Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Product Led Growth (PLG): Pengertian, Strategi, dan Manfaatnya

Pengertian Product Led Growth atau PLG
Product Led Growth (PLG)
Pengertian Product Led Growth (PLG)
Product Led Growth (PLG) adalah strategi marketing yang menggunakan produk sebagai ujung tombak untuk akuisisi, konversi, ekspansi, dan retensi (mempertahankan) konsumen. Dalam Product Led Growth konsumen dibiarkan mencoba keseluruhan atau sebagian fiturnya dalam jangka waktu tertentu sebelum kemudian mereka membeli akses penuh.

Product Led Growth mengombinasikan seluruh komponen (marketing, sales, engineering, design, dan masih banyak lagi) untuk menghasilkan produk dengan user experience yang baik. PLG dimulai dengan memberikan produk kepada end user dan membuat mereka mengetahui bagaimana produk tersebut membantu kehidupan, bisnis, dan pekerjaan.

Ketika end user menyukai penawaran Anda, para decision-maker akan memiliki keinginan untuk membeli dan menggunakan produk tersebut. Jika produk yang ditawarkan bagus, ada pula kemungkinan beberapa end user akan membagikan pengalamannya ke orang-orang yang berada di luar perusahaannya.
 
Strategi Product Led Growth (PLG)
Dalam menjalankan strategi PLG, ada 3 hal yang harus diperhatikan agar dapat mengembangkan bisnis dengan baik di antaranya,
1. Meminimalkan upaya yang diperlukan bagi pengguna baru untuk menerima nilai
Pengguna baru harus memahami nilai produk Anda dalam hitungan menit, jika bukan detik, yang berarti Anda perlu mengurangi gesekan dalam proses pendaftaran dan memandu pengguna ke bagian produk Anda yang akan memberi mereka “aha moment”. Bagi sebagian besar perusahaan PLG, ini berarti menghilangkan hambatan biaya dan menawarkan tingkat atau uji coba gratis kepada pengguna.

Meskipun memiliki risiko, memungkinkan pengguna untuk merasakan nilai produk Anda sebelum memutuskan untuk membeli mungkin merupakan cara paling ampuh untuk mempercepat pertumbuhan pengguna dan memaksimalkan jumlah orang yang bersedia membayar untuk produk Anda.

2. Mendefinisikan kesuksesan dan menginformasikan keputusan dengan data produk
Komponen penting dari setiap strategi PLG adalah memiliki pemahaman mendalam tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan produk Anda dan bagaimana hal itu berhubungan dengan kesuksesan bisnis Anda dan pengguna Anda. Pertama-tama Anda harus memastikan bahwa Anda telah menerapkan alat yang diperlukan untuk melacak perilaku dan menganalisis data Anda secara akurat.

Setelah Anda menyiapkannya, Anda dapat mengidentifikasi peluang pertumbuhan dengan menemukan korelasi antara aktivitas tertentu dan pendapatan jangka panjang, kasus di mana keterlibatan fitur tiba-tiba menurun, atau informasi lain dari aktivitas produk.

Dan saat Anda menggunakan temuan Anda untuk menginformasikan cara meningkatkan pengalaman produk Anda, Anda harus meluncurkan perubahan Anda sebagai eksperimen untuk mengukur apakah mereka memiliki efek yang diharapkan pada perilaku pengguna dan untuk memastikan bahwa tim Anda berhasil mengejar peluang yang paling berdampak.

3. Memanfaatkan pengguna yang ada untuk menarik pengguna baru
Salah satu cara paling ampuh untuk mendorong pertumbuhan eksponensial adalah dengan membangun efek jaringan yang kuat ke dalam pengalaman produk Anda sehingga pengguna menerima lebih banyak nilai saat lebih banyak orang mendaftar.

Manfaat Product Led Growth (PLG)
Adapun manfaat dari strategi product-led growth di antaranya,
1. Mengurangi customer acquisition cost
Dalam strategi ini, ide dasarnya adalah apabila produk yang Anda buat sangat bagus, produkmu akan masuk ke pasar dan berkembang dengan sendirinya. Biasanya, salah satu teknik yang digunakan dalam strategi ini adalah dengan memberikan free trial atau freemium kepada prospek konsumen. Sehingga, setelah menjajal produk dan mendapatkan value dari produk, orang-orang akan tertarik untuk membeli produk Anda.

2. Kesempatan melakukan upselling lebih besar
Dengan strategi ini, tim sales akan dengan mudah menemukan leads yang lebih berpotensi karena mengetahui siapa saja yang tertarik dengan produk Anda. Setelah mengetahui siapa saja yang tertarik, Anda pun bisa melakukan upselling dengan menawarkan fitur yang lebih banyak kepada konsumen dengan harga yang lebih tinggi pula.

3. Memberikan user experience yang lebih baik
Karena strategi ini sangat berorientasi pada produk, product-led growth fokus untuk memberikan value bagi usernya. Sehingga, strategi ini sangat bergantung pada user feedback. Dengan mendengarkan user feedback dan memberikan apa yang konsumen butuhkan, hal ini akan meningkatkan user experience yang juga turut meningkatkan customer retention.

Selain itu, karena produk adalah segalanya dalam strategi ini, Anda pun akan memberikan usaha maksimal untuk menghasilkan produk yang terbaik.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Product Led Growth (PLG): Pengertian, Strategi, dan Manfaatnya"