Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Sumber Energi Alternatif, Jenis, Manfaat, dan Contohnya

Pengertian Sumber Energi Alternatif, Jenis, Manfaat, dan Contohnya


A. Pengertian Sumber Energi Alternatif

Sumber energi alternatif merupakan sebuah istilah yang merujuk pada semua energi yang tujuannya untuk menggantikan bahan bakar konvensional. Berbeda dengan bahan bakar fosil, energi alternatif tidak akan pernah habis. Istilah energi alternatif digunakan untuk mengurangi bahan bakar hidrokarbon yang mengakibatkan kerusakan lingkungan akibat emisi karbon dioksida yang tinggi yang berkontribusi besar terhadap pemanasan global.

Penggunaan energi alternatif bertujuan untuk mengurangi pada ketergantungan dari sumber yang pertama yang telah menjadi pemasok sumber energi utama. Selain itu juga bertujuan untuk menggantikan penggunaan sumber energi utama seperti bahan bakar dan sejenisnya yang bisa habis karena dipakai secara terus menerus. Bahan bakar ini diperoleh dari penambangan sisa-sisa makhluk hidup yang tertimbun jutaan tahun lalu. Proses terbentuknya bahan bakar ini sangat lama.

B. Jenis Sumber Energi Alternatif
Berikut merupakan sumber energi yang dapat dimanfaat menjadi berbagai sumber kehidupan pada manusia di antaranya,
1. Sumber Energi Biomassa
Sumber Energi Biomassa merupakan jenis sumber energi yang termasuk terbarukan, atau sebuah energi yang berasal dari bahan alami seperti kelapa sawit, batang padi, ampas tebu, dan limbah-limbah pertanian lainnya. Keuntungan energi biomassa, mampu menyediakan energi yang sifatnya berkelanjutan, sehingga dapat dimanfaatkan dalam waktu jangka panjang.

2. Sumber Energi Alternatif Matahari
Energi Alternatif Matahari merupakan sumber energi alternatif yang terbilang terbesar di muka bumi ini, jenis sumber energi matahari termasuk jenis sumber energi panas yang mampu diubah menjadi berbagai energi, salah satunya energi listrik panel surya. Dengan cara mengkonversikan cahaya panas matahari menjadi energi listrik, dengan mengubah sel panel surya dan dengan bantuan elemen semikonduktor seperti lapisan tipis elemen konduktor. Manfaat sumber energi matahari lainnya, dapat dimanfaatkan sebagai sumber penghangat pada tubuh manusia, dapat membantu proses pertumbuhan pada tanaman. Serta mampu membantu pekerjaan manusia salah satunya untuk pengering.

3. Sumber Energi Alternatif Angin
Energi angin atau energi potensial merupakan salah satu sumber energi yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, salah satunya energi alam ini mampu dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik.
Dengan cara menggunakan sebuah kincir angin, sehingga mampu menggerakkan generator yang sudah terhubung dengan kincir angin tersebut. Dengan begitu makan terciptalah energi listrik tenaga angin. Manfaat lain pada angin yakni mampu membantu penyerbukan pada tumbuhan serta mampu memberikan oksigen alami bagi kita manusia.

4. Sumber Energi Alternatif Ethanol
Ethanol merupakan sumber energi dengan berbasis jenis alkohol yang berasal dari bahan alami yakni tanaman yang sudah difermentasi, contoh seperti tanaman gandum, jagung, tetes tebu, dan masih banyak lagi. Selain itu jenis bahan bakar ethanol ini dapat dicapurkan dengan bahan lain seperti bensin yang tujuannya untuk meningkatkan Oktan dan Kualitas Emisi.

5. Sumber Energi Alternatif Gelombang Laut
Sebuah gelombang laut, merupakan salah satu energi yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif yang mampu diubah menjadi energi listrik. Namun dalam pembangunan ini memang dapat memakan biaya yang cukup besar guna untuk membangun sebuah reaktor listrik.

