Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Enclave: Pengertian, Penyebab, Contoh, dan Perbedaannya dengan Exclave

Pengertian Enclave
Enclave

Pengertian Enclave
Enclave dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah negara atau bagian negara yang dikelilingi oleh wilayah suatu negara lain; daerah (wilayah) budaya yang terdapat di dalam wilayah budaya lain. Demikian, enclave pada dasarnya adalah wilayah suatu negara yang berada sepenuhnya di dalam wilayah negara lain.

Istilah enclave berasal dari kata Prancis, lingua franca kosakata bidang diplomasi, yang aslinya berasal dari kata Latin inclavatus (artinya 'terkurung, terkunci'). Kata tersebut menjadi jargon diplomasi bahasa Inggris pada 1868. Sedangkan kata exclave merupakan perluasan kata yang logis yang diciptakan tiga abad kemudian.

Sebuah negara enclave terpisah dari negara induknya. Terpisah dalam hal ini dimaknai bahwa adanya partisi (pemisahan) dengan bagian induk yang menyebabkan terhalangnya orang-orang di suatu daerah tersebut untuk berinteraksi dengan penduduk di daerah induknya.

Enclave bisa pula timbul karena berbagai alasan sejarah, politis atau geografis. Sebuah negara enclave harus menyelesaikan berbagai masalah, seperti alamat surat, aliran listrik dan hak lintasan, dengan negara tetangga agar penduduk kedua negara dapat hidup tenteram.

Penyebab terbentuk Enclave dan Exclave
Umumnya exclave dan enclave ini terbentuk karena adanya aspek politis, historis, ataupun geografis lainnya. Terbentuknya exclave dan enclave kerap disebabkan oleh aspek politis antar negara, atau antar penguasa pada zaman dahulu. Perjanjian antar negara dan peperangan kerap menyebabkan terbentuknya wilayah-wilayah yang terpotong dari negara asalnya karena berada di dalam wilayah negara lain.

Misalnya kerajaan Prussia zaman dahulu yang menguasai ratusan wilayah berbeda yang saling tidak terhubung di kawasan utara Eropa. Peperangan konstan dan perjanjian-perjanjian dengan negara tetangganya menyebabkan Prussia memiliki banyak sekali exclave.

Selain itu, dimungkinkan pula bahwa ada aspek geografis yang menyebabkan suatu daerah menjadi daerah exclave karena tidak mampu dicapai dengan kendaraan dari negara asalnya. Misalnya terjadi di daerah Swiss dan Italia Utara pada zaman dahulu di mana gunung-gunung yang tinggi menyebabkan banyak daerah terputus dari negara asalnya dan harus melewati negara lain.

Contoh Enclave
1. Vatikan
Vatikan, yang berada di dalam wilayah Kota Roma, merupakan negara terkecil di dunia dengan luas hanya 0,44 kilometer persegi. Dengan luas area sekitar 44 hektar, Vatikan juga menjadi negara dengan populasi paling sedikit di dunia karena hanya memiliki 850 warga negara.

Vatikan adalah sebuah negara monarki dengan kepala negara Uskup Agung Roma yang juga pemimpin umat Katolik sedunia. Para pejabat tertinggi negara ini semuanya adalah klerus/rohaniwan Katolik yang berasal dari berbagai negara.

Vatikan juga tidak memiliki bandara dan stasiun kereta antar wilayahnya sendiri. Oleh karena itu, semua pengunjung yang ingin mencapai Vatikan harus melewati imigrasi Italia dan mengunjungi kota Roma terlebih dahulu.
 
2. Lesotho
Kerajaan Lesotho merupakan negara kecil di Afrika yang wilayahnya sepenuhnya berada di dalam wilayah negara lain, yaitu Afrika Selatan. Negara ini merupakan salah satu peninggalan kolonial kerajaan Inggris Raya di benua Afrika.

Lesotho adalah sebuah kerajaan terletak di atas ketinggian 1.000 meter. Negara ini mempunyai wilayah seluas 30.355 kilometer persegi yang wilayahnya benar-benar dikelilingi oleh Afrika Selatan yang memiliki luas 1,2 juta kilometer persegi.

Lesotho, yang menganut sistem monarki konstitusional, muncul sebagai hasil perang pada 1880-1881. Ada 10 distrik di Lesotho yang masing-masing dikepalai oleh sekretaris distrik. Kesepuluh distrik itu adalah Berea, Butha-Buthe, Leribe, Mafeteng, Maseru, Mohale's Hoek, Mokhotlong, Qacha's Nek, Quthing, dan Thaba-Tseka.

Saat itu, etnis Sotho di Basutoland sukses dalam perjuangan kemerdekaan setelah wilayahnya dianeksasi Cape Colony.

3. San Marino
Negeri kecil di Italia ini merupakan republik tertua di dunia. San Marino merupakan negara terkecil yang juga merupakan negara enclave yang terletak di Semenanjung Italia sebelah timur laut. Luas wilayah negara ini sekitar 61 kilometer persegi dan berpopulasi penduduk 33.000 jiwa. Ibu Kotanya adalah San Marino dengan kota terbesarnya Serravalle.

Negara ini terbentuk dari seorang bernama Santo Marinus yang berasal dari Pulau Albe, Kroasia. Ia meninggalkan pulau itu menuju ke Kota Ramini, Italia. Selain menjadi tukang batu, dia juga mengajarkan Kristen. Santo Marinus pindah ke Puncak Gunung Titano karena mendapatkan persekusi dari penganiayaan anti-Kristen pada masa pemerintahan Kaisar Romawi.

Di tempat inilah ia membangun gereja kecil sekaligus membentuk komunitas pemeluk agama Kristen, sesuai dengan keyakinan mereka. San Marino menjadi anggota Majelis Eropa pada 1988 dan anggota PBB pada 1992. Negara ini bukan anggota Uni Eropa, tetapi mengadopsi mata uang Euro karena sistem keuangannya terintegrasi dengan Italia.

Perbedaan Enclave dan Exclave
Pada exclave tidak harus sepenuhnya dikelilingi oleh suatu negara. Bisa saja, sebuah exclave dikelilingi oleh 2 atau 3 negara lain. Namun, jika wilayah tersebut sepenuhnya dikelilingi oleh wilayah 1 negara asing, maka wilayah tersebut juga dianggap sebagai Enclave.
 

Baca Juga: Exclave 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.1 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) 
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.2 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.3 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 1. Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 5. Kelompok Sosial di Masyarakat (KTSP)
6. Materi Ujian Nasional Kompetensi Kelompok Sosial
7. Materi Ringkas Kelompok Sosial dan Mobilitas Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Enclave: Pengertian, Penyebab, Contoh, dan Perbedaannya dengan Exclave"