Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alpha Female: Pengertian, Ciri, Cara, dan Karakter Perempuan Millennial Lainnya

Pengertian Alpha Female
Alpha Female
Pengertian Alpha Female
Alpha female adalah gambaran perempuan yang mandiri, memiliki kemampuan memimpin, penuh ambisi, percaya diri, dan dihormati orang-orang di sekelilingnya. Karakter mereka sangat kuat dan tergolong sebagai perempuan pemberani di berbagai bidang. Mereka juga begitu cerdas sehingga tak perlu memberikan usaha ekstra untuk terlihat menonjol dibandingkan yang lainnya.

Alpha female diambil dari kata alpha, yaitu pemimpin yang mampu menggerakkan orang lain, dan female yang berarti wanita. Perempuan dengan sifat alpha ini diakui, karena bisa memberikan dampak besar dalam pengambilan keputusan.

Ciri Alpha Female
Untuk mengetahui apakah seorang perempuan termasuk dalam karakter alpha, terdapat ciri-ciri yang tampak dari keseharian mereka di antaranya,
1. Kecerdasan emosi tinggi
Ciri alpha female adalah memiliki kecerdasan emosi (EQ) yang tinggi. Layaknya seorang pemimpin, ia dapat memahami dan mengatur sendiri emosinya. Selain itu, karakter alpha juga bisa memberikan emosi atau aura positif kepada orang lain. Itulah sebabnya mereka dapat mencairkan suasana dalam suatu kelompok.

2. Memiliki jiwa kepemimpinan
Sebagai wanita alpha, mereka akan memandang kepemimpinan sebagai hal yang sangat disukai. Sebab mereka tahu bahwa pribadinya bisa menginspirasi orang lain. Perempuan alpha juga tahu bahwa mereka dapat memberikan dampak baik bagi orang-orang yang mereka pimpin.

3. Ambisius
Wanita karakter alpha akan selalu mencari tantangan dan kesempatan lain. Mereka tidak akan diam dalam satu situasi dengan rentang waktu terlalu lama. Mereka dengan ciri alpha female terus berusaha mencari mentor baru untuk mengasah kemampuan dirinya. Dengan begitu, mereka dapat mencari penghasilan dan meningkatkan taraf hidup yang lebih baik.

4. Memahami pentingnya keseimbangan
Dalam hidup, keseimbangan mental, fisik, dan spiritual merupakan hal yang penting. Sebagai ciri alpha female, mereka paham betul bahwa ketiga hal ini harus dijalankan secara seimbang. Biasanya mereka berkomitmen untuk memperbaiki diri serta bekerja secara menyeluruh pada masing-masing bidang tersebut.

5. Impian dan tujuan hidup jelas
Dikutip dari lifehack, ciri alpha female secara jelas telah menentukan tujuan dan impian dalam hidup mereka. Mereka paham dengan apa yang menjadi impiannya dan berusaha memperjuangkan impian tersebut semaksimal mungkin. Meski banyak hambatan dalam mencapai tujuan, wanita alpha tidak mudah menyerah serta selalu bekerja keras.

6. Berani mengambil risiko
Jika biasanya perempuan cenderung ingin berada di zona nyaman, bagi alpha female zona nyaman justru menjadi hal yang membosankan. Mereka berani mengambil risiko dan keluar dari zona nyamannya untuk mencapai sesuatu yang diinginkan. Tipe wanita alpha terus mencari tantangan dengan segala risiko yang telah mereka perhitungkan sebelumnya.

7. Tidak takut sendiri
Ciri alpha female dikenal sebagai pribadi yang tidak mudah bergantung dengan orang lain. Baginya, melakukan sesuatu seorang diri bukanlah dianggap sebagai masalah dan bukan menjadi hal yang menakutkan. Namun, mereka selalu bersedia dengan senang hati membantu orang-orang di sekitarnya.

8. Mengerti cara mencintai
Inilah sisi lain dari tipe wanita alpha. Meski mereka dikenal sebagai sosok mandiri yang tidak selalu harus memiliki pasangan, wanita alpha tetap beranggapan bahwa cinta juga merupakan hal yang penting dalam hidup. Ketika mencintai seseorang, mereka akan menjadi pribadi yang mempunyai jati diri dan prinsip. Tak heran jika banyak pria yang jatuh hati dengan sosok alpha female.

