Ledakan Penduduk: Pengertian, Faktor Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Pengertian Ledakan Penduduk
Ledakan Penduduk
Pengertian Ledakan Penduduk
ledakan penduduk adalah pertumbuhan penduduk yang terjadi sangat cepat ditandai dengan jumlah angka kelahiran yang tinggi. Ledakan penduduk secara umum terjadi karena faktor kesejahteraan penduduk suatu wilayah atau tingginya derajat kesehatan.

Ledakan penduduk tidak hanya terjadi di negara-negara berkembang namun hampir oleh seluruh negara di dunia. Kondisi ini ditandai sama munculnya generasi Baby Boomer yang lahir antara tahun 1946–1964. Saat itu, kondisi dunia dalam keadaan aman pasca Perang Dunia ke-2.

Faktor Penyebab Ledakan Pendudukan
Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya ledakan penduduk di antaranya,
1. Angka kematian menurun
Penurunan angka kematian ini disebabkan oleh kondisi kesehatan masyarakat yang terus membaik dan berkurangnya kasus gizi buruk. Selain itu, munculnya kesadaran pada masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan.

2. Angka kelahiran meningkat drastis
Angka kelahiran yang melonjak dalam satuan waktu tertentu disebabkan oleh beragam faktor, yakni mulai dari pandangan banyak anak banyak rezeki, penerus keturunan, dan lainnya.

3. Tingginya perkawinan usia muda
Salah satu yang menyebabkan tingginya angka kelahiran adalah usia faktor pernikahan yang masih muda. Hal ini juga dibarengi dengan tanggapan harus memiliki anak secepat mungkin setelah menikah.

4. Tingkat pendidikan
Minimnya pengetahuan masyarakat tentang dampak tingkat angka kelahiran dapat menyebabkan laju pertumbuhan penduduk juga meningkat. Hal ini yang membuat pemerintah menyelenggarakan program KB (Keluarga Berencana) demi menekan laju tersebut.

Dampak Negatif Ledakan Penduduk
Ledakan penduduk - khususnya yang tidak terkendali - tentu memiliki dampak negatif di antaranya,
1. Tingkat kemiskinan semakin meningkat karena pertumbuhan penduduk yang cepat tidak diimbangi oleh pertumbuhan ekonomi.
2. Kekurangan pangan, sebagai akibat dari pertumbuhan penduduk yang tidak seimbang dengan jumlah lahan untuk memproduksi pangan.
3. Timbulnya permukiman atau daerah kumuh di perkotaan sebagai akibat mahalnya harga tanah dan rumah.
4. Pemerintah mengalami kesulitan menyediakan sarana kebutuhan masyarakat seperti sarana pendidikan, sarana kesehatan, dan perumahan karena lokasi yang sudah padat oleh pemukiman penduduk dan jumlah dana yang besar.
5. Meningkatnya kebutuhan ruang dan lingkungan hidup.
6. Tidak seimbangnya kebutuhan akan lapangan pekerjaan dengan pertumbuhan penduduk yang jika dibiarkan lebih lanjut akan menyebabkan masalah sosial lainnya, seperti kemiskinan dan konflik antar penduduk.  

Cara Mengatasi Ledakan Penduduk
Dampak ledakan penduduk bisa semakin parah jika tidak segera diatasi. Pelaksanaan program KB jadi salah satu upaya pemerintah untuk mengendalikan angka kelahiran. Selain itu, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya ledakan penduduk di antaranya,
1. Memperluas lapangan pekerjaan agar setiap penduduk mempunyai kesempatan kerja yang sama.
2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pelatihan dan pembinaan.
3. Meningkatkan fasilitas pendidikan, kesehatan, transportasi, dan komunikasi untuk meningkatkan kesadaran akan dampak negatif ledakan penduduk dan mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan.
4. Melakukan perencanaan dalam pemanfaatan sumber daya alam agar tetap terjaga kelestariannya.
5. Membuat perencanaan dan peraturan kependudukan untuk mengendalikan populasi penduduk.
6. Melaksanakan program transmigrasi, yaitu memindahkan penduduk daerah padat ke daerah yang penduduk masih sedikit.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Ledakan Penduduk: Pengertian, Faktor Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya"