Tanaman Perdu: Pengertian, Jenis, dan Perbedaannya dengan Herba dan Pohon

Pengertian Tanaman Perdu
Rembosa Mini
Pengertian Tanaman Perdu
Perdu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah tumbuhan berkayu yang bercabang-cabang, tumbuh rendah dekat dengan permukaan tanah, dan tidak mempunyai batang yang tegak (seperti kembang merak, puring). Perdu juga merupakan nama sekelompok pohon yang memiliki ketinggian di bawah 6 meter (20 kaki).

Perdu umumnya tumbuh berkelompok. Ciri-ciri dari tanaman perdu biasanya kecil, rendah, meskipun batangnya panjang. Perdu adalah tumbuhan berumur panjang yang berkayu, bercabang banyak, tapi batang utamanya kurang jelas. Umumnya jenis tumbuhan ini digunakan untuk hiasan rumah serta pada beberapa jenisnya bermanfaat untuk bahan obat-obatan alami.

Jenis Tanaman Perdu
Tanaman perdu memiliki banyak jenisnya. Berikut beberapa jenis tanaman perdu yang paling banyak ditanam di halaman rumah di antaranya,
1. Rembosa Mini
Rembosa mini menjadi jenis tanaman perdu pertama yang memiliki ukuran tinggi mulai dari 15-40 cm. Ukurannya yang kecil inilah yang membuatnya disebut dengan rembosa mini. Bentuk daunnya ini lonjong kecil memanjang dengan bagian bunga yang berwarna putih. Rembosa mini jika dilihat sekilas mirip dengan tanaman bunga melati, baik itu dari segi daun hingga bunganya.

Jika kesulitan untuk membedakannya, cium saja aromanya karena rembosa mini ini tidak memiliki wangi sama sekali. Rembosa mini yang nama ilmiah tabernaemontana corymbosa bisa dengan mudah dijumpai di negara-negara Asia seperti Indonesia, Singapura, Thailand, Vietnam, Myanmar, Laos, Tionghoa, dan Brunei.

2. Ekor Tupai
Ekor tupai menjadi salah satu jenis tanaman perdu yang sangat populer, tak hanya di Indonesia saja, tetapi juga di luar negeri, terutama di Eropa dan Amerika. Dinamakan ekor tupai karena memang tampilannya yang sangat mirip dengan bentuk ekor tupai. Tanaman perdu ini aslinya berasal dari Afrika Selatan, tepatnya dari Mozambique.

Tanaman perdu ini memiliki warna hijau segar dengan batang yang tidak terlalu kuat sehingga bentuknya tidak lurus alias bisa melengkung sedikit. Jika dipegang, tanaman ini sangat lembut sehingga mudah patah. Meski termasuk dalam tanaman perdu, tapi ekor tupai ini bisa tumbuh tinggi hingga satu meter jika pintar merawatnya dengan baik.

3. Bromelia
Bromelia dikenal sebagai tanaman perdu yang memiliki tampilan cantik karena bagian ujungnya terdapat warna-warni yang berbeda. Gradasi warna-warni inilah yang membuatnya tampil berbeda. Banyak yang menjuluki bromelia dengan nama tanaman pucuk nanas karena memang tampilannya mirip dengan pucuk nanas.

Bromelia yang memiliki nama ilmiah sama ini asalnya dari Amerika, tapi lebih banyak dijumpai di Afrika Selatan. Awalnya, tanaman perdu ini sebenarnya digunakan sebagai tanaman hias pada tempat wisata, tapi kemudian banyak ditanam di halaman rumah.

Bromelia sebenarnya bisa tumbuh subur hingga ketinggian sepuluh meter jika tidak sering memangkasnya karena tanaman ini termasuk tanaman kuat dan bisa tumbuh subur dengan mudah.

4. Mirten
Dari tampilannya, kita bisa menduga kalau tanaman ini juga termasuk dalam jenis tanaman bonsai. Mirten memiliki batang yang tidak terlalu besar dengan ranting-ranting kecil yang mencuat keluar dan memanjang. Meski ranting dan tangnya ini kecil-kecil, tapi teksturnya sangat keras.

Sementara untuk daunnya berwarna hijau tua dengan ukuran kecil. Tanaman ini memiliki bunga yang berwarna putih dengan ukuran yang juga kecil. Pertumbuhan tanaman perdu mirten sangat cepat sehingga harus rutin-rutin memangkasnya. Selain bisa tumbuh di halaman, mirten juga bisa tumbuh di dalam pot biasa.

5. Lili Paris
Kalau tanaman perdu yang satu ini mungkin sudah dikenal dengan baik karena banyak yang memilikinya. Lili paris menjadi tanaman perdu yang klasik karena sudah populer sejak lama di Indonesia. Walaupun ada kata-kata parisnya, tanaman perdu ini justru tidak berasal dari Paris, melainkan dari Afrika Selatan.

Ciri khas dari lili paris adalah bentuk daunnya yang lonjong langsing dan panjang. Rata-rata ukuran daun lili paris panjangnya bisa mencapai 40-50 cm. Lili paris memiliki warna gradasi garis-garis hijau muda, hijau tua, dan putih sehingga terlihat unik. Lili paris juga memiliki bunga yang kebanyakan berwarna putih.

