Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kepribadian ISTJ: Pengertian, Karakteristik, Profesi yang Cocok, Tokoh, Kelebihan, Kekurangan, dan Faktanya

Pengertian Kepribadian ISTJ
Kepribadian ISTJ
Pengertian Kepribadian ISTJ
Kepribadian ISTJ adalah akronim dari kepribadian Introverted, Sensing, Thinking, and Judging (ISTJ). Tipe kepribadian ISTJ merupakan salah satu dari 16 jenis kepribadian yang diidentifikasi oleh indikator tipe Myers-Briggs (MBTI).

Secara umum, tes yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katharine Briggs ini mengacu pada pada empat skala, yaitu Extraversion (E) – Introversion (I), Sensation (S) – Intuition (N), Thinking (T) – Feeling (F), dan Judging (J) – Perceiving (P).

Seseorang dengan tipe kepribadian ISTJ merupakan pribadi yang bertanggung jawab. Tidak hanya itu, mereka juga menyukai hal-hal sederhana dan dapat diandalkan. Tipe kepribadian ini juga dikenal sebagai pribadi yang tenang, disiplin, dan menghargai orang lain.

Pribadi ISTJ umumnya sangat menyukai rencana yang sudah tertata, ketertiban, dan keteraturan. Sesuatu yang terlihat berantakan akan mengacaukan pikirannya. Apabila dijabarkan satu-persatu, kepribadian ISTJ dapat dijelaskan sebagai berikut di antaranya,
1. Introversion, individu dengan kecenderungan introvert akan lebih pendiam dan suka menyendiri karena ketika bersama banyak orang dan harus berinteraksi akan membuat energi mereka lebih cepat habis.
2. Sensing, berbeda dengan individu yang cenderung pada dimensi intuition, dimensi ini menunjukkan pribadi yang mampu berfokus pada detail sehingga kemampuan observasi dan melihat fakta-fakta semakin baik.
3. Thinking, individu yang cenderung pada dimensi thinking ditandai dengan penggunaan logika dan fakta yang dialami secara pribadi untuk mengambil keputusan dan cenderung kurang memperhatikan pendapat orang lain
4. Judging, menunjukkan individu dengan kemampuan membuat rencana lalu mengorganisir sesuatu lebih ditekankan dibanding sikap yang spontan atau fleksibel.

Kepribadian ISTJ Menurut Para Ahli
1. Utami & Bahtiar (2020), kepribadian ISTJ yang terdiri atas introversion, sensing, thinking, serta judging adalah kepribadian pada seseorang yang lebih introvert dengan kemampuan penginderaan serta perasa yang baik dan cenderung patuh pada aturan.
2. Very Well Mind, seseorang yang berkepribadian ISTJ biasa disebut dengan logistician atau ahli pada bidang logistik yang membuat mereka menyukai kegiatan dengan pengorganisasian pada seluruh aspek kehidupannya. Di sisi lain, ISTJ adalah orang yang cenderung penurut, praktis, dan pendiam.

Karakteristik Kepribadian ISTJ
Introversion, sensing, thinking, and judging atau disingkat ISTJ adalah seseorang dengan kepribadian tapi terorganisir atau terencana. Jadi, bisa dibilang seseorang yang punya karakter ISTJ ini menyukai hal-hal yang rapi, teratur, tertib.

Ini berlaku di hampir semua aspek kehidupan mereka, seperti pekerjaan kantor, sekolah, pekerjaan rumah, keluarga, dan lainnya. ISTJ khas dengan sifatnya yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya atau diandalkan dalam mengerjakan segala hal.

Beberapa karakter yang kuat pada diri seseorang dengan ISTJ di antaranya,
1. Seorang Perencana
Sebelum melakukan suatu hal, orang dengan karakter ini lebih suka mempersiapkan segala sesuatunya dengan hati-hati dan matang.

Tak asal bertindak, karakter yang dimilikinya membuat seseorang menikmati kehidupan yang teratur dan penuh rencana. Itu sebabnya, ISTJ menyukai hal-hal yang rapi, terorganisir, dan cukup detail dalam melakukan sesuatu.

