Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Orang Sarkastis: Pengertian, Ciri, dan Faktanya

Pengertian Orang Sarkastis
Orang Sarkastis
Pengertian Orang Sarkastis
Sarkastis dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah bersifat mengejek; mengandung sarkasme. Sementara sarkasme adalah (penggunaan) kata-kata pedas untuk menyakiti hati orang lain; cemoohan atau ejekan kasar.

Sarkastis merupakan ungkapan sindiran yang tajam terhadap sesuatu. Biasanya diarahkan kepada seseorang karena emosi yang dialaminya. Tujuan akhir dari sarkastis adalah menyakiti hati seseorang. Orang sarkastis cenderung dibenci banyak orang karena gaya dalam pengungkapan baik verbal maupun non verbal bisa mengarah ke banyak orang.

Ciri Orang Sarkastis
Ciri-ciri dari orang sarkastis biasanya suka ceplas-ceplos dan spontan sehingga ada banyak yang tersindir olehnya, meskipun ia tidak bermaksud menyindir. Ceplas-ceplos ala sarkastis merupakan kemampuan pengungkapan emosional yang tidak dapat terkontrol. Namun di dalam kejengkelannya menghadapi orang sarkastis, ia bisa dikatakan manusia yang jenius.

Hal yang biasa dilakukan adalah mudah bosan pada rutinitas, selalu diliputi pertanyaan demi pertanyaan bahkan di saat akan tidur dan berlangsung hingga larut malam, sering bertanya kepada seseorang bahkan bertanya pada diri sendiri di saat kesepian, tidak suka meluapkan emosi marah dan cenderung memarahi dirinya sendiri, lebih suka membaca sebagai hobi, susah fokus dan sering pelupa, suka menganggap dirinya bodoh.

Fakta Orang Sarkastis
Tidak semua tipikal sarkastis selalu menyebalkan selalu, berikut beberapa fakta dibalik orang yang sarkastis di antaranya,
1. Tipikal yang pintar dan kreatif
Umumnya orang dengan tipikal sarkastis akan menggunakan otaknya sedikit lebih keras dari orang kebanyakan. Jadi, jangan mengambil kesimpulan jika orang sarkastis itu kurang pintar atau cerdas, mereka justru menyembunyikan kecerdasannya dibalik kesarkastisannya.

Selain itu orang tipikal ini sangat kreatif dalam menyajikan ide-ide tertentu dan mereka tipikal asyik untuk diajak ngobrol tentang berita-berita yang sedang happening.

2. Tipikal yang tahan banting
Fakta dibalik orang yang sarkastis lainnya yaitu dirinya merupakan seseorang yang tangguh dan tahan banting. Dalam artian ia mampu menghadapi segala sesuatu yang terjadi, memiliki jiwa yang kuat. Tipikal ini memang sangat mengandalkan dirinya dalam situasi, karena kecerdasannya maka ia mampu mengatasi apa saja yang dihadapi.

3. Tipikal Problem Solver
Selain itu tipikal sarkastis menjadi pentolan bagi teman dan kerabatnya dalam mencari solusi setiap masalah. Ia dikenal sebagai problem solver, dan juga orang yang dekat dengan dirinya merasa nyaman karena selain menjadi pencari solusi ia juga mampu membuat orang sekitarnya menjadi diri sendiri atau apa adanya.

4. Tukang Ahli Menyindir
Fakta dibalik orang yang sarkastis memang ia dikenal sebagai seorang yang suka menyindir, menyinggung seseorang secara halus. Bagi orang yang tidak merasa dirinya disindir hal tersebut bukanlah suatu masalah.

Namun, jika yang disindir adalah tipikal sensitif maka akan terasa sekali sindirannya yang pedas. Walau terkesan sepele namun jika dirasa begitu tajam sindiran yang bisa diucapkan si sarkastis ini.

5. Tipikal Yang Apa Adanya
Salah satu keuntungan berteman dengan tipikal sarkastis yaitu bisa menjadi diri sendiri. Karena tipikal ini menerima siapa pun yang bersikap terbuka, bukan sebaliknya. Karena tipe ini tidak bisa dibohongi, dirinya tahu mana yang mencoba berbohong dan mana yang tidak.

Jadi jangan pernah menjadi topeng jika ingin bersahabat dengan tipikal ini. Jika baik haruslah tulus, namun jika Anda memiliki niat buruk jangan berharap akan mudah diberikan kepercayaan.

6. Tipikal Sahabat Setia
Tipikal sarkastis juga memiliki sisi positif yaitu ia merupakan tipikal sahabat yang setia. Jika ia sudah percaya dan menjadi bagian dari diri Anda, maka kesetiaannya sangat utama. Sehingga Anda bisa mempercayainya, tipe ini tidak suka dibohongi dan ia mampu mengetahui perasaan Anda selama dekat dengan dirinya.

7. Bukan Tipikal Pendendam
Selanjutnya fakta dibalik orang yang sarkastis lainnya yaitu mereka bukanlah tipikal pendendam. Menurutnya ia sudah terbiasa menyindir atau menyinggung orang lain, jadi apabila ada orang yang tidak suka dengannya maka ia akan menjadi pribadi yang biasa saja.

Karena ia tahu dirinya merupakan orang yang terbuka dan tidak mempersoalkan orang lain yang membencinya, sehingga cocok untuk dijadikan teman ngebanyol tingkat tinggi.

8. Terkadang Mampu Membuat Guyonan Melalui Sindiran
Suka menyindir namun juga bisa tipikal ini membuat guyonan menurut keinginannya. Memiliki teman tipikal ini hal yang penting diketahui yaitu ia memiliki hati terbuka dan luas.

Terkadang sindiran yang ia lontarkan memiliki maksud namun adakalanya dibuat sebuah guyonan yang menyindir dengan maksud tertentu. Sehingga orang yang belum paham hanya menganggap itu sebagai humor atau banyolan yang membuat orang tertawa.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Orang Sarkastis: Pengertian, Ciri, dan Faktanya"