Patung Prajnaparamita: Pengertian, Sejarah, dan Fungsinya

Pengertian Patung Prajnaparamita
Patung Prajnaparamita
Pengertian Patung Prajnaparamita
Prajnaparamita adalah sebuah arca Bodhisatwa yang berasal dari abad ke-13 zaman Kerajaan Singasari di Jawa Timur, Indonesia. Arca ini ditemukan dalam kondisi yang hampir sempurna di reruntuhan Cungkup Putri dekat Candi Singasari, Malang, Jawa Timur.

Tradisi lokal menghubungkan arca ini dengan Ratu Ken Dedes, ratu pertama Singasari, mungkin sebagai perwujudan ratu yang dianggap sebagai seorang dewi. Pendapat lain menghubungkan arca ini dengan Ratu Gayatri Rajapatni, permaisuri Kertarajasa, raja pertama Majapahit.

Sejarah Patung Prajnaparamita
Prajnaparamita adalah seorang dewi dengan kedudukan tinggi dalam Buddhisme Tantra Mahayana. Pada abad ke-13, Buddhisme Tantra memperoleh perlindungan kerajaan dari Raja Kertanegara Singasari.
 
Arca Prajnaparamita dari Jawa ditemukan pada tahun 1818 atau 1819 oleh D. Monnereau, seorang pejabat Hindia Belanda. Pada tahun 1820 Monnereau memberikan arca tersebut kepada C.G.C. Reinwardt, yang kemudian membawanya ke Belanda, di mana ia menjadi koleksi Museum Nasional Etnologi yang berharga di Leiden.
 
Pada Januari 1978, pemerintah Belanda melalui Museum Nasional Etnologi mengembalikan arca tersebut ke Indonesia dan ditempatkan di Museum Nasional Indonesia hingga saat ini. Arca tersebut dipajang di lantai 2 Gedung Arca, Museum Nasional Indonesia, Jakarta.

Fungsi Patung Prajnaparamita
Secara spesifik tujuan dan fungsi pembuatan patung Prajnaparamita di antaranya,
1. Tempat Berdoa Kepada Dewa
Tujuan yang menjadi fungsi atas pembuatan Patung Prajnaparamita ialah untuk berdoa kepada dewa-dewa, khususnya yang beragama Hindu. Prajnaparamita bukanlah patung bisanya, melainkan arca bisa digunakan sebagai media agama oleh masyarakat pada zaman sejarah.

2. Memberikan persembahan atau sesaji
Arca Prajnaparamita dibangun untuk dapat dipergunakan dalam memberikan persembahan atau sesaji atas bentuknya yang halus, alasannya karena masyarakat pada zaman dahulu mempercayai bahwa melakukan persembahan atau memberikan sesaji pada arca Prajnaparamita merupakan hal yang masuk dalam kegiatan keagamaan.

3. Sebagai perwujudan dewi
Arca Prajnaparamita juga difungsikan sebagai perwujudan atas peran maharatu yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat kala itu. Karena dengan kepercayaannya pada dewa-dewi, maka dari arca inilah masyarakat bisa melakukan penyebahan atau pemujaan khusus sesuai dengan apa yang diyakininya masing-masing.

4. Sebagai Warisan Indonesia Yang Membanggakan
Fungsi lain dari adanya patung Prajnaparamita ialah menjadi warisan bagi pemerintah Indonesia. Sebab dengan adanya struktur bentuknya yang halus, tak khayal dalam bangunannya dinilai memiliki nilai artistik sendiri sehingga meski pernah di bawa ke Belanda tetapi akhirnya di kembalikan ke Indonesia.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Patung Prajnaparamita: Pengertian, Sejarah, dan Fungsinya"