Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Minyak Bumi: Pengertian, Asal Usul, Proses Pembentukan, Komponen, Hasil Olahan, dan Manfaatnya

Minyak Bumi: Pengertian, Asal Usul, Proses Pembentukan, Komponen, Hasil Olahan, dan Manfaatnya


A. Pengertian Minyak Bumi

Minyak bumi adalah suatu campuran cairan yang terdiri dari berjuta-juta senyawa kimia. Paling banyak adalah senyawa hidrokarbon. Senyawa ini terbentuk dari dekomposisi yang dihasilkan oleh fosil tumbuh-tumbuhan dan hewan.

Minyak bumi sebagai salah satu sumber daya penting memiliki beragam manfaat, mulai dari bahan baku industri, bahan bakar kendaraan, bahan pembuat perabotan rumah tangga, hingga sebagai bahan produk kecantikan dan kesehatan.

Sumber daya yang satu ini berasal dari berbagai macam sisa-sisa organisme laut, seperti tumbuhan dan hewan mengendap di dasar laut. Butuh waktu yang sangat lama untuk proses pembentukan minyak bumi.

Minyak Bumi Menurut Para Ahli
Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi. Minyak Bumi adalah hasil proses alami berupa hidrokarbon yang dalam kondisi tekanan dan temperatur atmosfer berupa fasa cair atau padat, termasuk aspal, lilin mineral atau ozokerit, dan bitumen yang diperoleh dari proses penambangan, tetapi tidak termasuk batubara atau endapan hidrokarbon lain yang berbentuk padat yang diperoleh dari kegiatan yang tidak berkaitan dengan kegiatan usaha Minyak dan Gas Bumi.


B. Asal Usul Minyak Bumi
Minyak bumi berasal dari berbagai bentuk organisme yang mati di dalam tanah. Campuran kompleks senyawa organik yang terdiri atas senyawa hidrokarbon dan non hidrokarbon dari sisa-sisa mikroorganisme, tumbuhan, dan binatang tertimbun selama berjuta-juta tahun disebut sebagai minyak bumi.

Senyawa kimia minyak bumi terdiri dari unsur-unsur karbon, hidrogen, oksigen, sulfur, halogenida, dan logam. Minyak bumi mengandung komponen hidrokarbon dan non hidrokarbon sebesar 50-98%.

Beberapa organisme yang dimaksud ialah berbagai alga dan plankton yang terkubur di dalam tanah. Proses ekstraksi minyak bumi membutuhkan tahapan yang panjang dan rumit sehingga penggalian tidak bisa dilakukan sembarangan.

Penggalian minyak bumi dengan tahapan yang panjang dan rumit membutuhkan alat berat. Jika sudah berhasil diambil, maka tahapan selanjutnya ialah proses pengolahan yang menghasilkan berbagai bentuk bahan bakar berbeda.

Tidak semua negara memiliki sumber daya alam yang sama. Beberapa negara di antaranya memiliki kekayaan alam yang lebih seperti minyak bumi. Kemudian sebagian besar negara dengan sumber daya alam minyak menjadi negara yang kaya dan maju karena minyak merupakan salah satu komoditas mahal.

Hal tersebut membuat setiap negara berjuang untuk mencari sumber daya minyak baru untuk dimanfaatkan. Beberapa negara produsen minyak bumi terbesar ialah Amerika Serikat, Arab Saudi, Rusia, Kanada, dan China. Salah satu negara penghasil minyak mentah terbesar di dunia adalah Amerika Serikat. Negara tersebut mampu menghasilkan 19 juta barel minyak per harinya.

Amerika Serikat berhasil menempati angka 19% dari keseluruhan produksi minyak mentah di dunia dengan jumlah tersebut. Selain itu, Amerika Serikat sebagai Negara Adikuasa menjadi negara pengimpor minyak mentah dengan cadangan minyak paling besar di seluruh dunia.

Kemudian Arab Saudi menjadi salah satu negara kaya penghasil minyak mentah dengan jumlah yang cukup besar. Negeri minyak ini mampu memproduksi sekitar 11 juta barel minyak setiap harinya.

