Planet Terestrial: Pengertian, Ciri, dan Contohnya

Pengertian Planet Terestrial atau Planet kebumian
Planet Terestrial

Pengertian Planet Terestrial
Planet Terestrial (Planet kebumian) adalah planet yang sebagian besar tersusun oleh material seperti batu silikat atau logam. Kata Terestrial dari kata Terra dalam Bahasa Yunani yang bisa diartikan sebagai mirip bumi. Karena memang secara sifat fisik, planet-planet yang tergolong dalam kelompok Planet Terestrial memiliki kesamaan dengan bumi.

Tidak seperti Planet Jovian yang tidak jelas bentuk permukaannya, planet-planet yang tergolong Planet Terestrial ini memiliki bentuk permukaan yang padat. Planet Terestrial juga dapat diartikan sebagai kelompok planet yang memiliki sifat 'Kebumian', baik dalam hal ukuran, massa jenis, massa hingga komposisi penyusunnya.  

Planet kebumian biasanya memiliki massa dan jari-jari yang lebih kecil dari planet gas, tetapi planet jenis ini memiliki kerapatan massa yang besar (3.800 kg/m3 - 5.500 kg/m3).

Ciri Planet Terestrial
Meskipun setiap planet memiliki ciri-ciri yang berbeda, namun planet-planet ini memiliki kesamaan ciri-ciri tertentu yang membuatnya dikelompokkan dalam kategori Terestrial di antaranya,
1. Ukurannya Relatif Kecil. Mayoritas Planet Terestrial berukuran relatif kecil yang berbeda dengan Planet Jovian yang ukurannya relatif lebih besar.
2. Atmosfernya Tipis. Planet Terestrial memiliki lapisan atmosfer yang relatif tipis. Tak hanya itu saja, jika dilihat dari segi jarak, planet-planet yang tergolong Terestrial juga memiliki jarak yang relatif dekat dengan pusat tata surya kita yaitu matahari.
3. Penyusun Permukaannya merupakan Batuan. Planet-Planet yang tergolong sebagai Planet Terestrial ini permukaannya tersusun atas bebatuan sehingga memiliki permukaan yang cenderung padat.

Contoh Planet Terestrial
Planet Terestrial terdiri dari 4 planet di antaranya,
1. Merkurius
Merkurius adalah planet paling dekat dengan matahari. Planet ini memiliki komposisi bebatuan yang mana permukaan planet nya berlubang-lubang akibat dari tumbukan batu-batu angkasa atau meteor yang jatuh tanpa penghalang lapisan atmosfer yang memadai.

2. Venus
Venus merupakan planet yang secara fisik memiliki karakteristik yang hampir mirip dengan Bumi. Hal tersebut bisa dilihat dari susunan atmosfer dan juga komposisi penyusun planetnya.

3. Bumi
Bumi merupakan planet ketiga dalam sistem tata surya yang memiliki kehidupan di dalamnya. Planet Bumi sendiri tersusun dari zat-zat gas dan juga bebatuan yang membuat planet ini menjadi padat.

4. Mars
Mars adalah salah satu planet yang memiliki komponen yang hampir sama dengan Bumi sehingga memungkinkan adanya kehidupan seperti di Bumi pada planet ini.

Planet ini memiliki diameter setengah dari diameter Bumi, yakni sekitar 6.790 Km dan disusun oleh lapisan atmosfer yang tipis dengan suhu udara relatif lebih rendah daripada suhu udara di Bumi.
 

Dari berbagai sumber

Baca Juga: Planet Jovian: Pengertian, Ciri, dan Contohnya

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Planet Terestrial: Pengertian, Ciri, dan Contohnya"