Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kepribadian INFP: Pengertian, Karakteristik, Tipe, Profesi yang Cocok, Tokoh, Kelebihan, Kekurangan, dan Faktanya

Pengertian Kepribadian INFP
Kepribadian INFP
Pengertian Kepribadian INFP
Kepribadian INFP adalah akronim dari kepribadian Introvert, Intuition, Feeling, dan Perception (INFP). Tipe kepribadian INFP merupakan salah satu dari 16 jenis kepribadian yang diidentifikasi oleh indikator tipe Myers-Briggs (MBTI).

Secara umum, tes yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katharine Briggs ini mengacu pada pada empat skala, yaitu Extraversion (E) – Introversion (I), Sensation (S) – Intuition (N), Thinking (T) – Feeling (F), dan Judging (J) – Perceiving (P).

Orang dengan kepribadian INFP cenderung dikenal sebagai sosok introvert yang idealis, kreatif, dan memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi. Kepribadian INFP dikenal pendiam dan jarang bersosialisasi. Namun, mereka juga memiliki sifat peduli dan suka membantu orang lain.

Di antara teman-teman dekatnya, ia adalah sosok yang setia, peka, dan penyayang. Sosok INFP juga sebenarnya pandai mengekspresikan perasaan, tetapi mereka lebih suka mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka melalui tulisan daripada berbicara.

Orang dengan kepribadian INFP cenderung idealis. Namun, mereka juga tertarik untuk belajar lebih banyak tentang orang lain dan bersedia mendengarkan suatu masalah dari berbagai sisi. Apabila dibedah satu-persatu, kepribadian INFP dapat dijelaskan sebagai berikut di antaranya,
1. Introversion, menunjukkan individu yang tertutup dengan orang lain dan biasanya lebih suka menghabiskan waktu untuk melakukan berbagai kegiatan sendiri, tetapi tetap mau bersosialisasi.
2. Intuition, dapat diartikan dengan kecenderungan untuk menggunakan intuisi untuk melihat segala sesuatu secara umum dan kurang memperhatikan detail-detail.
3. Feeling, atau perasaan yang membuat individu dapat memahami perasaan orang lain dengan baik sehingga keputusan yang dibuat juga berdasarkan perasaannya tersebut.
4. Perceiving, dengan arti individu bersikap spontan, terbuka, atau fleksibel terhadap pembuatan keputusan atau terkait perencanaan.

Kepribadian INFP Menurut Para Ahli
1. Utami dan Bahtiar (2020), individu berkepribadian INFP merupakan bagian dari kelompok dalam MBTI yang terdiri atas introverted, intuition, feeling, serta perceiving di mana mereka cenderung menekankan perasaannya dan diiringi dengan pikiran yang intuitif.
2. Dari situs Very Well Mind, individu yang memiliki kepribadian INFP biasa disebut dengan idealis atau mediator. INFP juga diartikan sebagai orang yang ingin membuat dunia menjadi lebih baik untuk dirinya dan orang lain sehingga mereka dapat menghabiskan banyak waktu untuk mengeksplorasi tujuan hidup serta hal yang dapat dilakukan agar dapat membantu sesama makhluk hidup.

Karakteristik Kepribadian INFP
Berikut beberapa karakteristik seseorang yang memiliki kepribadian INFP di antaranya,
1. Peduli sesama
Ada satu karakteristik khas orang dengan kepribadian INFP, yaitu memiliki kepedulian tinggi. Ia bahkan suka mengembangkan bakat dan keterampilan yang dimilikinya untuk membantu sesama.

2. Cenderung pendiam
Orang dengan kepribadian INFP dikenal pendiam, tapi bukan berarti mereka pemalu dan tidak mau bergaul. Ia lebih suka berinteraksi dengan teman dekatnya atau menyendiri karena interaksi sosial dapat membuatnya merasa lelah.

3. Mengabaikan hal yang detail
Saat mengerjakan sesuatu, kepribadian INFP cenderung mengandalkan intuisi daripada melihat fakta yang ada. Ia juga lebih fokus terhadap gambaran besar daripada hal-hal detail yang biasa atau membosankan. Namun, ia bisa sangat teliti saat mengerjakan sesuatu yang sangat penting baginya.

4. Mengutamakan perasaan
Setiap mempertimbangkan suatu keputusan, orang dengan kepribadian INFP lebih mengutamakan perasaan daripada memikirkan hal-hal secara objektif.

5. Pandai menjadi mediator
Orang dengan kepribadian INFP paling tidak suka dengan konflik dan sebisa mungkin berusaha menghindari hal tersebut terjadi.

Namun, ketika orang lain terlibat dalam konflik, kepribadian INFP dapat menjadi mediator atau penengah yang cukup baik. Ia mampu mengidentifikasi dan mengungkapkan perasaan yang tidak bisa diungkapkan oleh orang lain dalam konflik tersebut.

