga Kualitas Produk
Produk dengan kualitas yang baik tentunya juga akan meningkatkan repeat order pada bisnis Anda. Untuk itu selalu pastikan bahwa bisnis Anda mempunyai kualitas produk yang baik dan konsisten.

Anda bisa melakukan ini melalui quality control untuk setiap produk yang Anda produksi. Siapkan checklist yang berisi syarat-syarat produk yang lolos produksi untuk memastikan kualitas yang terbaik.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Repeat Order: Pengertian, Manfaat, dan Cara Meningkatkannya"