Jumlah tersebut membuatnya menjadi negara kedua penghasil minyak terbesar di dunia. Negara dengan dua pesisir penting ini mengandalkan minyak bumi sebagai penghasilan utama. Jika penjualan minyak mentah semakin berkurang, maka negara tersebut akan goyang.

Selanjutnya, Rusia menempati posisi sebagai negara produsen minyak terbesar ketiga di dunia. Selain itu, Rusia merupakan salah satu negara penghasil gas bumi terbesar yang diekspor ke berbagai negara. Saat ini, Rusia mampu menghasilkan 11 juta barel minyak per harinya.

Kemudian Kanada merupakan salah satu negara yang memiliki cadangan minyak bumi berjumlah besar. Negara yang berpapasan langsung dengan Amerika Serikat ini mampu menghasilkan minyak dengan kapasitas 5 juta barel per hari. Jumlah tersebut setara dengan 5% dari total penghasil minyak di dunia.

China sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia memiliki sumber cadangan minyak bumi yang banyak pula. Negeri Tirai Bambu ini mampu menghasilkan minyak dengan kapasitas 4 juta  barel per harinya. Jumlah tersebut setara dengan 4% dari total penghasil minyak di dunia.

Kemudian Indonesia sebagai Negeri Seribu Pulau kaya akan sumber daya alam termasuk minyak bumi. Lokasi pengeboran minyak bumi di Indonesia terletak di berbagai wilayah, seperti Cepu, Cirebon, Wonokromo, Aceh, Riau, Tarakan, Balikpapan, dan Papua.

C. Proses Pembentukan Minyak Bumi
Minyak bumi terbentuk dari pelapukan berbagai macam sisa-sisa organisme, seperti tumbuhan, hewan, dan jasad-jasad renik yang sudah tertimbun dalam dasar lautan bersama lumpur selama jutaan tahun lamanya. Lumpur tersebut akan berubah menjadi berbagai batuan sedimen yang berpori, sedangkan sisa-sisa organisme akan bergerak ke tempat yang tekanannya rendah dan terkumpul pada sebuah daerah perangkap, yaitu batuan kedap.

Gas alam, minyak, dan air akan terakumulasi sebagai deposit minyak bumi. Pada rongga bagian atas ada gas alam, sedangkan cairan minyak mengambang di atas deposit air. Karena asal minyak bumi terbentuk dari sisa-sisa organisme, minyak bumi dan gas alam sering juga disebut sebagai bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil tergolong sumber daya alam yang tak terbarukan. Proses terbentuknya minyak bumi yang sangat lama menjadi alasan dari hal ini.

D. Komponen Minyak Bumi
Sebelum akhirnya dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari, minyak bumi masih dalam bentuk crude oil atau minyak mentah. Adapun ciri minyak bumi adalah dari segi warnanya coklat pekat dan kental dan perlu di proses kembali agar bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa komponen penyusun minyak bumi disusun oleh campuran kompleks hidrokarbon yang umumnya terdiri dari tiga elemen utama di antaranya,
1. Hidrokarbon alifatik yang sifatnya jenuh dan berwujud alkana
2. Hidrokarbon aromatik yang berwujud benzena
3. Hidrokarbon sikloalkana yang berbentuk siklpentana dan juga sikloheksana.
4. Tidak hanya kompleks hidrokarbon, senyawa lain penyusun minyak bumi antara lain adalah nitrogen, oksigen, belerang dan juga organo logam.

E. Hasil Olahan Minyak Bumi
Beberapa hasil olahan minyak bumi yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari di antaranya,
1. LPG
Saya dan Anda tidak bisa lepas dari adanya gas LPG untuk kebutuhan konsumsi setiap harinya. Gas LPG adalah hasil olahan minyak bumi yang dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Di dalamnya terdapat komponen etana, butana, propana dan pentane yang kemudian ditambahkan dengan sedikit komponen pembau yang disebut senyawa merkaptan untuk mengidentifikasi jika terjadi kebocoran gas.

2. Avtur dan Avgas
Avtur adalah bahan bakar pesawat terbang untuk jenis pesawat yang menggunakan mesin turbin dengan bahan dasar kerosin. Ada banyak keunggulan Avtur dibandingkan dengan bahan bakar yang lain.