Sementara dari situs Very Well Mind, terdapat beberapa kunci karakteristik orang yang memiliki kepribadian INFP dan dapat membedakannya dengan kelompok kepribadian yang lain di antaranya,
1. Kecenderungan pada introversion membuat individu akan merasa kelelahan dan terkuras energinya ketika harus berinteraksi dengan orang yang banyak. Dengan demikian, mereka perlu waktu untuk sendiri dan mengisi kembali energinya.
2. Umumnya lebih cenderung melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang luas atau secara garis besarnya saja dan tidak terlalu menyadari hal-hal kecil.
3. Penekanan pada penggunaan perasaan pribadi sehingga kebanyakan keputusan yang dibuat dipengaruhi oleh kondisi emosional yang subjektif daripada analisis dengan logika yang objektif.
4. Dengan kekuatan pada feeling dan perceiving, individu dengan kepribadian ini sangat suka memberi pertolongan, dapat menghargai orang lain dengan baik, berusaha menjadi pendengar yang baik, serta hal-hal lainnya yang dianggap dapat membuat dunia menjadi lebih baik.

Tipe Kepribadian INFP
Kepribadian INFP dibagi menjadi dua tipe di antaranya,
1. INFP-Assertive
Kepribadian INFP-A cenderung melihat sebuah kesalahan sebagai hal yang pasti dialami oleh setiap orang sesekali dan tidak mau terlalu diambil pusing. Kalau dibanding dengan INFP-T, orang dengan INFP-A lebih percaya diri dalam menghadapi suatu masalah atau mengambil sebuah risiko. Hal ini membuat kepribadian INFP-A sering dicap sebagai orang yang arogan bila dibandingkan dengan INFP-T.

Selain itu, INFP-A juga lebih nyaman dengan dirinya sendiri untuk memikirkan hal-hal positif. Sebagai mediator, INFP-A pandai menumbuhkan dorongan dan harapan kepada orang lain.  Mereka dapat menjadi pendengar yang baik dan sangat menghargai pendapat orang lain.

2. INFP-Turbulent
Kalau INFP-A cenderung lebih santai dalam menanggapi segala hal, beda halnya dengan INFP-T. Kepribadian INFP-T melihat sebuah kesalahan sebagai sebuah kegagalan. Orang dengan kepribadian INFP-T seringkali merasa tidak nyaman dengan kehidupan mereka saat ini.

Mereka sering menggunakan ketidakpuasan ini untuk mencoba menjadi orang yang lebih baik. Dorongan untuk memperbaiki apa yang mereka putuskan sebagai kekurangan sering kali mendorong mereka untuk bekerja lebih keras.

Pada akhirnya, mereka menjadi kewalahan dan rentan stres karena terlalu menuntut dirinya sendiri. INFP-T  juga rentan mengalami penyesalan terhadap pilihan-pilihannya. Kendati demikian, ada kesamaan antara INFP-A dan INFP-T.

Keduanya sama-sama punya kepedulian terhadap apa yang dipikirkan orang lain, menghargai pendapat orang lain dan selalu memperhatikan ketika orang berbicara.

Profesi yang Cocok untuk Kepribadian INFP
Pekerjaan yang dapat dipilih orang berkepribadian INFP sangat beragam di antaranya seniman, arsitek, penulis, komposer, sutradara, aktor, penari, koreografer, arsitek, jurnalis, pustakawan, sastrawan, psikolog, psikiater, terapis, pekerja sosial, konselor, desainer grafis, editor, aktivis.

Tokoh dengan Kepribadian INFP
Karena jumlah individu yang memiliki kepribadian cukup banyak, terdapat banyak juga tokoh-tokoh besar yang berkepribadian INFP di antaranya William Shakespeare, Carl Rogers, Isabel Briggs Myers (salah satu pencetus tes MBTI), Bjork, Princess Diana, JRR Tolkien, Hellen Keller, Tom Hiddleston, John Lennon, Chlie Sevigny, Fred Rogers, Alicia Keys, Johnny Depp, Julia Roberts, Laura Ingalls Wilder.

Kelebihan Kepribadian INFP
1. Dapat bekerja dengan baik secara individual
2. Sangat menghargai hubungan dekat
3. Kemampuan yang baik dalam melihat sesuatu secara menyeluruh
4. Loyal kepada orang lain
5. Peka terhadap perasaan orang lain
6. Peduli pada sesama
7. Kreativitas tinggi
8. Jujur dan tidak suka memanfaatkan orang lain.

Kekurangan Kepribadian INFP
1. Cenderung melakukan segala sesuatunya sendiri
2. Terkadang terlalu idealis
3. Mudah tersinggung
4. Kurang menggunakan logika
5. Cukup sulit untuk dimengerti
6. Terlalu memaksakan untuk mengutamakan orang lain
7. Terlalu detail, tetapi juga kadang tidak memperhatikan detail.

Fakta Menarik tentang INFP
1. INFP adalah pendengar terbaik
2. INFP senang berimajinasi
3. INFP adalah seorang pengamat
4. INFP adalah penyembuh luka emosional
5. INFP adalah orang yang aneh

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Kepribadian INFP: Pengertian, Karakteristik, Tipe, Profesi yang Cocok, Tokoh, Kelebihan, Kekurangan, dan Faktanya"