Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Registry, Registrar, Registrant, serta Perbedaannya

Pengertian Registry
Registry
Pengertian Registry
Registry adalah istilah untuk menyebut perusahaan atau organisasi yang memiliki tugas untuk mengelola dan menerbitkan top level domain (TLD) di Internet. Registry tidak memiliki tugas memasarkan maupun menjual nama domain TLD ke ranah publik secara langsung.

Organisasi yang bersifat independen ini juga bertugas mengatur segala kebijakan penggunaan, ketentuan, serta persyaratan untuk tiap-tiap nama domain yang sudah mereka terbitkan.

Pengertian Registrar
Registrar domain adalah organisasi atau badan komersial yang bertugas menjadi tempat pendaftaran nama domain yang sudah diakreditasi oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) atau pengelola domain ccTLD yang melibatkan kode negara tertentu.

Registrar menawarkan layanan jual-beli nama domain kepada publik.

Pengertian Registrant
Registrant adalah istilah untuk seseorang, organisasi, atau perusahaan yang membeli nama domain. Jadi, jika saat ini Anda sudah memiliki nama domain TLD maka Anda disebut Registrant.

Sebagai end user atau pengguna produk domain, Registrant diberikan akses untuk bisa mengubah domain name server (DNS) melalui halaman panel yang sudah disediakan oleh Registrar tempat pembelian nama domain.

Setiap perubahan DNS tersebut kemudian di rekam oleh Registrar sebagai bahan laporan yang diajukan kepada Registry sebagai pemilik hak untuk merubah database DNS.

Sistem inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa setiap kita melakukan perubahan name server memerlukan waktu propagasi sekitar 24 jam sebelum akhirnya domain benar-benar mengarah dengan sempurna ke hosting baru.
 
Perbedaan Registry, Registrar, dan Registrant
1. Registry adalah organisasi yang bertugas meregulasi penggunaan TLD dan mencatat setiap pendaftaran domain juga DNS setting-nya.
2. Kemudian Registrar adalah organisasi yang bertugas untuk mendelegasikan pelayanan registrasi domain secara komersial kepada Registrar.
3. Sedangkan Registrant adalah pihak yang menggunakan jasa registrar untuk melakukan registrasi domain.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Registry, Registrar, Registrant, serta Perbedaannya"