Avtur berguna untuk mencegah hilangnya bahan bakar dalam jumlah yang lebih banyak dan juga berguna untuk mendukung penerbangan yang berkualitas untuk jarak yang lebih jauh. Ini tidak lain adalah karena avtur memiliki nilai volalitas yang lebih kecil jika dibandingkan dengan bahan bakar yang lain.

Sedangkan, untuk jenis pesawat dengan mesin pembakaran internal dan memakai piston, avgas adalah bahan bakar pesawat yang disarankan untuk digunakan. Avgas merupakan hasil pengembangan dari bensin berdasarkan volality, titik beku dan titik nyalanya.

3. Bensin
Komponen penting dalam bensin adalah oktana dan n-heptana. Semakin bagus kualitas bensinnya, ditentukan pula oleh banyaknya sedikitnya bilangan oktan yang ada di dalamnya. Agar bilangan oktan lebih banyak, perlu ditambahkan senyawa khusus seperti TEL dan MTBE.

4. Solar
Solar dimanfaatkan untuk proses pembakaran mesin diesel baik itu mesin yang digunakan untuk industri maupun untuk kepentingan pribadi. Tidak mudah menguap sebagaimana LPG dan memiliki kandungan sulfur yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kerosin maupun bensin.

5. Aspal
Anda tentu sudah familiar dengan aspal. Ini adalah bahan olahan minyak bumi yang memiliki karakter yang bersifat kental, berwarna coklat kehitaman, melekat, di dalamnya mengandung unsur klor, sulfur dan oksigen yang tinggi. Aspal tahan terhadap air dan mampu menyerap air hujan dengan baik.

Minyak bumi adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan cukup lekat manfaatnya bagi kehidupan kita sehari-hari. Masih banyak manfaat minyak bumi yang kita rasakan dan harus dijaga kelestariannya untuk generasi mendatang.

F. Manfaat Minyak Bumi
Dalam kehidupan umat manusia, minyak bumi menduduki peran yang sangat penting. Minyak bumi yang telah menjadi konsumsi masyarakat seluruh dunia mampu memengaruhi tingkat ekonomi secara langsung.
1. Bahan Bakar Kendaraan
Pertama, manfaat minyak bumi bagi kehidupan manusia ialah sebagai bahan bakar untuk melajukan kendaraan. Mesin konvensional pada kendaraan tentu membutuhkan bahan bakar yang berasal dan terbuat dari minyak bumi. Minyak bumi harus melalui beberapa proses penyulingan untuk mendapatkan komponen yang lebih ringan.

Setelah melalui proses penyulingan, minyak bumi akan menjadi bahan bakar residu, seperti solar, bensin, bensol, dan minyak tanah. Sebagai bahan bakar transportasi darat, laut, dan udara, minyak bumi menduduki peran penting bagi kelangsungan hidup manusia.

2. Konstruksi
Senyawa dari pengolahan minyak bumi berperan penting untuk memproduksi berbagai produk kimia. Selain bermanfaat sebagai bahan bakar kendaraan, minyak bumi juga bermanfaat bagi bidang konstruksi. Perlu diketahui bahwa minyak bumi menjadi salah satu bahan utama dalam pembuatan atap, cat, pipa, aspal, dan lain sebagainya.

3. Sumber Gas Cair
Gas merupakan produk harian yang kita digunakan untuk kebutuhan dapur. Selain berasal dari manfaat gas alam, gas cair atau LPG juga didapatkan melalui pengolahan minyak bumi. Gas cair merupakan produk bernilai tinggi dari sumber minyak bumi yang telah diolah dengan proses penyulingan dan pemurnian khusus.

4. Produksi Bahan Serat
Rayon, polyester, nilon, dan bahan tekstil sintetis merupakan beberapa jenis bahan serat yang menggunakan komponen minyak bumi. Sumber daya minyak bumi yang telah melalui berbagai tahapan pengolahan akan menghasilkan produk bahan serat.

Produksi bahan serat tersebut dapat digunakan untuk bahan pembuatan pakaian. Kain atau bahan tekstil yang berasal dari minyak bumi akan membuat pemakainya tetap hangat di musim dingin dan tetap sejuk di cuaca panas.

