Pengertian CEO, Peran, Tugas, Tanggung Jawab, Cara, dan Contohnya

Pengertian CEO atau Chief Executive Officer
A. Pengertian CEO
CEO (Inggris Amerika; Chief Executive Officer) atau MD (Inggris Britania; Managing Director)atau Pejabat Eksekutif Tertinggi adalah jenjang tertinggi dalam perusahaan (eksekutif) atau administrator yang diberi tanggung jawab untuk mengatur keseluruhan suatu organisasi. Seseorang yang ditunjuk sebagai CEO dalam sebuah korporasi, perusahaan, organisasi, atau lembaga biasanya melapor pada dewan direktur.

CEO juga sering kali disamakan dengan jabatan seorang presiden direktur atau Direktur Utama. Namun tak jarang juga sebuah perusahaan memiliki posisi CEO sekaligus presiden direktur dengan orang yang berbeda. Biasanya dalam perusahaan yang menggunakan dua jabatan tersebut, presiden direktur bertindak sebagai pengiring valuasi atas jalannya perusahaan yang dikelola oleh CEO.

Peran CEO bisa berbeda bergantung dari besarnya perusahaan. Di perusahaan-perusahaan besar, biasanya mereka bertanggung jawab untuk keputusan-keputusan skala besar juga. Keputusan itu berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan, dan kebijakan bisnis perusahaan. Namun untuk perusahaan kecil, tak jarang perannya menjadi lebih luas. Di antaranya, mereka juga mengurusi kebijakan operasional, keuangan, dan sebagainya. Tak jarang pula pada perusahaan berskala kecil seperti startup, CEO turut andil dalam keputusan perekrutan karyawan.

B. Peran CEO
Adapun beberapa peran CEO di antaranya,
1. Perencanaan Tujuan Perusahaan. CEO memiliki peran penting dalam membuat perencanaan bisnis suatu perusahaan dan mengevaluasi profitabilitas dari rencana tersebut. Selain itu, CEO juga bertanggungjawab untuk mengawasi kinerja setiap departemen agar bekerja sesuai dengan visi dan misi perusahaan.
2. Mewakili Perusahaan. Peran CEO menjadi sangat penting ketika berurusan dengan kualitas produk dan citra perusahaan yang diwakilinya. Boleh dibilang seorang CEO adalah wajah dari suatu perusahaan, sehingga keberadaan CEO di publik akan sangat berpengaruh pada opini publik terhadap suatu produk atau perusahaan.
3. Membangun Tim yang Solid. Sebuah tim yang solid tidak terjadi begitu saja, ada peran CEO yang mempengaruhinya. Dalam hal ini, seorang CEO harus dapat menjadi jembatan penghubung antara para pegawai dengan dewan direksi dalam perusahaan.
4. Alokasi Anggaran Belanja. Rencana investasi finansial suatu perusahaan harus melalui proses analisis dan evaluasi, sehingga distribusi anggaran belanja suatu proyek menjadi tepat sasaran. Proses tersebut merupakan tanggung jawab seorang CEO, sehingga risiko dan keuntungan perusahaan di masa depan menjadi tanggung jawab seorang Chief Executive Officer.
5. Budaya Kerja yang Positif. Kondisi lingkungan kerja dalam suatu perusahaan juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan seorang CEO. Setiap pesan yang disampaikan CEO kepada pegawainya akan sangat bermakna dan berpengaruh terhadap kinerja pegawainya. Selain itu, CEO juga harus mengetahui dan dapat meneliti apa yang sedang terjadi di perusahaan terkait masalah kepegawaian karena akan berpengaruh pada budaya kerja.

