Pasar Global: Pengertian, Ciri, Faktor Pendorong, Manfaat, Kerugian, Contoh, dan Perbedaannya dengan Pasar Lokal

Pengertian Pasar Global
Pengertian Pasar Global
Pasar global adalah tempat bagi perusahaan multinasional bertransaksi (jual beli) barang atau produk kebutuhan. Pasar global merupakan aktivitas perdagangan yang melibatkan dua pihak yaitu penjual dan pembeli di cakupan global atau dunia. Jadi, seluruh orang di belahan dunia mana pun dapat melakukan transaksi jual beli antara negara yang satu dengan negara lainnya.

Eksistensi pasar global dilatarbelakangi sejumlah negara yang mempunyai SDA terbatas. Dengan kata lain beberapa faktor pemicu kemunculan pasar global di antaranya kemajuan Transportasi dan Komunikasi, teknologi, perjanjian ekonomi regional, dan perkembangan ekonomi dunia.
 
Demikian, secara garis besar dapat disimpulkan bahwa pasar global adalah tempat berlangsungnya transaksi ekspor dan impor atau membeli dan menjual antara satu dengan negara lainnya. Namun, walau bersifat global atau mendunia, jenis pasar ini tetap memiliki segmentasi yang spesifik. Contohnya pasar global untuk perdagangan kopi.

Pasar Global dari Beberapa Sumber
1. Mardia, dkk dalam buku Pengantar Bisnis (2022), pasar global adalah pasar di mana ada lebih dari satu perusahaan yang beroperasi. Perusahaan tersebut saling bersaing dalam menawarkan, mempromosikan, menjual, bahkan membeli produk atau jasa.
2. Dari situs IGI Global, pasar global (global market) merupakan jenis pasar di mana terjadi transaksi jual beli tingkat dunia. Artinya perusahaan yang terlibat dalam transaksi itu tidak hanya dari satu negara saja, melainkan dari banyak atau semua negara.

Ciri Pasar Global
Poin-poin ciri pasar global sebenarnya tidak jauh dari pasar pada umumnya, yakni terdiri atas beberapa hal di antaranya,
1. Eksistensi Calon Penjual dan Pembeli
Adanya orang-orang yang akan melakukan kegiatan jual beli adalah ciri primer dari pasar. Sebab, pasar diartikan sebagai tempat menjajakan berbagai komoditas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Demikian pula dengan pengertian pasar global.

2. Eksistensi Produk
Ciri pasar global selanjutnya ditandai dengan produk yang dapat dijajakan secara online dalam platform e-commerce global atau lewat pelelangan dalam masing-masing negara.

3. Eksistensi Permintaan dan Penawaran
Terjadinya permintaan dan penawaran disahkan dengan serangkaian ‘dokumen resmi’ yang dikirimkan oleh perusahaan penyedia atau konsumen produk.

4. Interaksi Antara Penjual dan Pembeli
Terjadinya interaksi penjual dan pembeli bisa secara langsung atau tidak. Contoh interaksi langsung dilakukan lewat bazar atau expo. Sedangkan tidak langsung contohnya adalah melalui telepon, email, video conference, dan lainnya.

Faktor Pendorong Terjadinya Pasar Global
Pasar global dapat terjadi saat ini dikarenakan beberapa faktor pendorong di antaranya,
1. Perkembangan Ekonomi di Dunia
Di zaman yang serba cepat seperti saat ini memengaruhi perkembangan ekonomi dunia secara pesat. Hal ini yang mendorong munculnya pasar global yang dapat memberikan peluang bagi para pelaku bisnis untuk dapat berkembang di kancah internasional.

2. Peningkatan Kualitas Produk
Setiap bisnis yang berhasil dalam persaingan secara global memiliki kualitas produk yang sangat tinggi. Peningkatan kualitas produk ini membuat persaingan antar bisnis yang menjadi lebih ketat.

3. Perkembangan Teknologi
Teknologi mengambil peranan penting dalam mendorong terjadinya pasar global. Hadirnya teknologi membawa manfaat bagi sebagian besar aspek yang menunjang berjalannya suatu kegiatan usaha.

4. Perkembangan Komunikasi dan Transportasi
Selain teknologi, komunikasi dan transportasi juga memiliki peranan terbesar yang mendorong pertumbuhan pasar global. Komunikasi dan transportasi memberikan kesempatan bagi para pelaku bisnis untuk menjangkau pasar global dengan mudah.

5. Biaya Pengembangan Bisnis
Setiap bisnis pasti membutuhkan biaya pengembangan yang bisa didapatkan dengan mencari para investor. Seiring dengan meningkatnya tuntutan pasar, khususnya pasar global, biaya pengembangan bisnis yang dibutuhkan juga semakin tinggi.

Manfaat Pasar Global
Berikut beberapa manfaat dari pasar global dalam dunia bisnis di antaranya,
1. Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi
Manfaat pertama dari terjadinya pasar global dalam dunia bisnis yaitu untuk membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Seperti yang sudah diketahui, ekonomi memiliki peranan yang sangat penting atau bahkan dikategorikan sebagai ujung tanduk dari keberlangsungan hidup suatu negara.

