Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aseksual: Pengertian, Ciri, dan Jenisnya

Pengertian Aseksual
Aseksual
Pengertian Aseksual
Aseksual adalah keadaan seseorang yang tidak memiliki ketertarikan seksual kepada orang lain, baik lawan jenis maupun sesama jenis. Namun, bukan berarti mereka sama sekali tidak pernah melakukan aktivitas seksual sebelumnya.

Karena sifat seksualitas yang cair, bisa jadi mereka yang mengaku aseksual pernah melakukan hubungan intim atau menjalin hubungan asmara dengan orang lain. Namun kenyataannya, hal tersebut tidak menarik lagi bagi mereka.

Fenomena aseksual sendiri juga belakangan ini menjadi marak terkait dengan semakin merebaknya gaya hidup individualis yang terjadi di kota-kota besar. Sementara penyebab aseksual bisa karena beragam hal.

Ciri Aseksual
Berikut beberapa ciri orientasi aseksual yang dimiliki seseorang di antaranya,
1. Tidak Tertarik dengan Seks, tetapi Bisa Melakukannya
Beberapa orang mungkin tidak mengalami ketertarikan seksual, tetapi tetap memilih untuk melakukan hubungan seksual. Seseorang yang aseksual mungkin ingin berhubungan seks karena banyak alasan, di antaranya untuk membuat pasangannya senang, menunjukkan kasih sayang, ataupun memiliki keturunan.

Orang dengan orientasi aseksual memiliki pandangan yang beragam mengenai seks. Sederhananya, setiap orang memiliki pengalaman berbeda dalam menjadi aseksual. Perlu diketahui juga, seorang aseksual dapat memiliki fantasi seksual. Beberapa orang dengan orientasi seksual ini bahkan masih bisa melakukan masturbasi.

2. Bisa Menjalani Hubungan tanpa Aktivitas Seks
Mereka dengan orientasi aseksual memang tidak memiliki ketertarikan seksual kepada orang lain dan tidak ingin berhubungan seksual. Namun, masih ada kemungkinan mereka bisa menjalin hubungan percintaan tanpa melakukan hubungan seksual. Tentu hal ini hasil dari komunikasi dengan pasangan.

Orang yang aseksual mungkin tidak punya ketertarikan seksual, tetapi mereka pasti bisa mengalami ketertarikan romantis. Seseorang yang aseksual dapat tertarik secara romantis kepada orang-orang dengan jenis kelamin sama, orang-orang dari jenis kelamin lain, atau orang-orang dari berbagai jenis kelamin.

Mereka mungkin menyukai sentuhan dari pasangan, seperti berpelukan, berpegangan tangan, atau berciuman. Namun, beberapa dari mereka juga tidak tertarik pada hubungan romantis.

Mereka yang berorientasi aseksual aromantik bisa menjalani kehidupan hanya seorang diri. Meski begitu, mereka mungkin masih suka dan terlibat dalam hubungan persahabatan tanpa terikat hal-hal yang romantis.

Jenis Aseksual
Beberapa jenis orientasi seksual aseksual di antaranya,
1. Aseksual Aromantik
Pelaku orientasi seksual aseksual jenis ini tidak memiliki ketertarikan seksual atau romantik dengan seseorang. Biasanya, pelaku aseksual romantis lebih nyaman menjalani kehidupannya seorang diri tanpa melibatkan pasangan.

Meski lebih nyaman sendiri, pelaku masih bisa menjalin hubungan persahabatan tanpa melibatkan perasaan atau hal romantis lainnya.

2. Aseksual Romantik
Pelaku aseksual romantik tidak memiliki ketertarikan seksual, tetapi masih bisa memiliki ketertarikan romantis pada seseorang. Dengan kata lain, pelaku orientasi seksual ini masih bisa menjalin hubungan romantis dengan seseorang.

Pelaku juga bisa saja menyukai sentuhan kulit pada pasangan, seperti berpegangan tangan, berpelukan, atau berciuman.

3. Aseksual Abu-Abu
Jenis yang terakhir adalah aseksual abu-abu atau grey asexual. Kondisi tersebut dinilai kurang jelas. Pelaku cenderung bingung karena merasa seksualitas mereka berada di antara aseksual dan seksual.

Perlu diketahui, bahkan pelaku orientasi seksual ini bukan takut atau tidak dapat menjalin hubungan romantis dengan orang lain. Namun, seperti pada penjelasan sebelumnya, hasrat terhadap aktivitas seksual dan cinta atau kasih sayang adalah dua hal yang berbeda.

Dari berbagai sumber

Lihat Juga: Aromantik: Pengertian, Faktor Penyebab, Ciri, dan Perbedaannya dengan Aseksual

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Aseksual: Pengertian, Ciri, dan Jenisnya"