Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Figma: Pengertian, Fitur Terbaik, dan Kelebihannya

Pengertian Figma
Figma
Pengertian Figma
Figma adalah sebuah tools desain dan prototype berbasis cloud untuk proyek digital. Figma merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat desain secara bersama-sama dengan anggota tim lainnya.

Figma akan memudahkan kerja sama antar tim dalam proses membuat, menguji, dan mengirim desain jadi lebih mudah. Dalam membuat sebuah desain UI atau UX suatu aplikasi atau website, Figma memiliki sejumlah tools yang dapat memudahkan setiap fase dalam proses tersebut.

Aplikasi ini beroperasi pada sistem desktop untuk Mac OS dan Windows. Aplikasi pendamping Figma Mirror untuk Android dan iOS memungkinkan pengguna mendemonstrasi prototype Figma pada perangkat seluler.
 
Fitur Terbaik Figma
Figma menawarkan banyak fitur serta dukungan dalam mengembangkan desain web yang unik dan berkualitas di antaranya,
1. Tata letak otomatis. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengembangkan tata letak yang responsif. Fitur ini juga menawarkan fleksibilitas karena kemampuannya untuk menyesuaikan secara otomatis berdasarkan konten pengguna.
2. Perpustakaan yang dapat diakses. Selanjutnya adalah fitur yang terdiri dari perpustakaan yang dapat diakses dengan mudah oleh semua anggota tim.
3. Fitur ekspor. Dukungan dan fitur format ini memungkinkan pengguna untuk mengekspor desain mereka dalam berbagai format.
4. Jaringan vektor yang kuat. Ini adalah merupakan fitur yang andalan karena adanya alat pena dan pensil modern yang menyempurnakan gambar ke segala arah.
5. Desain busur instan. Figma memiliki alat busur yang dapat digunakan untuk mendesain layar arloji, jam, atau diagram lingkaran.
6. Pilihan plugin. Plugin mungkin bagian tak terpisahkan karena itu Figma menyadari hal ini dengan menyediakan plugin untuk membantu desainer dalam menggambar alur, bagan, citra stok, dan aksesibilitas warna.
7. Cukup fleksibel. Figma memiliki gaya yang fleksibel dan konsisten seperti kisi, efek, teks, dan warna. Ini dapat diterapkan ke objek atau teks apa pun.

Kelebihan Figma
Selain fitur kolaborasi yang menjadi keunggulan pertama dari Figma, terdapat beberapa kelebihan dibandingkan dengan aplikasi sejenis di antaranya,
1. Kemudahan membuat desain
Figma adalah gabungan dari aplikasi kolaborasi design yang sudah ada sebelumnya. Fitur-fitur desain yang dimilikinya dibuat sangat modern, contoh fitur modern pen tool, Anda tidak perlu menyambungkan lagi pada titik awal garis.
2. Kemudahan membuat prototype
Walaupun banyak aplikasi untuk membuat prototype/mockup lain, tetapi Figma masih menjadi pilihan. Fitur prototype memudahkan para desainer untuk membuat prototype desain dengan rekan satu tim. Kemudian bisa dengan mudah membagikannya kepada klien untuk menerima feedback/masukan tentang desain.

3. Design systems
Keunggulan dari Figma dari sisi desain sistemnya yang lebih mudah. Anda bisa manajemen siapa saya yang bisa berkontribusi untuk berkolaborasi mendesain, mengedit dan melihat saja. Dari segi manajemen aset juga lebih baik karena Anda bisa dengan mudah mencari dan mengakses seluruh aset yang dimiliki.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga

Kamus Sosiologi

Dani Ramdani
Dani Ramdani Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Figma: Pengertian, Fitur Terbaik, dan Kelebihannya"