2. Seorang yang Realistis
Seperti yang disinggung di atas, orang dengan karakter ini sangat bertanggung jawab terhadap apa pun. Tak hanya itu, ia pun realistis dalam menghadapi berbagai hal dan permasalahan. Tak ingin banyak beranda-andai, seorang ISTJ punya pemikiran yang logis.

Semuanya demi mencapai semua tujuan-tujuan dalam hidupnya, termasuk urusan pekerjaan. Jika biasanya orang susah fokus atau pikirannya mudah kacau, seorang ISTJ mampu mengabaikan gangguan dan tetap fokus pada tanggung jawabnya.

Atas dasar itu, mereka dikenal sebagai orang yang patut dipercaya dan diandalkan.

3. Seorang yang Patuh
Aturan dibuat tentu untuk dipatuhi. Sayangnya, terkadang ada saja orang yang justru menentang dan melanggarnya, terlebih bila aturan tersebut tidak sesuai dengan pemikirannya.

Berbeda untuk orang dengan ISTJ, mereka cenderung memilih untuk mengikuti aturan dan prosedur yang sudah ditetapkan sebelumnya. Meski cenderung kaku, seseorang dengan kepribadian ini memiliki prinsip yang baik.

Ini karena keinginannya untuk patuh dan dalam mempertahankan struktur yang sudah berlaku sebelumnya. Hal ini contohnya dalam menaati aturan.

Sementara situs Very Well Mind dan Truity menyebutkan beberapa kunci karakteristik atau ciri khas pada orang yang memiliki kepribadian ISTJ di antaranya,
1. Individu dengan kepribadian ISTJ cenderung konservatif sehingga mereka akan selalu mengikuti aturan dari awal hingga akhir dan akan mencari lingkungan yang bisa mereka prediksikan serta ada pemahaman yang jelas mengenai peran dalam lingkungan tersebut.
2. Bersikap dan berperilaku sederhana karena hal yang terpenting bagi mereka adalah kegunaan atau fungsi dari suatu hal, bukan unsur-unsur lain, seperti keindahan atau prestise.
3. Seorang ISTJ adalah perencana yang sudah ahli sehingga suka merencanakan berbagai hal untuk menjaga hidupnya tetap sesuai dengan aturan, terorganisir, dan terencana dengan baik.
4. Apabila terdapat suatu kondisi di mana ada hal yang berantakan dan kacau, mereka mungkin akan terus berupaya untuk mengatasi kekacauan tersebut dan menyelesaikan berbagai masalahnya hingga benar-benar tuntas dan tidak akan berhenti sampai hal tersebut selesai.
5. Termasuk orang yang sangat bertanggung jawab sekaligus realistis dengan menggunakan pikiran yang logis untuk mencapai tujuan dari kegiatan yang sudah menjadi tanggung jawabnya hingga akhir dan berusaha tetap fokus selama bekerja sehingga sering kali dapat diandalkan dan dipercaya.
6. Hal lain yang menonjol pada karakteristik ISTJ adalah penekanan mereka pada tradisi dan hukum yang berlaku. Mereka akan lebih suka jika ada aturan, ketentuan, atau prosedur yang berlaku dan akan mengikutinya dengan baik. Mereka juga cenderung kaku dan gigih untuk mempertahankan struktur yang sudah ada.

Profesi yang Cocok untuk Orang dengan Kepribadian ISTJ
Dengan kelebihan dan kekurangan yang sudah disebutkan, individu yang berkepribadian ISTJ juga memiliki kecenderungan profesi yang cocok untuk mereka di antaranya dokter, dokter gigi, dokter hewan, tentara, polisi, detektif, pilot, kepala sekolah, hakim, programer, pustakawan, ahli statistik, auditor, akuntan.

Tokoh yang Memiliki Kepribadian ISTJ
Berdasarkan 16personalities, berikut beberapa tokoh besar yang tentunya sudah terkenal di seluruh dunia dengan kepribadian ISTJ di antaranya George H. W. Bush, J. D. Rockefeller, Ratu Victoria, Ratu Elizabeth II, Harry Truman, Warren Buffett, Anthony Hopkins, George Washington, Denzel Washington, Angela Merkel, Sting, Natalie Portman.