C. Tugas CEO
1. Merencanakan serta mengelola sumber daya manusia yang ada di lingkungan perusahaan.
2. Melakukan analisis terhadap segala fungsional yang ada di perusahaan yang dipimpin.
3. Merencanakan budget atau keuangan serta pemasaran.
4. Mengelola dan memanajemen perusahaan sebaik mungkin demi mencapai target dan pengeluaran biaya yang seminim mungkin.
5. Membuat perencanaan strategi bisnis yang mengacu dari visi dan misi perusahaan.
6. Untuk menjaga keunggulan perusahaan.
7. Melakukan analisis kepada seluruh permasalahan yang ada di lingkungan perusahaan di berbagai divisi.

D. Tanggung Jawab CEO
1. Memimpin perusahaan sebaik mungkin serta mematuhi segala kebijakan yang sudah berlaku dalam perusahaan tersebut.
2. Melakukan monitoring terhadap pekerjaan dari seluruh karyawannya.
3. Menyetujui anggaran tahunan perusahaan yang telah disepakati.
4. Membuat dan melaporkan laporan kepada para pemegang saham.

E. Cara Menjadi CEO
1. Pendidikan yang mumpuni
Untuk menjadi seorang CEO, tentu harus memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam terhadap banyak hal, khususnya bisnis. Kecuali, kamu adalah seorang founder dari perusahaanmu seperti Bill Gates atau Mark Zuckerberg. Oleh karena itu, untuk kamu yang ingin menjadi CEO, kamu harus memastikan bahwa dirimu memiliki pengetahuan dan kemampuan sekaliber CEO.

2. Perjalanan karier
Selain pendidikan, ada hal lain yang bisa membawamu menjadi seorang CEO. Hal ini adalah perjalanan karier. Seorang CEO tentu saja adalah mereka yang memiliki pengalaman kerja yang baik serta kemampuan pemecahan masalah yang mumpuni. Hal ini bisa diperoleh dengan kamu membuktikan hasil kerjamu di berbagai posisi yang kamu duduki. Dengan hal tersebut, tak menutup kemungkinan kamu akan dipromosikan untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi dan menjadi seorang CEO.

3. Karakter
Selain memiliki hasil kerja yang baik, ada satu hal yang tak boleh kamu kesampingkan dalam meniti karier menjadi seorang CEO. Hal ini adalah karakter atau kepribadianmu. Kamu tak perlu menjadi orang lain agar dapat disukai oleh orang lain. Namun, kamu harus memiliki kepribadian yang tidak merugikan orang lain. Oleh karena itu, kamu harus mengubah caramu memperlakukan orang lain lebih baik lagi.

Kemampuan yang Harus Dimiliki CEO
Pada dasarnya seorang CEO harus memiliki kemampuan tertentu di antaranya,
1. Kemampuan Interpersonal
2. Kemampuan Analisis
3. Kemampuan Kepemimpinan
4. Kemampuan Manajerial

F. Contoh CEO
Di Indonesia terdapat banyak perusahaan yang dimotori oleh CEO yang kompeten di antaranya,
1. Gojek; jenis bisnis jasa transportasi berbasis daring; nama CEO Nadiem Anwar Makarim
2. Tokopedia; jenis bisnis marketplace; nama CEO William Tanuwijaya
3. Agate; jenis bisnis developer game; nama CEO Arief Widhiyasa
4. Traveloka; jenis bisnis jasa e-ticketing; nama CEO Ferry Unardi
5. Ruang Guru; jenis bisnis startup pendidikan; nama CEO Adamas Belva Syah Devara
6. Sribu; jenis bisnis marketplace jasa; nama CEO Ryan Gondokusumo
7. Bilna; jenis bisnis; e-commerce; nama CEO Ferry Tenka
8. Tiket.com; jenis bisnis; jasa e-ticketing; nama CEO George Hendrata
9. Bhineka; jenis bisnis; e-commerce; nama CEO Hendrik Tio
10. Pawoon; jenis bisnis; aplikasi kasir; nama CEO Ahmad Gadi
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian CEO, Peran, Tugas, Tanggung Jawab, Cara, dan Contohnya"