9. Mudah menjadi pusat perhatian
Ketika Anda memiliki karakter alpha, mungkin Anda akan menjadi sorotan di lingkungan atau kelompok. Ketika berada di tempat kerja, tipe wanita alpha cenderung tahu cara menyelesaikan suatu proyek, event, bahkan pemecahan masalahnya. Sementara ketika berinteraksi dengan lingkungan, mereka terlihat suka menghibur dan paling vokal di antara yang lain.

10. Tidak mudah menyerah
Jatuh dan gagal berkali-kali tidak akan menghentikan semangat seorang wanita alpha untuk berjuang. Baginya, justru kegagalan adalah jalan untuk mencapai kesuksesan. Maka dari itu mereka tidak akan mudah menyerah ketika menghadapi suatu masalah dan terus berusaha memecahkan masalah tersebut.

Cara Menjadi Alpha Female
Menjadi pribadi yang dominan membuat alpha female dicintai dan juga dibenci pada saat yang bersamaan. Terkadang sifat mandiri dan dominannya, justru terlihat sombong dan sulit untuk didekati. Berikut ini beberapa tips agar menjadi wanita alpha yang bijaksana, dilansir dari Forbes.
1. Melatih Diri
Salah satu prioritas terbesar alpha female adalah tujuan hidupnya. Untuk meraih tujuan tersebut, tentu banyak hal yang harus dilakukan. Untuk itu, Anda dapat menyeimbangkan fokus tujuan dengan memperbanyak olahraga dan membaca.

Apabila tidak menjaga kesehatan, maka seorang alpha female tidak akan bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Oleh sebab itu, Anda dapat membiasakan diri dengan olahraga dan meditasi untuk melatih kesehatan jasmani serta rohani.

Biasakan juga melatih diri untuk rutin membaca karena ini akan membuat diri menemukan banyak hal baru.

2. Memanfaatkan Waktu Sebaik Mungkin
Serang alpha female tidak ingin waktunya terbuang begitu saja. Maka ada baiknya untuk menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas, seperti:
a. Kursus
b. Pelatihan
c. Banyak membaca
d. Belajar banyak hal baru agar dapat memanfaatkan waktu sebijak mungkin

Dengan begitu, Anda bisa melatih diri sendiri agar tidak menyia-nyiakan kesempatan dalam meraih tujuan hidup. Meski terkesan ambisius, namun hal tersebut baik untuk dilakukan.

Karakter Perempuan Millennial Lain
Selain karakter wanita alpha, ada juga beberapa karakter perempuan millenial di antaranya,
1. Beta female
Karakter beta female sebenarnya tidak jauh berbeda dari karakter alpha. Beta female memiliki karakter yang juga pekerja keras. Namun mereka cenderung tidak memiliki dominasi seperti tipe alpha.

Setiap keputusan yang diambil beta female cenderung lebih hati-hati dan perlahan. Perempuan beta akan melakukan analisis mendalam terlebih dahulu. Selain itu, mereka merupakan pendengar yang baik dan teman yang bisa diandalkan.

2. Omega female
Omega adalah karakter perempuan yang lebih senang menyendiri dan menikmati waktu dengan hal-hal yang disukainya di dalam rumah. Omega female adalah sosok perempuan cerdas dan dapat diandalkan. Selain itu, wanita omega juga memahami dengan baik cara mencintai diri sendiri dan selalu tahu potensi yang dimilikinya.

Meski demikian, karakter omega biasanya cenderung emosional dan sensitif. Mereka lebih mudah hancur ketika sesuatu tidak berjalan seperti keinginannya.

3. Gamma female
Gamma adalah tipe karakter yang sangat kooperatif. Orientasi utamanya adalah pada tujuan karier, namun mereka dengan senang hati membagikan pengetahuan yang dimilikinya pada orang lain. Gamma female selalu merencanakan sesuatu dengan pemikiran jangka panjang dan strategi yang matang.

4. Delta female
Karakter delta female ditujukan bagi perempuan yang rendah hati, pemalu, penyabar, dan lebih suka menyendiri. Delta lebih cenderung bersabar untuk mencapai sesuatu dalam hidupnya. Mereka juga tidak suka memiliki masalah dengan orang lain, menghargai komunikasi, serta berambisi pada hubungan yang sehat.

Berbeda dengan tipe alpha, perempuan delta lebih santai dan tidak terburu-buru dalam masalah karier maupun percintaan. Mereka membutuhkan banyak waktu untuk mendapatkan sesuatu yang benar-benar sesuai dengan dirinya.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Alpha Female: Pengertian, Ciri, Cara, dan Karakter Perempuan Millennial Lainnya"