Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lorem ipsum dolor sit amet: Pengertian, Sejarah, dan Fungsinya

Pengertian Lorem Ipsum atau ringkasnya lipsum
Lorem Ipsum

Pengertian Lorem Ipsum
Lorem ipsum (ringkasnya lipsum) adalah teks standar yang ditempatkan untuk mendemostrasikan elemen grafis atau presentasi visual seperti font, tipografi, dan tata letak. Penggunaan lipsum ini bertujuan agar pengamat tidak terlalu berkonsentrasi kepada arti harfiah per kalimat, melainkan lebih kepada elemen desain dari teks yang dipresentasi.

Lorem Ipsum sendiri akan sering ditemui bagi yang berkecimpung di dunia grafis. Sebab lorem ipsum merupakan template yang berisikan teks untuk menggambarkan layout dari sebuah grafis atau pada sebuah web dalam membingkai sebuah tulisan.

Sejarah dan Fungsi Lorem Ipsum
Sejarah ditemukannya lorem ipsum yang sudah muncul sejak tahun 1500an, berawal dari seorang tukang cetak, yang mengambil sebuah teks. Kemudian teks tersebut diacak untuk kemudian dijadikannya buku dan contoh huruf.

Menurut Richard McClintock seorang profesor bahasa latin asal Amerika Serikat, menyebutkan bahwa lorem ipsum merupakan bagian dari sebuah naskah sastra klasik pada era 45 sebelum Masehi. Di mana naskah tersebut menurut sang professor sudah berumur 2000 tahun lebih.

Frasa ini merupakan bagian dari sebuah karya sastra yang berasal dari naskah de Finibus Bonorum et Malorum atau dalam bahasa Indonesia berarti Sisi Ekstrem dari Kebaikan dan Kejahatan yang diciptakan oleh Cicero. Frasa ini ditemukan pada bagian 1.10.32 dan 11.10.33,

Dalam naskah aslinya, naskah tersebut dituliskan sebagai berikut:
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nastrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip es ea commodo consquat. Duiis oute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occoecat cupidatat non proident, sun in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.”

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, ternyata isinya sangat mendalam.
“Demikian pula, tidak adakah orang yang mencintai atau mengejar atau ingin mengalami penderitaan, bukan semata-mata karena penderitaan itu sendiri, tetapi karena sesekali terjadi keadaan di mana susah-payah dan penderitaan dapat memberikan kepadanya kesenangan yang besar. Sebagai contoh sederhana, siapakah di antara kita yang pernah melakukan pekerjaan fisik yang berat, selain untuk memperoleh manfaat dari padanya? Tetapi siapakah yang berhak untuk mencari kesalahan pada diri orang yang memilih untuk menikmati kesenangan yang tidak menimbulkan akibat-akibat yang mengganggu, atau orang yang menghindari penderitaan yang tidak menghasilkan kesenangan?”

Lorem ipsum yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu dan sekarang masih digunakan sebagai teks standar, dianggap mempunyai persebaran teks huruf yang baik dan merata. Sehingga Anda akan melihatnya sebagai teks biasa.

Dalam artian Anda tidak harus terpaku pada arti teks lorem ipsum, karena lorem ipsum hanya sebagai sebuah dummy text saja.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Lorem ipsum dolor sit amet: Pengertian, Sejarah, dan Fungsinya "