Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panseksual: Pengertian dan Perbedaannya dengan Biseksual

Pengertian Panseksual atau Panseksualisme
Panseksual (Panseksualisme)
Pengertian Panseksual
Panseksual (panseksualisme) adalah ketertarikan seksual tanpa memandang identitas gender atau jenis kelamin. Kata pansexual sendiri berasal dari bahasa Yunani (pan) yang berarti semua. Orang yang panseksual bisa saja tertarik pada laki-laki, perempuan, transgender atau interseks.

Namun, hal tersebut tidak berarti mereka menyukai semua orang. Beberapa panseksual memiliki preferensi fisik. Identitas ini digunakan hanya untuk mengekspresikan keterbukaan dan fluiditas kepada orang-orang dari semua jenis kelamin.

Cavendish's Sex and Society menyatakan "walaupun makna literal istilah ini dapat diartikan sebagai 'tertarik pada segalanya,' orang yang mengidentifikasi sebagai panseksual biasanya tidak memasukkan paraphilias, seperti bestiality, pedophilia, dan necrophilia, dalam definisi mereka" dan mereka "menekankan istilah panseksualitas hanya menggambarkan perilaku seksual orang dewasa konsensual".

Perbedaan Panseksual dan Biseksual
Panseksual berbeda dari biseksual meskipun panseksual maupun biseksual sama-sama melihat bahwa gender adalah spektrum yang sangat luas sehingga tidak bisa dibatasi jadi laki-laki dan perempuan saja.

Seorang biseksual umumnya tertarik pada lebih dari satu gender, misalnya laki-laki dan perempuan ataupun pada laki-laki, perempuan, dan nonbiner atau genderqueer (berada di antara atau di luar dua gender dominan).

Sedangkan dalam hal ini, panseksual menggunakan awalan ‘pan’  yang berarti ‘semua’ merujuk pada kondisi seseorang yang dapat tertarik secara seksual kepada semua kondisi tidak terbataskan kepada gender saja.

Seorang biseksual dapat tertarik secara seksual dan emosional pada gender yang terklasifikasi sebagai gender pria, wanita, maupun non-biner (tidak mengidentifikasikan gender apa pun).

Namun dalam hal ini, panseksual sama sekali tidak menggunakan preferensi gender, melainkan pada dasar ketertarikan pribadinya, seperti ketertarikan secara emosional, penampilan hingga pada kepribadian. Sehingga dalam hal ini kondisi seorang biseksual sering kali dapat beririsan dengan panseksual.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Panseksual: Pengertian dan Perbedaannya dengan Biseksual"