Pengertian Scrum dan Tahapannya

Pengertian Scrum dan Tahapannya
Scrum

A. Pengertian Scrum
Scrum adalah serangkaian cara yang dilakukan untuk memecahkan suatu masalah dengan menggunakan pendekatan dari metode lain yaitu Agile. Sementara Agile merujuk pada seperangkat metode dan praktik berdasarkan nilai dan prinsip yang diungkapkan dalam Agile Manifesto yang mencakup hal-hal seperti kolaborasi, pengorganisasian yang dilakukan sendiri oleh member tim, dan tim yang lintas fungsi.

Scrum pertama kali diperkenalkan dalam artikel Takeuchi and Nonaka yang berjudul “The New New Product Development Game” dan dipublikasikan oleh Harvard Business Review (HBR) pada tahun 1986. Pada artikel tersebut, Takeuchi dan Nanaka melakukan survei pada beberapa perusahaan di Jepang seperti Fuji Xerox, Canon, 3M dan Honda.

Survei tersebut dilakukan untuk melihat bagaimana perusahaan-perusahaan tersebut dapat membuat produk baru dengan kualitas produk yang sangat bagus secara sukses. Takeuchi dan Nanaka menemukan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut menggunakan pendekatan yang sama dalam mengembangkan produknya.

B. Tahapan Metode Scrum
Berikut tahapan-tahapan penting pada metode scrum dalam pengembang sebuah produk di antaranya,
1. Product Owner membuat seluruh data permintaan terhadap produknya sekaligus skala prioritasnya
2. Selanjutnya, Scrum Team akan memilih dari list-list prioritas yang ada dari Product Owner. Di sinilah Scrum Team menganalisis serta membuat perencanaan alur kerja seperti apa yang paling efektif untuk menyelesaikan proyek pekerjaan ini.
3. Lalu, Scrum Team akan mulai mengerjakannya sesuai dengan metode dan permintaan yang memang sudah disepakati bersama.
4. Scrum Master yang nantinya akan memantau dan memastikan semua Scrum Team bekerja sesuai dengan rencana yang di awal sudah dibuat.
5. Development Team yang sudah menyelesaikan pekerjaannya maka saat itu juga pekerjaan itu sudah siap untuk dikirim.
6. Scrum Team akan melihat dan melakukan review produk tersebut.
7. Jika sudah, maka proyek ini dianggap sudah selesai dan berhasil karena kualitas sudah sesuai dengan permintaan dan waktu yang disepakati.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Scrum dan Tahapannya"