Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Katalog Produk, Fungsi, Ciri, Isi, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Katalog Produk, Fungsi, Ciri, Isi, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangannya


A. Pengertian Katalog Produk

Katalog dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah carik kartu, daftar, atau buku yang memuat nama benda atau informasi tertentu yang ingin disampaikan, disusun secara berurutan, teratur, dan alfabetis. Katalog produk dalam KBBI adalah daftar barang yang dilengkapi dengan nama, harga, mutu, dan cara pemesanannya.

Katalog dari bahasa Yunani Kuno “Catalogus” / “Katalogos” artinya penyebutan satu demi satu atau daftar, daftar benda atau barang yang disusun dengan tujuan tertentu. Secara umum katalog produk adalah daftar informasi produk perusahaan yang disertai keterangan atau penjelasan dalam bentuk lembaran, kartu, buku dan bentuk lainnya.

Katalog produk merupakan salah satu alat yang digunakan sebagai alat publikasi guna mempromosikan barang dagangan atau produk yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Melalui katalog produk, perusahaan dapat menyampaikan secara rinci setiap produk atau jasa yang disediakan atau dijual oleh perusahaan secara langsung kepada para pelanggan.

Katalog produk merupakan media informasi dari perusahaan yang berisikan koleksi serta daftar produk yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Katalog produk dikenal praktis dalam menyampaikan semua jenis informasi karena pada umumnya katalog juga bisa dikatakan sebagai alat presentasi dari fitur-fitur pada perusahaan.

Di dalam katalog produk juga terdapat tentang bagaimana hubungan perusahaan dengan pelanggan, profil perusahaan, dan yang paling penting ialah menjelaskan kualitas dari suatu produk atau jasa dari perusahaan tersebut.

B. Fungsi Katalog Produk
1. Berguna untuk menawarkan atau memasarkan barang dagangan atau produk yang dimiliki oleh perusahaan. Dengan menunjukkan berbagai jenis produk yang disajikan, kegunaan atau fungsi dari produk tersebut, dan apa saja kategori dari produk tersebut.
2. Sebagai media promosi yang efisien dan efektif, dikatakan efektif karena dengan menyediakan berbagai macam gambaran produk maka pelanggan akan lebih mudah untuk menemukan produk yang diinginkan dari perusahaan Anda.

Disisi lain apabila ingin mendapatkan katalog yang efektif harus menciptakan jenis katalog yang menarik dan berbobot. Katalog produk yang diciptakan tersebut harus memiliki daya tarik yang cukup unik dalam membujuk atau mempengaruhi pada pelanggan supaya berubah pikiran dan berminat untuk membeli produk yang dipasarkan.
3. Fungsi katalog lainnya yang sangat berperan penting yaitu dapat menekan biaya untuk promosi atau pemasaran beberapa produk, biasanya hal yang umum terjadi apabila tidak adanya katalog produk para produsen saat ingin memasarkan produk mereka kepada toko pengecer atau toko grosir lainnya, hal tersebut memerlukan tahap menawarkan produk terbarunya kepada setiap toko yang diinginkan kemudian dipilih dahulu oleh si toko tersebut.

Apabila si pemilik toko tersebut berminat barulah pihak produsen dapat mengirimkan produk sesuai yang dipesan. Namun dengan menggunakan katalog, cukup dengan satu katalog kemudian disebar di beberapa tempat para konsumen akan mengenal produk yang sedang Anda pasarkan atau dijual.
4. Fungsi katalog produk yang terakhir yaitu sebagai pemicu motivasi bagi agen penjualan yang cukup ampuh. Melalui katalog produk para produsen pastinya akan lebih termotivasi dalam hal jaringan penjualannya. Oleh sebab itu diperlukan katalog produk yang menarik agar dapat memotivasi para agen penjualan.

C. Ciri Katalog Produk
Untuk dapat membedakan antara katalog dengan media promosi cetak lainnya di antaranya,
1. Tampilnya bersifat fleksibel tidak kaku.
2. Mengandung isi konten yang mudah dipahami atau diketahui.
3. Murah dalam perawatan dan pembuatannya.
4. Musti kompak, artinya semua data dan atau informasi harus tersaji.