6. Philodendron
Philodendron sangat populer di kalangan pecinta tanaman hias karena tanaman perdu ini memang banyak peminatnya. Philodendron ini punya jenis yang sangat banyak sekali. Terdapat lebih dari lima belas jenis philodendron yang bisa kita jumpai di Indonesia.

Mulai dari heartleaf philodendron, philodendron red leaf, philodendron elephant ear, philodendron moonlight, dan masih banyak lagi. Umumnya, philodendron ditanam dalam pot, tapi juga bisa ditanam tanpa pot. Kunci menanam philodendron agar tumbuh subur adalah harus diletakkan di tempat yang mendapat sinar matahari.

7. Sutra Bombai
Taman perdu berikutnya adalah sutra bombai. Sutra bombai memiliki tampilan yang terlihat sangat cantik karena tanaman ini memiliki bunga yang berwarna-warni. Bunga sutra bombai ada yang berwarna merah muda, orange, ungu, hingga putih.

Daun tanaman perdu ini terbilang kecil-kecil dengan bentuk panjang, sementara bunganya lebih besar dari daun. Tanaman perdu ini sangat bagus tinggal di area yang lembab sehingga harus sering-sering menyiramnya sebanyak dua kali sehari.

8. Bunga Soka
Bunga soka di Indonesia bisa dikatakan sebagai bunga sejuta umat karena banyak ditanam oleh masyarakat Indonesia di halaman rumah. Bunga soka termasuk tanaman perdu berbunga yang punya daya tahan kuat sehingga bisa tumbuh lama. Jika disiram sehari sekali saja, tanaman ini masih tetap tumbuh subur.

Tampilannya berbeda karena bunganya ini memiliki batang kecil tipis dengan kelopak bunga sebanyak empat buah saja. Warna dari bunga soka bisa beragam, mulai dari merah, merah muda, putih, kuning, hingga orange.

9. Bunga Melati
Ada bunga soka, ada bunga melati yang juga bisa dengan mudah dijumpai di Indonesia. Tanaman perdu ini punya aroma wangi yang sangat mencolok. Dari jarak 1-2 meteran, aroma wangi bunga melati masih tetap tercium.

Bunga melati ini memiliki nama lain yang juga dikenal oleh masyarakat yakni bunga puspa bangsa. Tanaman perdu bunga melati bisa memiliki ketinggian hingga mencapai 5-6 meteran. Tak hanya cocok dijadikan sebagai tanaman perdu, bunga melati juga cocok dijadikan sebagai dekorasi hiasan rumah dan pernikahan.

10. Bunga Sepatu
Terakhir ada bunga sepatu yang juga tak kalah populernya dari bunga melati dan soka di Indonesia. Bunga sepatu punya ciri khas bentuk kelopak bunganya yang cukup besar. Tekstur dari kelopak bunganya ini sangat lembut seperti tisu. Sementara untuk warnanya ini sangat bervariasi, mulai dari warna putih, merah, merah muda, orange, hingga kuning.

Selain itu, keunikan lainnya dari bunga sepatu adalah bagian putiknya yang sangat panjang menjulur keluar dari dalam kelopak bunga.

Perbedaan Perdu, Herba dan Pohon
Sering kali terdapat kerancuan dalam menyebut serta mengartikan jenis tumbuhan perdu, herba, serta pohon. Berikut perbedaan antara perdu, herba dan pohon di antaranya,
1. Pengertian Perdu
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), perdu adalah tumbuhan berkayu yang bercabang-cabang, tumbuh rendah dekat dengan permukaan tanah, serta tidak memiliki batang yang tegak. Menurut A Glossary of Botanic Terms, pengertian perdu ialah tumbuhan berkayu yang mempunyai struktur lebih kecil dari pohon.

Sedangkan menurut Prosea / Plant Resources of Southeast Asia (Sumberdaya Nabati Asia Tenggara), tumbuhan perdu merupakan tumbuhan berkayu yang bercabang mulai dari pangkal, serta semua cabang setara. Contoh jenis tumbuhan perdu yaitu bunga soka, rembosa mini, ekor tupai dan sebagainya.

2. Pengertian Herba
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian herba adalah tumbuhan pendek dan kecil yang memiliki batang basah karena mengandung banyak air dan strukturnya tidak berkayu. Contoh jenis tanaman herba antara lain sambiloto, lavender, peterseli dan lain-lain.

3. Pengertian Pohon
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pohon merupakan tumbuhan berkayu yang berumur tahunan dan mempunyai batang utama tunggal yang jelas.

Dengler menyatakan pengertian pohon adalah tumbuhan yang memiliki akar, batang dan tajuk yang jelas dengan tinggi minimal 5 meter. Menurut Baker, pohon adalah tumbuhan-tumbuhan berkayu yang memiliki satu batang pokok, serta bentuk tajuk yang jelas dan tinggi tidak kurang dari 8 kaki.

Sedangkan menurut Prosea / Plant Resources of Southeast Asia (Sumber daya Nabati Asia Tenggara), pohon ialah tumbuhan berkayu yang umurnya tahunan dengan batang utama tunggal yang jelas. Contoh jenis tumbuhan yang masuk dalam kelompok pohon adalah pohon jati, pohon cemara, pohon sengon dan sebagainya.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Tanaman Perdu: Pengertian, Jenis, dan Perbedaannya dengan Herba dan Pohon"