Kelebihan Kepribadian ISTJ
Kelebihan kepribadian ISTJ di antaranya,
1. Fokus
Orang yang memiliki tipe kepribadian ini tergolong sangat fokus. Bahkan, mereka selalu memiliki pendekatan serta perhitungan yang logis untuk menyelesaikan tugas dan mencapai tujuan. Di samping itu, orang dengan tipe kepribadian ISTJ memiliki konsistensi yang baik dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Bukan hanya itu, mereka juga mampu mengabaikan berbagai distraksi atau gangguan sehingga bisa menyelesaikan tugas, pekerjaan, atau kewajibannya dengan baik dan tepat waktu. Bisa dibilang, orang dengan tipe kepribadian ini bisa dipercaya dan dapat diandalkan.

2. Setia
Percaya atau tidak, orang yang memiliki tipe kepribadian ISTJ dikenal sebagai orang yang setia. Bukan hanya kepada pasangan, mereka juga dikenal setia dalam pertemanan. Bagi orang dengan kepribadian ini, dalam mencari kebahagiaan, nilai moral tetap harus diterapkan di segala situasi.

Itu artinya, orang dengan kepribadian ISTJ tidak suka mencari sensasi dalam mencari pasangan. Mereka cenderung lebih suka melakukan hal-hal yang tergolong aman dan wajar dalam menjalin hubungan, karena merasa memiliki tanggung jawab moral dalam setiap tindakannya.

3. Penuh perhitungan
Orang dengan kepribadian ISTJ memiliki perhitungan yang baik dan perencanaan yang matang. Mereka tidak pernah terburu-buru dalam mengambil keputusan dan tidak gegabah dalam berperilaku.

Orang dengan tipe kepribadian ini selalu memikirkan segala sesuatunya dengan baik terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan. Tak heran jika mereka dikenal sebagai orang yang penuh perhitungan.

Kekurangan Kepribadian ISTJ
Beberapa kekurangan dari kepribadian ISTJ di antaranya,
1. Kaku
Orang dengan tipe kepribadian ini bisa dibilang memiliki karakteristik yang tergolong kaku, karena selalu mematuhi segala peraturan yang berlaku. Bagi mereka, sudah menjadi kewajiban dari masing-masing individu untuk menaati peraturan yang ada.

Tak hanya itu, hal ini membuatnya menjadi berekspektasi bahwa orang lain juga akan melakukan hal yang sama dengannya. Padahal, tidak semua orang memiliki pola pikir yang sama dengannya. ‘

2. Keras kepala
Orang dengan tipe kepribadian ini memiliki kecenderungan untuk sulit menerima ide-ide baru yang tidak berdasarkan pada fakta yang diketahuinya. Hal ini membuatnya sering kali kesulitan menerima kenyataan bahwa mereka bisa salah.

Ya, semua orang pasti pernah melakukan salah perhitungan, bahkan orang dengan tipe kepribadian ISTJ yang dikenal sebagai orang yang sangat hati-hati dan penuh perhitungan.

3. Kurang peka
Meski setia, orang dengan kepribadian ISTJ memiliki kecenderungan kurang peka terhadap perasaan orang lain. Bahkan, mereka juga sering kali kesulitan dalam memahami perasaan orang lain.

Namun, seiring berjalannya waktu, biasanya orang dengan kepribadian ini akan berusaha untuk memahami perasaan orang lain dan melakukan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan emosional dari orang terdekatnya.

Fakta Kepribadian ISTJ
Beberapa Fakta Menarik Kepribadian ISTJ di antaranya,
1. Kepribadian Paling Banyak di Dunia
Bisa dibilang tipe kepribadian ISTJ ini paling sering ditemui di masyarakat. Melansir dari 16personalities.com, sebanyak 13 % dari keseluruhan populasi di dunia memiliki kepribadian ISTJ.

2. Dikenal Sebagai Ahli Logistik
Melansir dari 16personalities.com, kepribadian ISTJ dikenal sebagai ahli logistik. Ahli logistik dalam bidang pekerjaan adalah orang yang bertanggung jawab dalam menganalisis dan mengkoordinasikan fungsi logistik. Ia dikenal sebagai pribadi penuh dedikasi dan integritas. Ia juga memiliki standar dalam pekerjaannya.

