Scriptophobia: Pengertian, Ciri, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Pengertian Scriptophobia
Scriptophobia
Pengertian Scriptophobia
Scriptophobia adalah ketakutan ekstrem untuk menulis di depan umum. Scriptophobia berasal dari bahasa Latin “scripto” atau “write” dan “phobos” atau “fear” yang memiliki arti bahwa scriptophobia adalah ketakutan ekstrem untuk menulis di depan umum. (Baca Juga: Fobia: Pengertian, Gejala, Penyebab, Jenis, dan Cara Mengobatinya)

Scriptophobia merupakan jenis phobia yang sangat langka. Phobia ini terjadi karena pengalaman negatif yang membuat seseorang trauma atau khawatir serta ketakutan ketika seseorang pernah diejek, ditolak dan dipermalukan di depan umum terhadap idenya dalam bentuk tulisan atau sebuah karya berupa tulisan yang dihasilkan. (Baca Juga: Trauma: Pengertian, Gejala, Penyebab, Jenis, dan Cara Menghilangkannya)

Ciri Scriptophobia
Ciri-ciri orang yang menderita phobia scriptophobia adalah adanya rasa cemas ketika menulis di tempat umum atau di depan banyak orang, adanya rasa tidak nyaman ketika menulis di tempat umum dan menjadi gelisah ketika ada seseorang yang memperhatikannya menulis. (Baca Juga: Pengertian Kecemasan (Anxiety), Gejala, Penyebab, Jenis, dan Tingkatannya)

Tidak hanya itu biasanya penderita scriptophobia akan mengalami kekeringan di mulut, telapak tangan mulai basah karena keringat dan peningkatan detak jantung secara cepat.

Penyebab Scriptophobia
Penyebab seseorang mengalami phobia scriptophobia mungkin hampir sama dengan pobhia yang lain yaitu berasal dari pengalaman negatif yang telah dilalui seseorang, baik ketika masih muda atau sudah tua, sehingga di waktu yang akan datang ketika peristiwa itu muncul akan ada rasa gelisah, khawatir dan takut jika pengalaman negatif tersebut terjadi lagi pada dirinya.

Dalam hal phobia scriptophobia pengalaman negatif yang membuat seseorang trauma atau khawatir serta ketakutan ketika seseorang pernah diejek, ditolak dan dipermalukan di depan umum terhadap idenya dalam bentuk tulisan atau sebuah karya berupa tulisan yang dihasilkan.

Hal tersebut bisa menyebabkan perasaan negatif yang tertanam kuat dalam otak seseorang dan berkurangnya rasa percaya diri secara drastis yang akan menimbulkan ketakutan apabila seseorang menulis di depan umum atau menulis ketika banyak orang yang memperhatikan. (Baca Juga: Pengertian Inferiorty Feeling (Rendah Diri), Aspek, Ciri, Faktor, dan Kompensasinya)

Cara Mengatasi Scriptophobia
Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan rekan sosial79 untuk mengurangi bahkan menghilangkan phobia scriptophobia.

Anda bisa melakukan terapi kepada terapis, berkonsultasi dan menceritakan tentang phobia yang Anda  alami, dengan begitu Anda dan terapis akan menemukan sebuah solusi atau tujuan yang harus dicapai untuk mengurangi phobia ini. (Baca Juga: Psikoterapi: Pengertian, Manfaat, dan Terapi Populer dalam Psikologi)

Anda bisa menciptakan ruang kamar serta cahaya yang bagus atau hal yang membuat nyaman dapat digunakan untuk membiasakan diri menulis kemudian juga bisa mulai membiasakan dengan menulis di depan teman atau orang yang rekan sosial79 anggap nyaman agar bisa mengurangi ketakutan di depan umum.

Memilih tempat yang nyaman untuk menulis dan mendengarkan musik juga bisa dilakukan untuk mengurangi efek phobia scriptophobia.

Banyak membaca juga salah satu kunci untuk menghindari tulisan yang kurang enak dibaca, dengan membaca akan membuka wawasan yang luas sehingga hasil tulisan Anda bisa dengan mudah dibaca oleh pembaca sehingga akan meningkatkan rasa percaya diri pada seseorang yang mengalami efek phobia scriptophobia.

Menulis setiap hari, walaupun menulis dengan sederhana dan ringan akan membiasakan diri Anda untuk menulis juga bisa menjadi cara menghadapi efek phobia scriptophobia.

Jika upaya-upaya yang dilakukan untuk menangani phobia ini seperti dijelaskan di atas belum bisa, maka Anda harus menemui psikolog atau terapis yang ahli serta ke dokter yang paham tentang bidang ini.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Scriptophobia: Pengertian, Ciri, Penyebab, dan Cara Mengatasinya"