Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Internet Clean Pipe Technology: Pengertian, DDos Attack, Fungsi, Manfaatnya

Pengertian Internet Clean Pipe Technology
Internet Clean Pipe Technology
Pengertian Internet Clean Pipe Technology
Internet Clean Pipe Technology adalah solusi mitigasi DDoS parsial untuk bisnis online dan situs web kritis yang memerlukan perlindungan waktu nyata (real time) terhadap serangan DDoS volumetrik. Serangan DDoS (Distributed Denial-of-Service) ini menciptakan waktu henti, biaya bandwidth, dan kehilangan pelanggan, yang pada akhirnya menyebabkan kerugian finansial yang parah.

Tujuan utama dari solusi perlindungan anti-DDoS ini adalah untuk memblokir lalu lintas serangan volumetrik sebelum memasuki pipa data organisasi, memungkinkan layanan web tetap tersedia untuk pengguna yang sah. Tanpa perlindungan semacam itu, serangan DDoS bervolume besar dapat menyumbat pipa Internet organisasi dan menghabiskan semua bandwidth yang tersedia.

Untuk menjaga pipa tetap bersih, semua lalu lintas harus melewati pusat pembersihan atau scrubbing center yakni tempat lalu lintas berbahaya diidentifikasi dan dipisahkan sehingga hanya lalu lintas yang sah yang dapat masuk ke server.

Pengertian DDos Attack
DDos Attack (Distributed Denial-of-Service) adalah serangan dunia maya di mana pelaku berusaha membuat mesin atau sumber daya jaringan tidak tersedia bagi pengguna yang dituju dengan mengganggu layanan host yang terhubung ke Internet untuk sementara atau tanpa batas.

Denial of service biasanya dilakukan dengan membanjiri mesin atau resource yang ditargetkan dengan permintaan yang berlebihan dalam upaya untuk membebani sistem dan mencegah beberapa atau semua permintaan yang sah agar tidak terpenuhi.

Dalam serangan DDoS, lalu lintas masuk yang membanjiri korban berasal dari berbagai sumber. Serangan ini secara efektif membuat tidak mungkin menghentikan serangan hanya dengan memblokir satu sumber. Serangan DoS atau DDoS dapat dianalogikan dengan sekelompok orang yang memenuhi pintu masuk toko, sehingga menyulitkan pelanggan yang sah untuk masuk, sehingga mengganggu perdagangan.

Pelaku kriminal serangan DoS sering menargetkan situs atau layanan yang dihosting di server web profil tinggi seperti bank atau gateway pembayaran kartu kredit atau berbagai motivasi penyerangan lainnya.
 
Fungsi Internet Clean Pipe Technology
Internet Clean Pipe secara khusus dirancang untuk mendeteksi serangan DDoS, apakah serangan itu membanjiri jaringan (serangan volumetrik), atau gangguan aplikasi online (serangan lapisan aplikasi). Berikut beberapa fungsi Internet Clean Pipe Technology di antaranya,
1. Firewall aplikasi. Kontrol lalu lintas bergantung pada aplikasi yang menghasilkannya dan identitas pengguna maka perlu adanya integrasi dengan sistem direktori perusahaan.
2. Pemfilteran web. Membatasi pemaparan ke konten berbahaya dan menerapkan kebijakan penggunaan internet perusahaan. Basis data URL selalu diperbarui dan dilaporkan oleh platform Intelijen keamanan global
3. Perlindungan terhadap ancaman. Pencegahan dari gangguan dan pemblokiran malware. Ini termasuk pada fungsionalitas pencegahan kebocoran informasi berdasarkan jenis dan pola file.
4. Perlindungan ancaman tingkat lanjut. Layanan sandbox yang mampu mengidentifikasi malware zero-day melalui analisis statis dan dinamis terhadap perilaku file dan tautan.
5. Portal layanan. Terintegrasi pada platform manajemen layanan keamanan terpadu setiap penyedia layanan perlindungan dengan akses ke laporan dan dasbor secara real time.
 
Manfaat Internet Clean Pipe Technology
Manfaat dari Internet Clean Pipe Technology di antaranya,
1. Perlindungan akses internet penuh berdasarkan teknologi keamanan terbaik.
2. Pengurangan biaya, karena tidak perlu berinvestasi dalam perangkat keras, perangkat lunak, pemeliharaan, atau pengoperasian.
3. Layanan yang skalabel berdasarkan virtualisasi, dengan redimensi yang efisien, selaras dengan perubahan apa pun dalam persyaratan aliran untuk layanan internet berlangganan.
4. Hampir 100% dalam ketersediaan layanan berkat arsitektur ketersediaan tinggi.
5. Portal klien dengan laporan dan dasbor waktu nyata.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Internet Clean Pipe Technology: Pengertian, DDos Attack, Fungsi, Manfaatnya"