Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Foto Bokeh: Pengertian, Penyebab, Pengaplikasian, dan Tipsnya

Pengertian Foto Bokeh
Foto Bokeh
Pengertian Foto Bokeh
Bokeh adalah kualitas estetika fotografi yang dihasilkan dari bagian yang tidak fokus atau blur. Istilah bokeh dari bahasa Jepang ‘boke’ yang berarti blur (kabur) atau kabut. Bokeh biasanya digunakan oleh para fotografer untuk memisahkan point of interest dengan latar belakang (background) juga latar depan (foreground).
 
Efek ini menekankan kepada kualitas estetika dari keburaman area di luar fokus gambar Anda. Semakin sempit depth of field atau semakin besar aperture, maka semakin banyak pula area di luar fokus yang Anda dapatkan. Karena penekanannya pada kualitas estetika, bokeh cenderung bersifat subjektif.

Umumnya, keberhasilan efek ini dilihat dari sejauh mana Anda bisa membuat background tampak terpisah dari subjek foto, sehingga menciptakan kesan kedalaman yang unik.

Penyebab pembuatan Foto Bokeh
1. Menyembunyikan Bagian yang Tidak Perlu
Dengan menggunakan teknik bokeh Anda dapat menyembunyikan bagian dari sebuah foto yang mengganggu dan tidak perlu ditampilkan. Karena bagian tersebut belum tentu bisa disingkirkan secara fisik, maka Anda bisa menggunakan teknik bokeh ini.

Background foto yang buram atau kabur akan membuat objek tampak lebih jelas dan background yang mengganggu tidak akan tampak kembali.

2. Menonjolkan Objek Utama
Foto bokeh akan membuat objek utama akan tampak terlihat lebih jelas. Dengan background yang kabur, otomatis objek utama di dalam foto akan semakin menonjol sehingga mata yang melihat akan langsung terfokus ke objek utamanya tersebut.

3. Menambah Nilai Estetika Foto
Selain dapat menyembunyikan bagian yang tidak perlu dan menonjolkan objek utama, foto bokeh juga banyak digunakan untuk membuat nilai estetika fotografi menjadi lebih tinggi.

Membuat background foto yang menjadi buram adalah teknik dan kreativitas yang akan selalu dipelajari oleh fotografer. Background yang buram namun tetap dapat menyatu dengan objek utama tentunya akan membuat kualitas foto menjadi lebih baik.

Pengaplikasian Background Foto Bokeh
Foto bokeh bisa diaplikasikan untuk berbagai tipe dan tema fotografi. Namun di antara tipe dan tema tersebut, night photography menawarkan efek bokeh yang lebih memesona. Hal ini karena pada malam hari, kamera dapat menciptakan sorotan di luar fokus gambar yang indah dan menghasilkan blurry light effects yang bisa membuat kagum siapapun.

Bagi Anda pecinta wildlife photography, efek bokeh juga bisa diandalkan untuk menghasilkan foto yang menawan. Nantinya, foto Anda bisa lebih berfokus kepada subjek—yang dalam konteks ini adalah margasatwa. Kemudian memberikan sentuhan blur ke pemandangan alam di sekitarnya, sehingga menghasilkan foto yang dramatis dan berkelas.

Tips Membuat Foto Bokeh
Berikut beberapa cara menghasilkan foto bokeh yang menarik di antaranya,
1. Perhatikan Kedalaman Bidang
Pertama, Anda harus bisa mengontrol depth-of-field dengan menyesuaikan aperture kamera agar bisa menghasilkan efek foto buram yang diinginkan.

Hal ini tentunya juga sangat bergantung pada jenis lensa yang digunakan serta sumber cahaya yang diperoleh. Terkadang, Anda hanya perlu mendekatkan subjek ke lensa untuk memburamkan latar belakang.

2. Pisahkan Subjek Dari Background-nya
Selalu usahakan untuk memisahkan subjek foto dari background. Semakin jauh subjek gambar dari background-nya, semakin besar pula kemungkinan efek bokeh bisa didapatkan. Salah satu caranya adalah, coba perkecil jarak antara kamera dengan subjek.

3. Gunakan Lensa Zoom
Pilihlah lensa dengan fokus yang lebih panjang sehingga memungkinkan Anda melihat bokeh yang lebih menarik. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan untuk menggunakan lensa zoom.

4. Gunakan Tripod
Selalu gunakan tripod untuk menstabilkan kamera sesuai keinginan Anda. Selain itu, tripod juga sangat berguna untuk menghasilkan fokus yang tajam pada subjek gambar.

5. Gunakan Software
Untungnya, ada banyak softwares yang bisa membantu Anda menciptakan efek bokeh yang diinginkan. Nah jika Anda menggunakan Adobe Photoshop, jangan lupa untuk mengunduh Full Collection Bokeh Photoshop Overlay.

Anda bisa menggunakan untuk menambahkan bokeh dengan lebih mudah saat proses mengedit foto, serta bisa membuat efek blur lampu lebih terang dan terlihat.

6. Ingat Teknik Take Foto
Seperti semua aspek fotografi lainnya, bokeh hanyalah salah satu bagian dari gambar Anda. Yang pasti, Anda harus memilih tema foto yang menarik, kemudian fokus pada proses kreatifnya.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Foto Bokeh: Pengertian, Penyebab, Pengaplikasian, dan Tipsnya"