Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Screen Filter Komputer: Pengertian dan Jenisnya

Pengertian Screen Filter Komputer
Screen Filter Komputer
Pengertian Screen Filter Komputer
Screen filter komputer adalah lapisan pelindung yang dipasang pada layar untuk mengurangi radiasi, silau, dan terkadang juga untuk memenuhi kebutuhan privasi.

Penggunaan screen filter komputer dapat mengurangi sebagian besar dampak negatif terhadap kesehatan akibat menggunakan komputer dalam jangka waktu lama. Adapun manfaat yang bisa diperoleh tergantung dari jenis screen filter komputer yang digunakan.

Jenis Screen Filter Komputer
Terdapat dua jenis screen filter komputer yang populer di antaranya,
1. Anti Glare
Anti glare (anti silau) ditujukan untuk mengurangi refleksi cahaya pada layar monitor sekaligus untuk melindungi pengguna dari paparan radiasi yang dihasilkan oleh monitor.

Semua monitor mengeluarkan radiasi. Banyak pihak, terutama vendor monitor, mengklaim bahwa radiasi yang dipancarkan monitor sangat rendah sehingga tidak membahayakan kesehatan manusia.

Namun, ada pula sejumlah penelitian yang menyatakan bahwa radiasi monitor, meskipun kadarnya rendah, berakibat buruk pada kesehatan dalam jangka waktu panjang.

Pada monitor LCD, level radiasinya memang tidak separah monitor CRT, tapi radiasi itu tetap ada. Dengan kata lain, risiko-risiko kesehatannya masih belum tersingkirkan, hanya levelnya saja yang menurun.

Level radiasi monitor akan lebih menurun lagi jika Anda menggunakan screen filter komputer. Fitur anti radiasi ini adalah fitur ekstra, sedangkan fitur utamanya adalah untuk mengurangi refleksi yang muncul pada layar karena kondisi cahaya ruangan yang kurang ideal.

2. Privacy Filter Komputer
Tujuan utama dari privacy filter komputer adalah untuk mengatasi visual hacking. Visual hacking merupakan teknik pengintaian nondigital yang dilakukan dengan cara mengintip layar secara langsung. Sebagai solusinya, privacy filter komputer mempersempit sudut pandang pada layar.

Dengan demikian, hanya pengguna yang duduk di depan layar yang bisa melihat isi layar, sedangkan orang lain tidak akan bisa melihatnya dari samping kanan dan kiri.

Meski tujuan utamanya adalah untuk keamanan, privacy filter komputer juga mengusung fitur-fitur lain untuk menangkal berbagai risiko kesehatan mata yang diakibatkan oleh monitor (digital eye strain).

Risiko-risiko kesehatan yang terkait dengan mata tersebut antara lain mata lelah, rabun jauh, rabun dekat, mata merah, dan lain-lain. Sementara itu, risiko kesehatan lainnya yang tidak terkait mata tapi tetap diakibatkan oleh menatap layar komputer terlalu lama adalah rasa sakit kepala.

Dampak negatif cahaya biru yang dipancarkan layar monitor juga dapat dikurangi dengan menggunakan privacy filter komputer. Dampaknya tidak hanya pada mata, tapi juga pada pola tidur manusia.

Privacy filter komputer biasanya juga memiliki fitur anti silau. Karena kelengkapan fiturnya, screen filter komputer yang termasuk dalam kategori privacy filter komputer ini lebih dianjurkan daripada anti glare.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Screen Filter Komputer: Pengertian dan Jenisnya"