Gravitasi Bumi: Pengertian dan Manfaatnya

Pengertian Gravitasi Bumi
Gravitasi Bumi
Pengertian Gravitasi Bumi
Gravitasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kekuatan (gaya) tarik bumi; proses gaya tarik bumi; gaya berat suatu benda. Gravitasi bumi (g) adalah percepatan total yang diberikan ke benda yang bergerak di Bumi karena efek gabungan gravitasi (dari distribusi massa di dalam Bumi) dan gaya sentrifugal (dari rotasi Bumi).

Gaya gravitasi bumi untuk yang pertama kalinya ditemukan oleh seorang ilmuwan yang bernama Sir Issac Newton. Seperti yang diceritakan, bahwa Issac Newton bisa menemukan gagasan tersebut karena ia telah melakukan pengamatan pada sebuah apel yang jatuh dari pohonnya.

Ia mempertanyakan kenapa buah apel tersebut bisa jatuh ke tanah dan tidak melayang. Hingga akhirnya fisikawan dari Inggris tersebut menemukan hukum gravitasi yang dijadikan sebagai jawaban atas pertanyaannya tersebut. Sehingga gaya gravitasi bumi bisa diartikan sebagai gaya tarik bumi terhadap benda-benda.

Manfaat Gaya Gravitasi Bumi
Berikut beberapa manfaat gaya gravitasi bumi bagi kehidupan manusia sehari-hari di antaranya,
1. Menjaga Kestabilan Hidup di Bumi
Gaya gravitas bumi akan menjaga kestabilan segala sesuatu yang hidup maupun yang tidak hidup. Bahkan terjadinya rotasi bumi pun juga berkat adanya gaya gravitasi bumi. Jika gaya gravitasi bumi tidak ada, maka akan menyebabkan kekacauan dan tidak ada makhluk hidup di bumi.

2. Mempermudah Aktivitas Manusia
Manfaat gaya gravitasi bumi juga bisa mempermudah setiap aktivitas manusia sehari-hari. Di mana manusia bisa berjalan dengan nyaman, berlari, hingga mengendarai kendaraan.

Jika tidak ada gaya gravitasi bumi, manusia tidak bisa berjalan seperti saat ini. Mungkin saja manusia akan melayang di udara dan membuatnya tidak stabil serta sulit untuk melakukan berbagai aktivitas dengan kondisi tersebut.

3. Membuat Segala Benda di Bumi Ada di Tempatnya
Sehingga tidak ada benda-benda yang melayang dan tentunya menjadi lebih mudah untuk diatur. Bisa dibayangkan jika benda-benda melayang, maka akan kesulitan untuk mengaturnya dan semuanya tampak berantakan karena tidak berada di tempat yang tetap.

4. Sebagai Olahraga dan Hiburan
Adanya gaya gravitasi bumi juga dimanfaatkan manusia untuk berolahraga dan juga hiburan. Di mana dalam olahraga tersebut turut melibatkan gaya tarik bumi yang juga bisa menguji adrenalin.

Beberapa olahraga dan hiburan yang menggunakan gaya gravitasi bumi adalah paralayang, terjun payung, paragliding, loncat indah, dan bungee jumping. Meskipun tampak menegangkan, namun tak sedikit orang yang penasaran untuk mencoba wahana-wahana tersebut.

5. Prinsip Dasar Ilmu Penerbangan
Ketika Anda  melihat pesawat terbang atau pun naik pesawat terbang ke suatu tempat dengan lebih cepat, hal itu karena adanya gaya gravitasi bumi. Di mana gaya gravitasi bumi sangat diperlukan dalam ilmu penerbangan. Di setiap perangkatnya membutuhkan perhitungan gaya gravitasi yang teliti agar pesawat bisa melayang meski membawa beban banyak orang di dalamnya.

6. Sebagai Sumber Energi
Hal ini dibuktikan dari adanya pembangkit listrik tenaga air yang memerlukan gaya gravitasi bumi untuk bisa membuat kincir air bergerak. Tak hanya itu saja, air yang mengalir pun juga berkat adanya gaya gravitasi bumi.

Bayangkan jika tidak ada gaya gravitasi bumi, maka air hanya akan diam saja atau bahkan melayang di udara. Sehingga hal tersebut tidak bisa mendatangkan manfaat bagi kehidupan manusia.

7. Membuat Satelit Buatan Ada di Orbitnya
Selain memiliki satelit alami, bumi juga memiliki banyak satelit buatan untuk mendukung aktivitas manusia sehari-hari. Berkat adanya gaya gravitasi bumi, maka planet-planet buatan itu bisa tetap berada di orbitnya dan tidak melayang ke berbagai arah.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Gravitasi Bumi: Pengertian dan Manfaatnya"