Fakta Lunak dalam Sejarah: Pengertian dan Contohnya

Pengertian Fakta Lunak dalam Sejarah
Fakta Lunak dalam Sejarah
Pengertian Fakta Lunak dalam Sejarah
Fakta lunak adalah fakta yang masih memerlukan bukti dari dukungan fakta lain. Fakta lunak juga dapat diartikan sebagai fakta yang masih dapat diperdebatkan kebenarannya. Dengan kata lain, fakta lunak merupakan sumber informasi sejarah yang masih memiliki kekurangan.

Kekurangan tersebut bisa berupa kurangnya sumber penguat atau belum sepenuhnya mampu menggambarkan kejadian atau peristiwa yang terjadi. Bahkan, tidak jarang dapat menimbulkan penolakan atau mungkin pertanyaan lebih jauh lagi.

Contoh Fakta Lunak dalam Sejarah
Terdapat beberapa contoh yang termasuk dalam fakta lunak dalam peristiwa sejarah di antaranya,
1. Peristiwa supersemar
Perlu diketahui bahwa peristiwa supersemar termasuk dalam jenis fakta lunak dalam sejarah karena ada banyak fakta-fakta yang dianggap tidak benar dan masih kurangnya sumber dukungan fakta-fakta sejarah lainnya.

Sehingga dengan demikian dari peristiwa supersmar pada sejarah ini banyak orang yang masih ragu untuk mempercayainya, bahkan hingga menimbulkan berbagai perdebatan.

2. Peristiwa PKI
PKI merupakan kepanjangan daripada Partai Komunis Indonesia yang notebene ingin menjadikan Indonesia sebagai bagian daripada negara komunis yang bersistem ekonomis sosialis sebagaimana yang terjadi di Vietnam dan juga Rusia, China, Serta Korea Utara.

Peristiwa dilarangnya PKI di Indonesia dalam pembantaian para jendral menjadi salah satu bentuk fakta lunak dalam sejarah, alasannya karena dalam berbagai sumber ada bermotif politik, tetapi sumber lain mengatakan bahwa itu merupakan proses penumpasan paham komunisme di Indonesia. Sehingga yang menjadi penggolongan dalam fakta lunak ialah dalangnya.

3. Pembunuhan John F Kennedy
John F Kennedy merupakan salah satu Presiden Amerika yang cukup disegani, apalagi perihal adanya kesetaraan ras antara kulit putih dan hitam di AS. John F Kennedy dibunuh pada tanggal 22 November 1963 yang akhirnya sampai saat ini dalang atas pembunuhan tersebut belum jelas.

4. Penyiraman Air Keras Novel Baswedan
Pada tahun 2017 adalah salah satu peristiwa yang tergolong dalam fakta lunak di Indonesia. Yakni terkait dengan penyiraman air keras oleh salah satu petinggi KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), yaitu Novel Baswedan. Sampai saat ini banyak anggapan siapa yang melakukannya belum jelas, meski pihak kepolisian sudah menetapkan tersangkanya.

5. Pembunuhan Munir Said Thalib
Munir Said Thalib atau yang lebih dikenal sebagai Munir ialah salah satu aktivis HAM yang meninggal pada tahun 2004, tepatnya pada usia 38 Tahun. Munir meninggal karena diracun ketika berada dalam pesawat terbang, atas kasus siapa yang mercun tersebut sampai saat ini pelakunya masih belum menemui titik terang.

6. Hilangnya Wiji Thukul
Wiji Thukul merupakan salah satu penyair dan juga seseorang yang pro demokrasi. Beliau hilang dan sampai saat ini jenazah atau keberadaannya belum ditemukan, adapun pelaku siapa pembunuhnya dan siapa saja pihak yang terlibat masih gelap, alias belum ada titik terangnya.

Dari Berbagai Sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Fakta Lunak dalam Sejarah: Pengertian dan Contohnya"