Exclave: Pengertian, Penyebab, Contoh, Perbedaan dengan Enclave

Pengertian Exclave
Exclave

Pengertian Exclave
Exclave dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah bagian (daerah) suatu negara yang terpisah dan berbentuk suatu enklave; daerah (wilayah) budaya yang berada jauh dari daerah asal budaya. Demikian, exclave adalah bagian atau daerah suatu satuan administratif, biasanya negara, yang terpisah (tidak termasuk pulau) dan dikelilingi oleh satuan administratif lainnya.

Dengan kata lain, exclave pada dasarnya adalah wilayah suatu negara yang berada di dalam wilayah negara lain, dan tidak bisa diakses secara langsung oleh suatu negara. Misalnya, Oblast Kaliningrad yang termasuk dalam Federasi Rusia, tetapi terpisah dari wilayah Rusia lainnya oleh Lituania dan Polandia. Contoh di Asia Tenggara adalah Kabupaten Ambeno, eksklave Timor Leste yang terletak di wilayah provinsi Nusa Tenggara Timur.

Penyebab terbentuk Enclave dan Exclave
Umumnya exclave dan enclave ini terbentuk karena adanya aspek politis, historis, ataupun geografis lainnya. Terbentuknya exclave dan enclave kerap disebabkan oleh aspek politis antar negara, atau antar penguasa pada zaman dahulu. Perjanjian antar negara dan peperangan kerap menyebabkan terbentuknya wilayah-wilayah yang terpotong dari negara asalnya karena berada di dalam wilayah negara lain.

Misalnya kerajaan Prussia zaman dahulu yang menguasai ratusan wilayah berbeda yang saling tidak terhubung di kawasan utara Eropa. Peperangan konstan dan perjanjian-perjanjian dengan negara tetangganya menyebabkan Prussia memiliki banyak sekali exclave.

Selain itu, dimungkinkan pula bahwa ada aspek geografis yang menyebabkan suatu daerah menjadi daerah exclave karena tidak mampu dicapai dengan kendaraan dari negara asalnya. Misalnya terjadi di daerah Swiss dan Italia Utara pada zaman dahulu di mana gunung-gunung yang tinggi menyebabkan banyak daerah terputus dari negara asalnya dan harus melewati negara lain.

Contoh Exclave
1. Nakchivan
Nakchivan adalah salah satu contoh terbaik dari wilayah exclave dari suatu negara. Wilayah ini adalah bagian dari Azerbaijan, namun, berada cukup jauh dari negara Azerbaijan. Wilayah ini terletak di perbatasan antara negara Turki, Armenia, dan Iran. Oleh karena itu, penduduk dan pemerintah Azerbaijan harus melewati negara-negara tersebut jika ingin mengakses warga negaranya yang berada di Nakchivan.
 
2. Kaliningrad
Wilayah ini merupakan bagian dari Russia yang terletak jauh diluar wilayah negara Russia. Kaliningrad tepatnya berada di perbatasan antara Polandia dan Lithuania. Untuk mencapai Kaliningrad, pemerintah Russia harus menggunakan jalur laut Baltik atau menggunakan jalur udara. Untungnya, Kaliningrad memiliki pelabuhan dan bandara yang cukup mumpuni.

Namun, jika ingin mencapai wilayah ini menggunakan jalur darat, pemerintah Russia harus melewati Lithuania, Belarus, dan Latvia terlebih dahulu.

Perbedaan Exclave dan Enclave
Pada exclave tidak harus sepenuhnya dikelilingi oleh suatu negara. Bisa saja, sebuah exclave dikelilingi oleh 2 atau 3 negara lain. Namun, jika wilayah tersebut sepenuhnya dikelilingi oleh wilayah 1 negara asing, maka wilayah tersebut juga dianggap sebagai Enclave.
 

Baca Juga: Enclave 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Exclave: Pengertian, Penyebab, Contoh, Perbedaan dengan Enclave"