5. Perlengkapan Rumah Tangga
Selain bermanfaat untuk bahan pembuatan kain, minyak bumi menduduki peran utama sebagai bahan pembuatan perlengkapan rumah tangga. Minyak bumi diperlukan agar bahan-bahan perlengkapan rumah tangga dapat dibentuk dengan baik dan sempurna.

Manfaat minyak bumi dalam pembuatan perlengkapan rumah tangga jarang disadari. Minyak bumi kerap digunakan sebagai sumber panas untuk mengolah aluminium, baja, maupun besi. Kemudian alat memasak sebagai perabotan rumah diketahui menggunakan minyak bumi sebagai salah satu bahan pembuatnya.

Beberapa perlengkapan rumah tangga, seperti kunci pintu, kunci jendela, panel pintu, kulkas, dan kursi melibatkan minyak bumi dalam proses produksinya. Jadi, manfaat minyak bumi hadir di dalam kehidupan sehari-hari.

6. Bahan Campuran Keperluan Medis
Minyak bumi ternyata bermanfaat untuk keperluan medis. Dalam hal ini, minyak bumi kerap dipakai sebagai bahan pembuatan produk pembersih, obat-obatan, alat pelindung, dan alat keamanan tenaga medis.

Saat berkunjung ke rumah sakit, kita kerap melihat benda-benda medis yang memanfaatkan minyak bumi pada proses produksinya. Misalnya, alat suntik yang terbuat dari plastik juga membutuhkan campuran minyak untuk mendapatkan bentuk sesuai spesifikasi.

Minyak bumi dapat menghasilkan salah satu senyawa komponen dasar dalam produksi obat-obatan. Aspirin sebagai salah satu produksi obat-obatan diketahui mengandung komponen hidrokarbon minyak bumi.

7. Produk Kecantikan
Minyak bumi ternyata bermanfaat untuk pembuatan beberapa produk kecantikan, seperti parfum, cat kuku, make up, dan pewarna rambut. Selain itu, minyak bumi juga digunakan sebagai bahan untuk membuat beberapa produk, mulai dari sabun mandi, sikat gigi, dan sampo.

Kemudian beberapa kosmetik menggunakan hasil olahan minyak bumi sebagai campuran di dalamnya. Penggunaan minyak bumi pada beberapa produk kosmetik dapat membuat bentuk dan warna kilap yang indah agar penggunanya terlihat lebih menarik. Manfaat minyak bumi yang satu ini cukup banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

8. Membuat Peralatan Elektronik
Manfaat minyak bumi di bidang elektronik juga tak kalah penting. Beberapa peralatan elektronik juga memerlukan minyak bumi dalam proses pembuatannya.

Peralatan elektronik yang kerap dibungkus dengan kemasan plastik menggunakan campuran minyak di dalamnya. Sebagai bahan pembuat plastik, minyak bumi kerap digunakan untuk produk elektronik, seperti televisi, ponsel, komputer, dan berbagai produk elektronik lainnya.

9. Pertanian
Ternyata minyak bumi juga bermanfaat di bidang pertanian. Berbagai kebutuhan pertanian, seperti pupuk, pestisida, dan insektisida dibuat menggunakan campuran minyak bumi. Beberapa bahan kimia tersebut berperan penting untuk kegiatan pertanian agar produk makanan yang dihasilkan berkualitas tinggi.

Terdapat kandungan minyak pada campuran pestisida yang dapat membuat serangga menjadi takut. Pestisida sendiri berguna untuk melindungi tanaman dari berbagai gangguan hama dan serangga. Kemudian pupuk pertanian juga memanfaatkan senyawa hidrogen dari pengolahan minyak mentah.

10. Pembangkit Listrik
Minyak bumi memiliki manfaat sebagai sumber panas dalam pengolahan atau pembangkitan listrik. Secara khusus, manfaat minyak bumi sebagai pembangkit listrik akan menghasilkan tenaga dari uap. Selanjutnya, uap panas akan membantu menggerakkan turbin.

Kemudian akan diterima oleh penggerak kumparan magnet untuk menghasilkan listrik. Minyak bumi dapat bermanfaat sebagai pembangkit listrik untuk menggerakkan perangkat elektronik yang membutuhkan tenaga listrik.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Minyak Bumi: Pengertian, Asal Usul, Proses Pembentukan, Komponen, Hasil Olahan, dan Manfaatnya"