Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tape Drive: Pengertian, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Tape Drive
Tape Drive
Pengertian Tape Drive
Tape drive adalah media penyimpanan data berbasis pita magnetik. Penyimpanan data pita magnetik biasanya digunakan untuk penyimpanan data arsip yang offline. Media tape umumnya memiliki biaya satuan yang menguntungkan dan stabilitas arsip yang panjang.

Tape drive menyediakan penyimpanan akses sekuensial, yaitu metode pengambilan data yang dilakukan sesuai dengan urutan data di dalam pita penyimpanan. Untuk memperoleh data yang diinginkan, pita harus digulung ke depan atau ke belakang sampai lokasi data tersebut ditemukan.

Akibatnya, tape drive memiliki waktu akses rata-rata yang sangat besar. Tape drive sudah banyak ditinggalkan karena metode pengambilan datanya menggunakan metode sequential access (akses berurutan) yang jauh lebih lambat daripada disk drive.

Meskipun harddisk dan cloud storage lebih unggul dalam hal kecepatan, masih banyak perusahaan yang memakai tape drive untuk keperluan pengarsipan file atau backup. Salah satu alasannya adalah faktor harga yang lebih ekonomis. Tape drive merupakan solusi penyimpanan data besar yang paling murah yang pernah ada.

Tape drive juga bisa lebih diandalkan dalam menulis data karena tingkat unrecoverable bit error yang lebih rendah daripada hard disk. Error ini terjadi ketika sebuah media seharusnya menulis 1 tapi justru menulis 0 — atau sebaliknya — dan kesalahan tersebut tidak dikoreksi sehingga mengakibatkan corrupted data.

Fungsi Tape Drive
Tape drive secara garis besar memiliki fungsi menyediakan sebuah ruang penyimpanan cadangan pada sebuah sistem dengan menghemat biaya dan juga umur yang signifikan. Fungsi tape drive ini dimanfaatkan dalam industri komputer.

Fungsi lain dari tape drive yang juga berdampingan dengan fungsi penyimpanan cadangannya yakni adalah sebagai perpanjangan sistem file yang digunakan untuk menyimpan file dengan kapasitas yang besar.

Teknologi tersebut disebut juga dengan Linear Tape File System, yang mana memberikan kartrid pita seolah itu adalah drive disk. Biasanya hal – hal semacam ini digunakan untuk menyimpan file yang berupa video maupun film.

Terutama jika film tersebut terdiri dari beberapa video dengan resolusi yang beda, potongan yang berbeda, adegan, hingga bahasa yang berbeda. Oleh karena itu bisa disimpan di kaset secara efisien sesuai dengan kebutuhan.

Kelebihan Tape Drive
Tape drive masih banyak digunakan oleh perusahaan karena memiliki beberapa kelebihan di antaranya,
1. Mempunyai kapasitas yang cukup besar mencapai 6TB/cardtridge (untuk LTO-7) serta built –in lossless dengan kompresi kecepatan baris yang bisa digunakan sebagai penyimpanan hingga mencapai 15TB/tape.
2. Memberikan sebuah perlindungan dan keamanan yang tergolong tinggi terutama untuk data bisnis sekalipun misalnya kaset tersebut hilang maupun jatuh di tangan pihak yang salah.
3. Dapat membaca dan juga menulis dengan native yang lebih dari 150MB/detik. Yang mana membuktikan bahwa kecepatan tape drive jauh lebih cepat dibanding dengan kecepatan disk drive.
4. Merupakan tipe penyimpanan yang paling efektif dan hemat energi per TB datanya yang telah disimpan ketika selesai ditulis. Tape cardtridge tidak membutuhkan daya yang digunakan dalam pemeliharaan data dan hanya butuh 11 watt ketika dilakukan idle dan 31 watt ketika berada di bawah beban.

Dalam aturan bisnis, biasanya tape drive ini dimasukkan dalam sebuah array enclosure yang memiliki lapisan tambahan pada daya yang terdapat di atas kepalanya.

5. Data yang telah ditulis atau dituangkan ke dalam pita mempunyai masa pakai yang dapat terukur dalam sekian dekade, hanya dengan memelihara lingkungan misalnya memperhatikan unsur – unsur suhu, kelembapan, maupun rotasi.
6. Tape drive biasanya juga diperjual belikan di dalam perpustakaan tape, yang mana merupakan gabungan dari satu ataupun beberapa tape drive, beberapa kuota atau slot hingga robot yang digunakan dalam pemindahan kartrid yang berasal dari slot ke dalam tape drive.

Kekurangan Tape Drive
Terdapat beberapa kekurangan tape drive di antaranya,
1. Dalam perekaman, akses yang dilakukan secara langsung cukup lambat dan membutuhkan waktu yang cukup panjang.
2. Memerlukan penafsiran lebih lanjut terhadap mesin.
3. Proses yang dilakukan harus secara sequential yang mana harus secara berurutan di dalam pita penyimpanan dengan menggulung pita hingga mendapat data yang diinginkan.
4. Dari segi materinya, tape drive dapat mengalami jamur maupun karat.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Tape Drive: Pengertian, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya"