Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Kontemplatif: Pengertian dan Contohnya

Pengertian Metode Kontemplatif
Metode Kontemplatif
Pengertian Metode Kontemplatif
Kontemplatif dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah bersifat membangkitkan kontemplasi. Kata kontemplatif sendiri berasal dari Bahasa Latin (contemplore) berarti merenung dan memandang.

Kontemplatif merupakan cara hidup yang mengutamakan kehidupan penuh ketenangan, bermati raga, dan bertapa, sehingga dapat berdoa dan bersemadi dengan lebih mudah.

Contoh Metode Kontemplatif
Berikut beberapa contoh metode kontemplatif dalam psikologi di antaranya,
1. Metode Yoga
Yoga adalah sebuah ilmu yang menjelaskan kaitan antara fisik, mental, dan spiritual manusia untuk mencapai sistem kesehatan menyeluruh (holistik) yang terbentuk dari kebudayaan India kuno.

Yoga pertama kali diperkenalkan dalam buku Yoga Sutras yang ditulis oleh patanjali, yaitu seorang tokoh legenda dari India yang hidup sekitar 200 hingga 500 SM (Sindhu, 2014:30).

Istilah Yoga berasal dari bahasa Sansakerta kuno yaitu yuj yang berarti union atau penyatuan diri. Yoga memiliki tiga arti yang berbeda, yaitu: Penyerapan (samadhi/yujyate), menghubungkan (yunakti), dan pengendalian (yojyanti).

Namun makna kunci yang biasa dipakai adalah meditasi (dhyana) dan penyatuan (yukti).

Yoga merupakan suatu sistem yang sistematis dalam melakukan latihan rohani untuk mencapai ketenangan batin dan melakukan latihan fisik untuk mencapai kesehatan jasmani dan rohani sehingga disebut dengan Jiwan Mukti.

Yoga diyakini sebagai media atau metode yang dapat menenangkan seluruh pikiran serta merenungkan diri serileks mungkin.

Dengan yoga pikiran akan menjadi lebih santai, jernih dan juga menjadi lebih segar. Banyak orang yang menyukai metode ini, selain sehat untuk jiwa raga juga dapat dijadikan metode psikologi seseorang.

2. Metode Meditasi
Meditasi adalah sebuah aktivitas yang bertujuan untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Teknik yang digunakan pun berbagai macam. Namun, salah satu yang paling populer adalah meditasi mindfulness, di mana fokus dari meditasi adalah untuk bisa menjadi lebih sadar akan diri kita dan sekeliling.

Hampir sama dengan yoga, meditasi menggunakan pikiran untuk kegiatan merenung atau menenangkan pikiran dan jiwa. Sudah ratusan tahun yang lalu meditasi digunakan sebagai bentuk penyerahan jiwa kepada Tuhan dengan tujuan mendapat pencerahan dan ketenangan.

3. Dengan Cara Berdoa
Bagi sebagian umat beragama melakukan ritual doa merupakan salah satu cara untuk membersihkan dosa dan juga merenung akan tindakan yang sudah dilakukan atau akan dilakukan.

Berdoa menjadi satu cara menenangkan pikiran, jiwa dan juga raga untuk tetap bersikap bersih dan menjernihkan pikiran dari hal buruk baik di masa lalu dan untuk masa depan.

4. Dengan Berzikir
Cara yang dapat dilakukan sebagai contoh metode kontemplatif dalam psikologi berikutnya yaitu dengan zikir.

Zikir berfokus pada kalimat Ilahi dan menyampaikan pujian untuk mendapatkan ketenangan pikiran dan juga jiwa. Dengan zikir maka ucapan, pikiran dan hati menjadi tertuju dan fokus, dan kekuatan zikir yang tulus dan khusyu akan membawa pada dampak psikologi yang luar biasa.

5. Metode Hipnotis
Hipnosis adalah suatu kondisi mental (menurut state theory) atau diberlakukannya peran imajinatif (menurut non-state theory). Hipnosis biasanya disebabkan oleh prosedur yang dikenal sebagai induksi hipnotis, yang umumnya terdiri dari rangkaian panjang instruksi awal dan sugesti.

Sugesti hipnosis dapat disampaikan oleh seorang penghipnosis di hadapan subjek, atau mungkin dilakukan sendiri oleh subjek (swahipnosis). Penggunaan hipnosis untuk terapi disebut hipnoterapi, sedangkan penggunaannya sebagai bentuk hiburan bagi penonton dikenal sebagai hipnosis panggung.

Cara ini bisa dilakukan dalam melalukan psikologi untuk seseorang, dengan syarat di bawah petunjuk ahli atau dokter.

Metode hipnotis dapat membuat pikiran dan otak menjadi kosong, sehingga informasi apapun yang disampaikan biasanya terucap dengan spontan. Metode ini membutuhkan media, alat, prasarana dan perlengkapan lain untuk menunjang penyelidikan.

6. Metode Muhasabah
Dalam ajaran agama Islam, salah satu tingkatan seseorang menenangkan dan merenungkan diri dengan cara muhasabah.

Muhasabah adalah merenungkan segala kelemahan diri untuk fokus dan berkomitmen memperbaiki agar menjadi lebih baik ke depannya. Metode ini dilakukan secara rutin dan terus menerus, sehingga tercipta perubahan sikap dan watak yang ke arah lebih baik.

7. Metode Zero Mind
Metode ini merupakan satu upaya untuk menjernihkan emosi, pikiran, jiwa sehingga terbangunlah hati nurani yang suci dan bersih. Dengan metode ini diharapkan seseorang dapat memperbaiki seluruh aspek dalam dirinya dan menjadi pribadi yang bersih, baik dan khusyu.

8. Metode Tafakur
Yang dimaksud dengan tafakur yaitu kegiatan berpikir atau merenungkan segala kejadian yang sudah dialami di alam semesta.

Baik itu dari suatu kejadian n dari suatu pengalaman indriawi, tafakur menjadi cara untuk jiwa dan pikiran lebih tenang, fokus dan berpikir positif akan apa yang sudah dialami. Menjadikan segalanya lebih tulus, ikhlas dan menerima dengan kerendahan hati.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Metode Kontemplatif: Pengertian dan Contohnya"