D. Isi Katalog Produk
Selain informasi mengenai produk, dalam katalog produk juga dapat memberikan informasi penting seperti jasa, nama perusahaan, alamat website, email, nomor telepon, logo perusahaan dan alamat perusahaan.

Pada bagian produk selain menempatkan nama dan gambar produk, Anda juga dapat menjelaskan kelebihan atau keunggulan produk, fitur, berat, dimensi, warna, harga, kode produk, detail lainnya yang penting untuk diketahui pembaca (50-150 kata).

Dalam pembagian produk Anda juga dapat membaginya berdasarkan kategori, jenis, tingkatan, urutan abjad, bentuk dan lainnya. Dengan membagi produk dalam suatu kelompok akan membuat katalog produk menjadi rapi dan menjadi mudah untuk dipahami pembaca.

Di mana di awal halaman akan terdapat daftar isi produk sesuai nomor halamannya. Daftar isi memiliki fungsi untuk mempermudah pembaca katalog untuk mengetahui isi keseluruhan katalog berdasarkan poin yang telah ditentukan dan dapat juga langsung menuju halaman tertentu.

E. Manfaat Katalog Produk
1. Bagi Konsumen
a. Konsumen dapat melihat informasi produk dengan lebih detail tanpa harus melakukan pengecekan produk satu persatu.
b. Konsumen dapat melakukan persiapan pembelanjaan sebelum memutuskan membeli produk yang diinginkan.
c. Mendapatkan informasi produk terbaru suatu perusahaan. Di mana konsumen dapat mengetahui informasi harga produk terbaru, promosi produk terkini serta informasi penting lainnya.
d. Katalog produk dapat membantu konsumen untuk membandingkan produk satu dengan yang lain atau bahkan membandingkan sebuah produk perusahaan A dengan perusahaan B.
e. Dapat menjadi acuan harga, apakah harga di katalog sesuai dengan harga produk yang dijual.

2. Bagi Perusahaan
a. Sebagai sarana promosi produk dan perusahaan yang efisien, efektif dan hemat biaya.
b. Katalog produk dapat membantu perusahaan secara tidak langsung berkomunikasi dengan konsumen. Di mana pihak perusahaan tidak perlu membuang banyak waktu untuk menjawab pertanyaan yang umum ditanyakan konsumen.
c. Katalog membantu mempercepat penyebaran informasi produk perusahaan dengan menjangkau lebih banyak pasar.
d. Dengan adanya katalog, maka akan membantu mengurangi terjadinya penyalahgunaan harga dan produk yang dijual.

F. Kelebihan dan Kekurangan Katalog Produk
Di era sekarang ini penggunaan Katalog khususnya katalog produk masih sangat dibutuhkan. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan katalog produk konvensional dalam bentuk media cetak juga harus dijalankan bersamaan dengan E-Katalog atau katalog digital berupa website, aplikasi dan pdf.

Di mana perkembangan digital membuat perusahaan sebaiknya menyediakan akses informasi produk dengan lebih mudah dan cepat.
1. Kelebihan Menggunakan Katalog Produk
Kelebihan menggunakan katalog produk dalam bentuk media cetak di antaranya,
a. Dapat dibaca dalam waktu lama dan mudah untuk disimpan.
b. Lebih menarik karena menampilkan informasi dengan yang dibutuhkan dengan detail pada sebuah halaman.
c. Katalog dapat dibaca di mana pun, kapan pun dan dapat menjadi koleksi serta rekam jejak produk suatu perusahaan.

2. Kelemahan Menggunakan Katalog Produk
Kelemahan menggunakan katalog produk dalam bentuk media cetak di antaranya,
a. Pemberian katalog produk terkadang tidak tepat sasaran. Contohnya pembagian katalog promosi produk swalayan yang dibagikan ke setiap rumah sekitar. Di mana belum tentu warga rumah sekitar memang membeli produk di swalayan tersebut.
b. Tidak mendukung Go Green karena menggunakan kertas sebagai bahan untuk mencetak katalog produk. Karena terkadang katalog hanya dilihat dan kemudian dibuang begitu saja.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Interaksi Sosial dalam Dinamika Kehidupan Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Hubungan Sosial (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.1 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial
6. Materi Ringkas Interaksi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Katalog Produk, Fungsi, Ciri, Isi, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangannya"