Tugu (monument): Pengertian dan Contoh Tugu di Indonesia

Pengertian Tugu atau Monument
Tugu Pahlawan, Jejak Pertempuran 10 November di Surabaya
Pengertian Tugu (Monument)
Tugu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah tiang besar dan tinggi yang dibuat dari batu, bata, dan sebagainya. Sementara, tugu (monument) dalam The New Oxford Illustrated Dictionary diartikan sebagai segala sesuatu yang sudah melalui ketahanan yang sangat lama digunakan untuk mengenang seseorang, kegiatan, atau kejadian yang sudah terjadi sebagai bagian dari sumber sejarah.

The New Oxford Illustrated Dictionary juga mengartikan tugu sebagai pekerjaan atau hasil karya yang bernilai kekal. Tugu disebut sebagai bangunan atau lokasi alamiah yang dilestarikan karena keindahan atau arti sejarahnya. Tugu dapat berupa patung, bangunan, atau segala sesuatu yang dibuat untuk mengingat seseorang dalam peristiwa penting yang telah terjadi.

Pembentukan tugu dengan demikian senantiasa mencirikan tujuan sebuah tugu yaitu untuk menunjukkan sebuah nilai sejarah atau kultur (budaya) dari daerah tertentu. Atau dengan kata lain, sebuah tugu dibangun biasanya untuk menandai seorang tokoh, peristiwa, tradisi, atau kebudayaan.

Selain itu, tugu juga sering dirancang sebagai objek artistik untuk meningkatkan tampilan kota atau tempat. Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenis tugu, baik tugu yang dibuat untuk mengenang jasa pahlawan maupun tugu yang dibuat sebagai peringatan terhadap peristiwa tertentu.

Contoh Tugu (monument) di Indonesia
Berikut beberapa bentuk contoh tugu yang ada di Indonesia di antaranya,
1. Monas (Monumen Nasional)
Monumen Nasional (Monas atau Tugu Monas) merupakan monumen peringatan yang terletak di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat dengan ketinggian ketinggiannya 132 meter atau 433 kaki. Tugu yang satu ini didirikan dengan tujuan mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda.

Pembangunan Monas dimulai pada tangga 17 Agustus 1961 di bawah perintah Presiden Sukarno dan dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975. Tugu ini dimahkotai oleh lidah api yang dilapisi lembaran emas sebagai perlambang semangat perjuangan yang menyala-nyala.

2. Tugu Pahlawan Surabaya
Tugu Pahlawan Surabaya merupakan tugu yang dibangun dengan tujuan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya yang berlangsung sejak akhir bulan Oktober hingga bulan November 1945. Tugu yang dibangun dengan ketinggian 41 meter tersebut diresmikan pada tanggal 17 Agustus 1952.

Peristiwa tersebut merupakan peristiwa besar bagi masyarakat Surabaya pada khususnya, dan bangsa Indonesia pada umumnya. Ketika itu, Rakyat Surabaya dengan semangat yang berapi-api, berusaha untuk mempertahankan kota mereka dari pasukan Inggris yang mencoba merebutnya.

3. Tugu Peringatan Proklamasi Kemerdekaan
Tugu yang satu ini terletak di daerah Serpong Tangerang Selatan, Banten. Tugu ini sendiri didirikan sebagai peringatan terhadap peristiwa proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945 dan didirikan pada tanggal 27 Desember 1949.

4. Tugu Monumen Perjuangan
Tugu monumen perjuangan merupakan tugu yang terletak di sekitar alun-alun Kota Serang. Tugu yang satu ini dibuat berstruktur dengan Tugu Patung Tentara Indonesia dengan sebuah bangunan yang menyerupai tiang di belakangnya serta burung garuda yang menempel di tiang tersebut.

Tugu Monumen Perjuangan dibangun dengan tujuan untuk mengenang perjuangan masyarakat Banten dalam melawan penjajah dengan menjunjung lambang Negara untuk menambah semangat juangnya.

5. Tugu Pecel
Tugu yang berbentuk orang berjualan pecel ini terletak di Madiun, Jawa Timur. Tak heran jika tugu tersebut dibangun di wilayah tersebut karena memang selain Blitar dan Kediri, kota di Jawa Timur yang terkenal akan kuliner pecelnya adalah Madiun.

6. Tugu Knalpot
Tugu knalpot merupakan tugu yang didesain unik dengan bentuk patung  knalpot atau alat buang gas kendaraan bermotor. Tugu yang satu ini terletak di Purbalingga, tepatnya di persimpangan Jalan D.I. Panjaitan, Jalan Padamara, dan Jalan A.W. Sumarmo. Hal itu memang sebagai penanda bahwa kawasan ini terkenal akan produksi knalpotnya.

7. Tugu Fotokopi
Tugu Fotokopi terdapat di Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Tugu yang satu ini dibuat lantaran sebagian besar masyarakat di wilayah tersebut berbisnis fotokopi. Menurut pendapat mereka, usaha fotokopi itulah yang membuat perekonomian setempat menjadi terangkat.

8. Tugu Keran Melayang
Tugu Keran Melayang terletak di Kota Pati, Jawa Tengah, tepatnya di jalur Pantura Kudus – Pati. Patung keran tersebut dibuat seolah-olah melayang sehingga mampu menipu mata. Sebenarnya, air yang keluar dari patung tersebutlah yang membuatnya terlihat melayang. Apabila aliran air dihentikan, maka akan terlihat tiang penyangga keran.

9. Tugu Kopiah Emas
Tugu Kopiah Emas terletak di Taman Budaya Lampung Tengah yang berlokasi di Kecamatan Gunung Sugih. Tugu ini dibuat sebagai simbol menyimbolkan tutup kepala busana adat Lampung. Tugu ini berdiri bersebelahan dengan Tugu Pengantin.

10. Tugu Setum
Tugu Setum terletak di Subang, Jawa Barat, tepatnya di bundaran Jalan Darmodiharjo dan Jalan K.S. Tubun. Tugu ini dibangun pada Januari 2015 lalu, bentuknya yaitu tandem roller.

Akan tetapi, tugu yang sebenarnya unik ini menuai beragam kontroversi di kalangan penduduk setempat, karena, banyak yang mempertanyakan mengapa tandem roller dapat menjadi ikon kota Subang. Oleh sebab itu, tugu ini akan diganti dengan bangunan lain.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Tugu (monument): Pengertian dan Contoh Tugu di Indonesia"