Bencana Non Alam: Pengertian dan Contohnya

Pengertian Bencana Non Alam
Pengertian Bencana Non Alam
Bencana non alam adalah serangkaian peristiwa yang bukan berasal dari alam. Bencana non alam merupakan bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau rangkaian peristiwa non alam yang antara lain berupa gagal teknologi, gagal modernisasi, epidemi, dan wabah penyakit. 

Baca Juga: Pengertian Bencana Alam, Penyebab, Jenis, Bentuk, dan Dampaknya

Bencana non alam di Indonesia merupakan ancaman serius yang perlu diatasi dengan serius. Untuk itu, diperlukan kerja sama antara pemerintah, masyarakat dan sektor swasta dalam penerapan langkah-langkah pencegahan yang efektif untuk masalah bencana non alam.

Baca Juga: Bencana Sosial: Pengertian, Contoh, dan Pencegahannya

Contoh Bencana Non Alam
1. Kecelakaan industri
Kecelakaan industri adalah kecelakaan yang disebabkan dua faktor yaitu perilaku kerja yang berbahaya (unsafe human act) dan kondisi yang berbahaya (unsafe conditions). Jenis kecelakaan industri yang terjadi bergantung pada macam industrinya, misal bahan dan peralatan kerja yang digunakan, proses kerja, kondisi tempat kerja, bahkan pekerja yang terlibat di dalamnya. 

Baca Juga: Ergonomi: Pengertian, Cakupan, Prinsip, Peran, dan Cakupannya

2. Kejadian Luar Biasa (KLB)
Kejadian Luar Biasa (KLB) adalah timbulnya atau meningkatnya kejadian kesakitan atau kematian yang bermakna secara epidemiologis pada suatu daerah dalam kurun waktu tertentu. Status KLB diatur oleh Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 949/MENKES/SK/VII/2004.

3. Kecelakaan Transportasi
Kecelakaan transportasi, sering terjadi di Indonesia. Pemerintah harus memastikan standar keselamatan transportasi yang ketat, memberdayakan regulator transportasi dan meningkatkan kesadaran dan edukasi mengenai keselamatan bertransportasi.

4. Kebakaran Hutan dan Lahan
Kebakaran hutan dan lahan merupakan bencana non alam yang sering terjadi di Indonesia, terutama selama musim kemarau. Kebakaran hutan dan lahan adalah keadaan di mana hutan dan lahan dilanda api sehingga mengakibatkan kerusakan hutan dan lahan yang menimbulkan kerugian ekonomis dan atau nilai lingkungan.

Kebakaran hutan dan lahan sering kali menyebabkan bencana asap yang dapat mengganggu aktivitas dan kesehatan masyarakat sekitar. Cara pencegahannya meliputi pengawasan ketat terhadap aktivitas manusia, penerapan sistem pemadaman dini, serta penegakan hukum terhadap pembukaan lahan dengan metode bakar.

5. Krisis Kesehatan
Krisis kesehatan seperti wabah penyakit dapat menimbulkan dampak besar terhadap kesehatan dan ekonomi. Penguatan sistem kesehatan, peningkatan kesadaran masyarakat tentang kebersihan dan pola hidup sehat, serta kesiapan menghadapi wabah adalah langkah-langkah pencegahan yang perlu dilakukan.

Baca Juga: Pengertian Mitigasi Bencana, Tujuan, Strategi, Jenis, Kegiatan, dan Contohnya

Sumber:
https://www.bnpb.go.id/definisi-bencana
https://kumparan.com/berita-terkini/5-contoh-bencana-non-alam-di-indonesia-20wCOkFsK7J/full
https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/06/070000069/jenis-jenis-bencana-alam-nonalam-dan-sosial?page=all

Download

Baca Juga:

Materi Sosiologi SMA

Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 2: Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)

1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.1 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.2 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.3 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 2. Permasalahan Sosial (Kurikulum 2013)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Permasalahan Sosial 

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Bencana Non Alam: Pengertian dan Contohnya"