6. Sumber Energi Alternatif Geothermal
Geothermal merupakan sumber energi alternatif yang berasal dari energi alam dengan memanfaatkan energi dari panas bumi seperti uap panas bumi, air panas bumi, dan batuan-batuan kering. Kelebihan energi alternatif ini mampu menggandakan 2×4 dari jumlah listrik biasanya, jenis sumber energi ini dapat kita temui di pegunungan-pegunungan, salah satunya di daerah Dieng Wonosobo (Jawa Tengah).

7. Sumber Energi Alternatif Biofuel
Sumber energi alternatif biofuel, merupakan jenis energi yang berasal dari bahan tanaman. Seperti jarak, jagung, padi, tetes tebu, dan lainya. Energi ini juga dapat digunakan sebagai bahan bakar, yang disebutnya dengan Bioful. Namun jenis energi ini hanya dapat dimanfaatkan untuk energi pengganti bahan bakar motor minyak saja, selain itu jenis energi ini tidak cocok untuk kendaraan yang membutuhkan kecepatan tinggi.

8. Sumber Energi Alternatif Panas Bumi (Geothermal)
Panas Bumi merupakan sebuah sumber energi alternatif yang dapat dimanfaat sebagai salah satu pembangkit energi listrik dengan jangka panjang. Sumber energi panas bumi ini timbul karena adanya aktivitas dari gunung berapi. Jenis energi ini mengandung tiga sumber energi alam yakni air bebatuan panas, uap panas, dan udara yang panas. Dari masing-masing ini sama dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif untuk pembangkit listrik dan lainnya.

9. Sumber Energi Alternatif Gas Alam
Gas alam merupakan salah satu gas yang keluar dari bumi, gas alam ini juga ternyata dapat dimanfaat sebagai salah satu sumber energi alternatif. Dengan kata lain energi gas alam tersebut dapat dijadikan sebagai sumber energi pembangkit listrik dan lainnya. Pada dasarnya gas alam terdiri atas campuran Hidrokarbon, yang mempunyai sebuah tekanan yang tinggi. Contoh saja seperti gas alam yang sudah jadi seperti LPG atau yang dikenalnya dengan gas yang biasa dipakai untuk memasak. Selain itu gas alam pun dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk menyalakan mesin, serta sebagai sumber energi pembangkit listrik.

10. Sumber Energi Alternatif Hidrogen
Hidrogen merupakan salah satu sumber energi alternatif yang dapat dijadikan sebagai bahan bakar pengganti untuk mesin sepeda motor atau yang dikenalnya dengan BBM. Selain itu jenis energi hidrogen dapat dijadikan sebagai sumber untuk menggerakkan dinamo mesin yang mampu mengolah menjadi tenaga listrik.

11. Energi Alternatif Energi Nuklir (Uranium)
Energi nuklir adalah sebuah energi yang mampu menghasilkan berbagai energi lainnya. Seperti halnya dengan listrik yang juga berasal dari energi nuklir namun masih banyak lagi. Energi nuklir mampu menghasilkan energi listrik melalui reaksi besar yang berasal dari sebuah bahan energi radioaktif yang timbul di dalam reaktor, energi ini memang energi yang memang sangat besar dan laur biasa. Dalam hal ini 1 gram dalam bahan radioaktif mampu menghasilkan energi listrik sebesar 50.000 kwh / jam. Sebab itulah nuklir sangat baik untuk membangkitkan listrik.

