Mengenal Pastoralisme dan Faktanya

Pengertian Pastoralisme
Pastoralisme
Pengertian Pastoralisme
Pastoralisme adalah istilah yang merujuk pada tahap dalam pengembangan peradaban antara berburu dan pertanian dan juga cara hidup yang bergantung pada penggembalaan ternak, khususnya, ungulates. Pastoralisme merupakan metode kuno pertanian subsisten yang secara substansial bergantung pada pemeliharaan dan pemeliharaan hewan domestik.

Pastoralisme terjadi atau telah terjadi di sebagian besar dunia, di iklim yang berkisar dari gurun kering ke tundra Arktik dan dari dataran rendah hutan ke padang rumput pegunungan. Cara-cara yang digunakan oleh para penggembala untuk memelihara ternak mereka, kemudian, sangat bervariasi tergantung pada fleksibilitas petani, serta kondisi geografis, ekologi, dan sosial regional.

Gaya Hidup Pastoralist
Kaum pastoralis memusatkan perhatian pada pemeliharaan ternak dan cenderung merawat dan menggunakan binatang seperti unta, kambing, sapi, yak, llamas dan domba. Spesies hewan bervariasi tergantung di mana pastoralis hidup di dunia; biasanya mereka adalah herbivora peliharaan yang memakan makanan nabati.

Dua gaya hidup utama pastoralisme termasuk nomadisme dan transhumansi. Para pengembara mempraktekkan pola migrasi musiman yang berubah setiap tahun, sementara para penggembala penggembalaan menggunakan pola untuk mendinginkan lembah dataran tinggi di musim panas dan yang lebih hangat selama musim dingin yang dingin.

Nomadisme Pastoral

Ini bentuk pertanian subsisten, juga dikenal sebagai pertanian untuk makan, didasarkan pada menggembalakan hewan peliharaan. Alih-alih bergantung pada tanaman untuk bertahan hidup, penggembala pastoral terutama bergantung pada hewan yang menyediakan susu, pakaian dan tenda.

Beberapa karakteristik utama dari nomaden pastoral meliputi di antaranya,
1. Pastoral nomaden biasanya tidak membantai hewan mereka tetapi yang sudah mati dapat digunakan untuk makanan.
2. Kekuasaan dan prestise sering disimbolkan oleh ukuran kawanan budaya ini.
3. Jenis dan jumlah hewan dipilih dalam kaitannya dengan karakteristik lokal, seperti iklim dan vegetasi.

Transhumance Pastoralists
Pergerakan ternak untuk air dan makanan meliputi transhumance. Pembeda inti dalam hal nomadisme adalah bahwa penggembala yang memimpin kawanan harus meninggalkan keluarga mereka.

Gaya hidup mereka selaras dengan alam, mengembangkan kelompok orang-orang dengan ekosistem dunia, menanamkan diri di lingkungan mereka dan keanekaragaman hayati. Tempat-tempat utama Anda dapat menemukan transhumance termasuk lokasi Mediterania seperti Yunani, Libanon dan Turki.

The Steppes
The stepa dan Timur Tengah dan sekitarnya terutama terkait dengan pastoralisme, meskipun daerah pegunungan dan daerah yang terlalu dingin untuk pertanian juga dapat mendukung pastoralisme. Di Stepa, dekat Kiev, tempat kuda liar berkeliaran, para penggembala menggunakan pengetahuan mereka tentang ternak menggiring ternak untuk menjinakkan kuda.

Pastoralisme modern
Saat ini, kebanyakan pastoralis tinggal di Mongolia, bagian dari Asia Tengah dan lokasi Afrika Timur. Masyarakat pastoral termasuk kelompok-kelompok penggembala yang memusatkan kehidupan sehari-hari mereka di sekitar penggembalaan melalui pemeliharaan ternak atau ternak.

Manfaat pastoralisme termasuk fleksibilitas, biaya rendah dan kebebasan bergerak. Pastoralisme telah bertahan karena fitur tambahan termasuk lingkungan peraturan yang ringan dan pekerjaan mereka di daerah yang tidak cocok untuk pertanian.

Fakta tentang Pastoralisme
1. Lebih dari 22 juta orang Afrika bergantung pada pastoralis untuk mata pencaharian mereka hari ini, di komunitas seperti Badui, Berber, Somalia dan Turkana.
2. Ada lebih dari 300.000 penggembala ternak di Kenya Selatan dan 150.000 di Tanzania.
3. Pastoralisme masyarakat dapat ditarik kembali ke periode waktu 8500-6500 SM.
4. Karya sastra yang melibatkan para gembala dan kehidupan pedesaan dikenal sebagai "pastoral" yang berasal dari istilah "pendeta", bahasa Latin untuk "gembala".  

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Mengenal Pastoralisme dan Faktanya"