3. Perencana yang Baik
Tipe kepribadian ISTJ percaya bahwa tujuan tanpa perencanaan yang matang hanyalah sebuah harapan. Hal itu yang menyebabkan kepribadian ISTJ dikenal sebagai seorang perencana yang baik. Ia merencanakan segala sesuatu dengan hati-hati dan detail.

Ia juga percaya bahwa sesuatu yang dilakukan secara terorganisir dan teratur akan menghasilkan sesuatu yang baik di akhir. Namun, tipe kepribadian ini membenci kekacauan.

Contoh, ketika pekerjaan tiba-tiba tidak berjalan semestinya, ia akan bertanya-tanya mengapa semua tidak berjalan sesuai rencana. Kekacauan paling serius bagi kepribadian ISTJ adalah bencana, meski begitu ia tetap realistis. Ia tidak akan berdiam diri terlalu lama. Ia tetap mengusahakan untuk memperbaiki pekerjaan dengan baik.

4. Setia
Tipe kepribadian ISTJ ini memiliki keistimewaan setia dalam menjalin suatu hubungan, baik terhadap pasangan, keluarga, atau sahabat. Ia menjunjung tinggi komitmen dan memprioritaskan hubungan di atas segalanya.

Menurut ISTJ, hubungan adalah suatu ikatan kuat antara manusia yang membuat tantangan hidup menjadi mudah dicapai karena kekuatan yang dimiliki akan berlipat ganda.

5. Menjunjung Tinggi Suatu Tradisi
Tipe kepribadian ISTJ menjunjung tinggi tradisi dan aturan. Ia taat pada suatu aturan yang berlaku, sehingga kecil kemungkinan untuk ia melanggar aturan tersebut. Menurut ISTJ, tradisi adalah sesuatu yang harus dipegang teguh dalam diri seseorang. Hal tersebut menjadi suatu tanda bagaimana tingkat loyalitas kita terhadap suatu aturan.

6. Realistis
Tipe kepribadian ISTJ ini juga dikenal realistis.  Ia tidak terlalu berimajinasi dengan sesuatu yang tidak sesuai dengan fakta. Ia memiliki pemahaman yang baik tentang realitas suatu keadaan sehingga ISTJ mengerti bahwa ada sesuatu yang kadang tidak berjalan semestinya.

Justru realitas memberikan pemahaman pada tipe kepribadian ISTJ untuk bertindak sesuai dengan fakta. Hal ini sesuai dengan tipe kepribadiannya sebagai seorang sensing dan thinking.

7. Fokus pada masa kini
Tipe kepribadian ISTJ ini menyadari bahwa tujuan hidup bisa dicapai jika kita hidup di hari ini. Ia tidak hidup di masa lalu atau masa depan. Wayne Dyer juga pernah mengatakan untuk “stop acting as if life is a rehearsal, live this day as if it were your last, the past is over and gone the future is not guaranteed.”

Sementara Truity menyebutkan beberapa fakta mengenai orang-orang yang memiliki kepribadian ISTJ di antaranya,
1. Termasuk tipe orang yang tenang, stabil, siap siaga, berhati-hati, dan konvensional sehingga tidak suka terburu-buru atau gegabah ketika terjadi sesuatu.
2. Menjadi kelompok kepribadian yang dapat berprestasi secara akademik dengan nilai yang tinggi.
3. Sering terlihat memiliki pekerjaan seputar manajemen, administrasi, akuntan, serta pihak penegak hukum.
4. Pada umumnya individu yang berkepribadian ISTJ menikmati pekerjaan dengan lingkungan yang memiliki buku manual, pedoman, atau petunjuk yang jelas dan akan menyelesaikan tugas berdasarkan buku tersebut.
5. Cenderung terlalu memperhatikan dan mengutamakan orang lain di atas kebutuhannya pribadi.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Kepribadian ISTJ: Pengertian, Karakteristik, Profesi yang Cocok, Tokoh, Kelebihan, Kekurangan, dan Faktanya"