Mengenal Istilah Korporatisme dari Berbagai Sumber

Pengertian Korporatisme
Korporatisme

Pengertian Korporatisme
Korporatisme dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah paham yang mengutamakan kebersamaan sebagai satu kesatuan sehingga semua unsur atau bagiannya harus tunduk pada peraturan yang telah ditetapkan. Istilah korporatisme berasal dari kata Latin "corp" yang berarti "badan".

Korporatisme (korporativisme) adalah sistem organisasi ekonomi, politik, atau sosial yang melibatkan asosiasi masyarakat ke dalam beberapa kelompok korporat seperti afiliasi pertanian, bisnis, etika, buruh, militer, patronase, atau ilmiah berlandaskan kepentingan bersama. Korporatisme secara teoretis didasarkan pada penafsiran suatu komunitas sebagai sebuah badan organik.

Baca Juga: Kelompok Sosial dengan Solidaritas Mekanis dan Organis
 
Pengertian lain, korporatisme merupakan doktrin yang menyatakan bahwa masyarakat harus diatur berdasarkan asosiasi atau serikat pekerja yang mewakili kepentingan kelompok tertentu. Dengan demikian, lembaga-lembaga ini akan bernegosiasi melalui perwakilannya dengan Negara untuk menentukan kebijakan ekonomi dan sosial.

Artinya, korporatisme memunculkan sistem ekonomi dan politik di mana keputusan dibuat oleh institusi dan bukan oleh individu. Dilihat dari sudut pandang lain, di bawah skema ini, para pemimpin organisasi memiliki kekuatan untuk menandatangani atau meresmikan kesepakatan sosial. Ini akan menentukan, pada gilirannya, kondisi di mana hubungan komersial dan perburuhan akan dibangun.

Perlu dicatat bahwa doktrin ini berasal dari Eropa antara akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Dengan demikian, pada awalnya diterapkan oleh pemerintah fasis seperti Benito Mussolini di Italia, yang menciptakan Kementerian Perusahaan pada tahun 1929, Dewan Perusahaan Nasional pada tahun 1930, dan Kamar Fascio dan Perusahaan pada tahun 1939.

Tiga Front
Korporatisme juga dapat dilihat sebagai negosiasi antara tiga front di antaranya,
1. Asosiasi pengusaha. Organisasi yang dapat dikelompokkan berdasarkan sektor, misalnya pertanian atau tekstil.
2. Serikat pekerja. Serikat pekerja yang melalui perwakilannya berusaha menyalurkan tuntutan pekerja.
3. Negara. Badan yang bertindak sebagai mediator antara dua di atas.

Mempertimbangkan hal di atas, korporatisme dapat mencakup pekerja pada tingkat yang lebih besar atau lebih kecil. Ini, tergantung pada kekuatan serikat pekerja dalam negosiasi.

Korporatisme dan Kontrol Negara
Salah satu pertanyaan tentang korporatisme adalah telah digunakan sebagai alat kontrol oleh Negara. Dengan demikian, para pemimpin serikat pekerja dan Pemerintah bergabung, mencapai kesepakatan yang pada akhirnya menguntungkan lebih banyak pemimpin bisnis.

Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan memberikan jabatan politik kepada para pemimpin serikat atau hanya dengan mempromosikan kepentingan pribadi mereka.

Demikian pula kaum buruh, yang dipengaruhi atau dipaksa oleh wakil-wakilnya, berpihak pada Pemerintah. Dengan cara ini, presiden atau otoritas pertama yang bertugas berusaha untuk mengkonsolidasikan kekuasaannya.

Misalnya, Argentina dikenal sebagai negara dengan serikat pekerja yang kuat, dan ini dimulai pada pertengahan abad ke-20. Sejak 1940-an, Jenderal Juan Domingo Perón, yang telah melakukan kudeta, mulai bernegosiasi dengan serikat pekerja yang berbeda untuk menawarkan keuntungan kepada mereka. Ini, sebagai imbalan atas dukungan politik mereka.

Dengan cara ini, Perón mulai membangun jaringan serikat pekerja yang setia kepada Pemerintah, mengkonsolidasikan dominasinya. Ini mungkin salah satu contoh penerapan ideologi korporatis.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Mengenal Istilah Korporatisme dari Berbagai Sumber"