Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PHP 8: Pengertian, Fitur Terbaru, dan Keunggulannya

Pengertian PHP 8
PHP 8
Pengertian PHP 8
PHP 8 adalah pembaruan dari PHP 7.4 yang berhenti active supportnya pada November 2021. Berbeda dengan PHP 7.4 yang hanya minor update, PHP 8 adalah sebuah major update dari bahasa pemrograman PHP. PHP 8 menawarkan performa yang lebih baik dengan adanya berbagai fitur baru. Beberapa fitur unggulan di antaranya Just In Time Compiler, Weak Maps, dan Named Arguments.

PHP merupakan bahasa skrip untuk keperluan umum yang sangat cocok untuk pengembangan web. Awalnya dibuat oleh programmer Denmark-Kanada Rasmus Lerdorf pada tahun 1994, implementasi referensi PHP sekarang diproduksi oleh The PHP Group. PHP sendiri awalnya adalah singkatan dari Personal Home Page, tetapi sekarang diubah menjadi singkatan dari inisialisme rekursif PHP: Hypertext Preprocessor.

Fitur Terbaru dan Keunggulan PHP 8
Versi baru PHP 8 diharapkan hadir dengan beberapa fitur baru yang menawarkan banyak fasilitas tambahan bagi developer website di antaranya,
1. JIT Compiler (Just in Time)
Di antara fitur baru utama PHP 8 adalah JIT Compiler yang seharusnya meningkatkan kinerja secara signifikan. PHP tidak dikompilasi, tetapi diinterpretasikan baris demi baris. JIT (Just in Time) bekerja dengan mengkompilasi bagian-bagian kode selama runtime dan dengan melakukannya akan bertindak sangat mirip dengan versi kode yang di-cache.

Cara ini harus mengarah pada peningkatan besar-besaran dalam kinerja. Fitur baru di PHP 8 ini telah diuji oleh Pedro Escudero yang menggunakan skrip sederhana untuk membandingkan versi 5.3, 7.4, dan 8 (dengan dan tanpa JIT). Untuk tujuan ini, Escudero menjalankan skrip 100 kali di setiap versi dan kemudian menghitung waktu rata-ratanya.

2. JSON extension always activated
Di versi bahasa skrip yang lebih lama, ekstensi JSON memiliki opsi untuk dinonaktifkan. Karena JSON adalah format data yang penting, bagaimanapun, pengembang PHP memutuskan untuk memastikan bahwa ekstensi diaktifkan setiap saat. Diasumsikan bahwa cara ini akan menyederhanakan bekerja dengan PHP.

3. Union Types
Union Types dikenal dari bahasa lain seperti C / C ++, TypeScript atau Haskell. Di sini dua atau lebih tipe bisa membentuk satu kesatuan dan tipe yang disebutkan bisa digunakan oleh pengguna PHP 8.

4. Jenis pengembalian Static
Statis adalah sebuah nama kelas khusus dan menjadi tipe pengembalian yang valid di versi baru selain self & parent yang bisa ditemukan dalam PHP 8 terbaru kali ini.

5. WeakMap
WeakRefs sudah ditambahkan di PHP 7.4 dan dengan PHP 8, bagaimanapun, WeakMaps telah disertakan yang merupakan perpanjangan dari fungsi ini. WeakMaps dan WeakRefs dapat digunakan untuk menghapus objek jika hanya cache yang mereferensikan kelas entitas dari objek tersebut. Hal ini mengarah pada penanganan objek yang akan mampu menghemat sumber daya.

6. Penggunaan ::class funtuk objek
Pada versi sebelumnya, Anda harus menggunakan get_class () untuk menetapkan kelas ke objek. Tapi sekarang, Anda bisa menerapkan :: class ke objek yang akan memastikan bahwa kode sumber dibuat lebih ramping.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "PHP 8: Pengertian, Fitur Terbaru, dan Keunggulannya"