Mengenal Kota Eopolis dari Lewis Mumford

Pengertian Kota Eopolis
Kota Eopolis
Pengertian Kota Eopolis dan Contohnya
Eopolis adalah salah satu tahap perkembangan kota yang dikemukakan oleh Lewis Mumford (1895-1990). Eopolis merupakan tahap awal perkembangan sebuah kota, di mana kegiatan utamanya yaitu pertanian dan peternakan sapi. Budaya pada tahap ini adalah tipe neolitik karena perkembangan desa terpusat, perkembangan pendidikan dan budaya juga berkembang perlahan.

Lewis Mumford merupakan seorang sejarawan Amerika, sosiolog, filsuf teknologi, dan kritikus sastra juga mengemukakan enam tahap perkembangan kota. Pada tahun 1923 Mumford menjadi salah satu pendiri Asosiasi Perencanaan Regional Amerika (RPAA).

Mumford memprovokasi Amerika untuk berpikir secara kreatif dan komprehensif tentang bentuk sosial dan lingkungan fisik dari komunitas perkotaan modern dan tentang membangun peradaban perkotaan dan regional yang lebih manusiawi.

Lewis Mumford, pertumbuhan ciri kota berlangsung dalam enam tahap sehubungan dengan tatanan sosial mereka. Setiap kota dapat melewati enam tahap ini, yaitu Eopolis, Polis, Metropolis, Megalopolis, Tiranopolis, dan Nekropolis.

Lewis Mumford sendiri mengartikan eopolis sebagai tahap pertama kota sebagai masyarakat desa yang basis ekonominya adalah pertanian. Pada tahap ini penataan kota yang dirancang untuk menyejahterakan masyarakat yang ada di sekitarnya.

Adapun contoh eopolis di antara kota-kota yang ada di Indonesia di antaranya adalah Kota Banjar. Kota Banjar yang mayoritas kegiatan perekonomiannya adalah di sektor pertanian, seperti perkebunan, peternakan, perikanan dan lainnya dari basis ekonomi agrikultur itulah perkembangan wilayah ini cukup pesat untuk dijadikan sebagai roda perputaran perekonomian.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Mengenal Kota Eopolis dari Lewis Mumford"