12. Sumber Energi Alternatif Udara
Udara merupakan sumber energi yang tentunya dapat kita manfaatkan untuk berbagai kebutuhan, salah satunya untuk membangkitkan Listrik tenaga udara. Manfaat lain sumber energi udara di antaranya,
a. Udara atau angin mampu menggerakkan turbin hingga menghasilkan listrik.
b. Dapat dimanfaatkan untuk pengering alami pada pakaian.
c. Mampu menjalankan perahu layar dengan tanpa menggunakan mesin canggih.
d. Dan masih banyak lagi

C. Manfaat Sumber Energi Alternatif
1. Sumber Energi yang Tidak Pernah Habis
Manfaat sumber daya energi alternatif terbesar bagi masyarakat adalah secara umum kehadirannya tidak akan pernah habis. Pasalnya, bahan bakar fosil yang dikenal seperti gas, minyak, dan batu bara sudah semakin sulit untuk diperoleh dan digunakan dalam jangka waktu lama. Sedangkan matahari, air, dan angin yang menjadi sumber energi alternatif tidak akan pernah habis dan menjadi solusi bagi negara-negara berkembang karena tidak tersedianya bahan bakar fosil untuk generasi-generasi berikutnya di masa depan.

2. Mengurangi Pemanasan Global
Bertahun-tahun manusia telah mencemari lingkungan dengan berbagai bahan kimia yang berbahaya dan emisi karbon dioksida. Pencemaran ini telah memberikan dampak terhadap penipisan lapisan ozon, pemanasan global, hingga kepunahan flora dan fauna. Maka, dengan adanya penggunaan energi alternatif terbarukan ini, manusia dapat mengurangi hingga menghilangkan berbagai macam faktor penyebab rusaknya alam. Adanya sumber energi alternatif membantu manusia untuk mengatasi berbagai macam dampak negatif terhadap lingkungan, salah satunya pemanasan global.

3. Menghemat Sumber Daya hingga Biaya
Banyak orang yang mengira bahwa energi alternatif merupakan sumber energi yang mahal dan boros dari sisi finansial. Sedangkan batu bara, minyak, dan gas diyakini sebagai salah satu pilihan sumber energi yang terjangkau. Padahal, sumber daya alternatif lebih memiliki banyak manfaatnya dan hemat dalam jangka panjang seperti menghemat biaya maintenance, isi ulang, hingga penggunaan bahan bakarnya sendiri.

Memang, saat awal pemasangan di awal sumber energi relatif mahal, tapi manfaatnya akan banyak dirasakan setelahnya. Contohnya saat memasang pompa submersible tenaga surya yang bisa mahal dari segi harga barang dan panel tenaga suryanya, tapi tentu saja kamu tidak perlu terus bergantung pada listrik, menggunakan sinar matahari sudah cukup dan akan selalu ada setiap hari dan dinikmati secara gratis.

4. Meningkatkan Kesehatan Masyarakat
Hasil dari penggunaan bahan bakar fosil banyak memberikan dampak negatif dan polusi yang menjadi penyebab utama munculnya penyakit dan berbagai kondisi kesehatan yang buruk masyarakat. Sedangkan, energi alternatif adalah energi yang bersih dan mampu mencegah timbulnya polusi. Tidak ada polusi dari penggunaan air, cahaya matahari, angin, dan lain sebagainya. Sedangkan penggunaan minyak bumi dan batu bara telah memberikan dampak secara tak langsung pada masalah pernapasan, kanker, hingga penyakit lainnya.

5. Menciptakan Lapangan Kerja
Dilansir dari Forbes, lapangan pekerjaan di bidang energi terbarukan tumbuh sebesar 3,6% di tahun 2018 atau sekitar 110.000 pekerjaan baru. Bahkan, angka tersebut terus mengalami peningkatan hingga saat ini. Tentu saja, dengan adanya energi terbarukan atau alternatif dibutuhkan banyak tenaga kerja spesialis dibandingkan penggunaan energi konvensional yang kita tahu selama ini.

D. Contoh Pemanfaatan Energi Alternatif
1. Panel surya untuk mengubah panas matahari menjadi listrik
2. Biomassa untuk bahan bakar kendaraan
3. Angin dan ombak untuk menyalakan generator dan turbin
4. Panas matahari untuk mengisi daya power bank
5. Kompor surya mengubah panas matahari untuk memasak makanan
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian Sumber Energi Alternatif, Jenis, Manfaat, dan Contohnya"