Pasar global memberikan kesempatan kepada seluruh pelaku bisnis untuk mencari keuntungan dari negara lain dan pada akhirnya dapat membantu pertumbuhan ekonomi negara dari berbagai hal. Pelaku bisnis yang berhasil bersaing di pasar global dapat membantu menciptakan lapangan kerja yang lebih besar, berkontribusi terhadap pembayaran pajak, serta memperkenalkan produk lokal di kancah internasional.

2. Mendorong Peningkatan Kualitas Produk
Persaingan di pasar global tidaklah mudah sehingga hal ini dapat mendorong setiap pengusaha untuk melakukan peningkatan kualitas terhadap produk atau jasa yang mereka tawarkan. Kualitas produk menjadi faktor penentu dari keberhasilan suatu bisnis di pasar global.

3. Memenuhi Permintaan Pasar
Manfaat terakhir dari terjadinya pasar global dalam dunia bisnis adalah untuk memenuhi permintaan pasar. Apabila permintaan pasar di suatu negara akan produk tertentu tinggi, namun ketersediaan produk tidak tercukupi, maka dengan adanya pasar global permintaan pasar tersebut dapat terpenuhi.

Kerugian Pasar Global
1. Regulasi dan legalitas
Setiap negara memiliki regulasi serta hukum yang berbeda. Oleh karena itu bagi perusahaan yang akan terjun ke pasar global, penting untuk menentukan undang-undang akuntansi dan tenaga kerja sesuai dengan negara tujuan ekspansi.

Untuk mengantisipasi kesalahan dalam penetapan hukum dan peraturan, biasanya perusahaan akan mempekerjakan firma hukum lokal atau mitra administratif yang membantu dalam hal tersebut.

2. Risiko budaya
Meskipun membuka peluang baru dengan keuntungan yang mungkin lebih besar, pasar global adalah subjek yang rumit. Tidak banyak perusahaan yang gagal karena kesalahan dalam memahami norma budaya yang ada, terutama di era internet seperti sekarang. Perusahaan dengan pelanggan global harus lebih berhati-hati dalam membuat keputusan untuk pemasaran karena akan berdampak secara global.

3. Biaya Investasi
Terjun ke pasar global artinya perusahaan perlu untuk berekspansi ke negara lain, sehingga memerlukan biaya yang cukup besar. Biasanya, perusahaan dibantu oleh konsultan akan membuat proyeksi biaya terbaik hingga terburuk.

Contoh Pasar Global
Pemasaran global sudah dilakukan oleh berbagai perusahaan besar di seluruh dunia. Berikut beberapa contoh perusahaan yang telah melakukan pemasaran global di antaranya,
1. Apple
Contoh pertama dari perusahaan yang menjalankan pasar global adalah Apple. Apple menjadi salah satu contoh dari perusahaan yang menjalankan dan juga sukses dalam pasar global. Hal ini dapat dilihat dari penggunanya yang berada di seluruh pelosok dunia.

2. Samsung
Pesaing dari Apple yaitu Samsung juga termasuk ke dalam salah satu contoh brand yang menjalankan pasar global. Samsung memproduksi berbagai gadget dan peralatan elektronik yang telah digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia.

3. Indomie
Sebagai orang Indonesia, kita harus bangga dengan produk buatan lokal yang mendunia, salah satunya Indomie. Indomie masuk ke dalam jajaran mi instan terbaik di seluruh dunia dan banyak orang yang menyukai cita rasa Indomie.

4. Kopiko
Permen kopi yang diproduksi oleh perusahaan Mayora dengan nama produk Kopiko juga memiliki banyak peminat di pasar global. Tidak tanggung-tanggung, di Korea Selatan pun banyak menempatkan Kopiko dalam PPL (Product Placement) di beberapa drama Korea.

5. J.Co
Contoh terakhir dari perusahaan yang tengah berada di pasar global adalah J.Co. Banyak orang yang salah mengira bahwa J.Co merupakan gerai makanan asal luar negeri. J.Co adalah gerai makanan yang berasal dari Indonesia. Saat ini, J.Co sudah dikenal di pasar global, khususnya di negara-negara yang berada di benua Asia.

Perbedaan Pasar Global dan Pasar Lokal
Perbedaan pasar global dan pasar lokal adalah dari segi jangkauannya, di mana pasar lokal merupakan tempat transaksi bagi warga setempat dan memiliki batasan pelanggan yang dapat dijangkau. Sementara pasar global adalah pasar yang melayani dan memasarkan produk dengan skala internasional tanpa terhalang jarak yang jauh sekalipun.

Sumber:
https://greatnusa.com/artikel/contoh-pasar-global/
https://blog.amartha.com/pengertian-pasar-global-ciri-keuntungan-dan-strateginya/
https://pintu.co.id/blog/pasar-global-adalah

Lihat Juga:

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pasar Global: Pengertian, Ciri, Faktor Pendorong, Manfaat, Kerugian, Contoh, dan Perbedaannya dengan Pasar Lokal"